Semen Indonesia Gandeng Enam Bumdes Dirikan Ekosistem Bisnis di Rembang

Oleh : Nata Kesuma | Minggu, 12 April 2020 - 07:00 WIB

Semen Indonesia dan 6 Bumdes Di Rembang
Semen Indonesia dan 6 Bumdes Di Rembang

INDUSTRY co.id - Rembang, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) terus berkomitmen dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di seluruh area operasionalnya. 

Sebagai wujud komitmen pemberdayaan masyarakat di sekitar Pabrik Rembang, SIG memprakarsai pendirian perusahaan patungan antara Semen Gresik (SG) dan 6 (enam) PT BUMDes.

Perjanjian kerjasama pendirian perusahaan patungan ditandatangani oleh Direktur Utama Semen Gresik Mukhamad Saifudin dengan masing-masing Direktur Utama PT BUMDes di Rembang beberapa waktu lalu. 

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, model kolaborasi yang baik antara BUMN dengan masyarakat sekitar merupakan win-win solution dan menciptakan ekosistem bisnis yang sehat. 

Menurut Erick, BUMN dapat beroperasi dengan dukungan potensi masyarakat. Sebaliknya, masyarakat juga mendapat manfaat dari kehadiran BUMN  untuk  peningkatan kesejahteraan dan kemandirian mereka. 

"Community Development dengan model baru ini lebih sustainable dan dapat menjadi percontohan bagi BUMN lain," ungkapnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengungkapkan, pendirian perusahaan patungan ini adalah bagian dari rencana pemberdayaan masyarakat di sekitar Pabrik Rembang. 

"Hal ini sejalan dengan program strategis Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat perdesaan," sebut Ganjar. 

Adapun komposisi kepemilikan saham dalam perusahaan patungan ini adalah sebesar 52% saham dimiliki oleh Semen Gresik dan 48% saham dimiliki oleh PT BUMDes.  

Sementara itu, Direktur Utama SIG Hendi Prio Santoso menjelaskan skema perusahaan patungan ini diharapkan akan mampu meningkatkan percepatan kemampuan wirausaha BUMDes. 

Selain itu, pengembangan BUMDes di sekitar Pabrik Rembang menurut Hendi Prio merupakan wujud komitmen perusahaan dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pengelolaan potensi desa.

“Berkat dukungan yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Pemerintah Kabupaten Rembang, Pemerintah Desa, serta masyarakat sekitar, kegiatan operasional pabrik Rembang dapat berjalan dengan baik sehingga volume produksi terus meningkat” ungkap Hendi Prio Santoso.

Perlu diketahui PT Semen Indonesia bersama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mendirikan 6 (enam) Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kabupaten Rembang sejak tahun 2017. 

Adapun 6 Bumdes tersebut adalah:

1.    PT Mitra Tegaldowo Sejahtera berlokasi di Desa Tegaldowo

2.    PT Indo Kadiwono Sukses berlokasi di  Desa Kadiwono

3.    PT Pasucen Berkah Mandiri berlokasi di Desa Pasucen

4.    PT Kajar Ngudi Mulyo berlokasi di Desa Kajar

5.    PT Ngampel Gading Perkasa berlokasi di Desa Ngampel

6.    PT Karya Berkah Berdikari berlokasi di Desa Timbrangan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…

Adi Nugroho, Praktisi HRD, Mahasiswa Magister Fakultas Management Technology President University.

Kamis, 25 April 2024 - 19:40 WIB

Anda Lulusan SMK : Penting Untuk Memiliki Strategi 'Memasarkan' Diri

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa manusia pada era industry 4.0. Perkembangan tersebut membawa perubahan disetiap lini kehidupan termasuk di ranah Pendidikan dan industri.…

Diskusi bertajuk Tuntutan Implementasi Bisnis Properti & Pembiayaan Hijau (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 19:33 WIB

Kian Prospektif, Stakeholder Harap Insentif Properti Hijau

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya mendorong konsep bisnis berkelanjutan di sektor properti termasuk sektor pembiayaannya.

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…

RUPST PT Dharma Polimental Tbk.

Kamis, 25 April 2024 - 17:11 WIB

Ditengah Situasi Wait & See, Penjualan DRMA Tetap Stabil di Rp1,34 Triliun di Kuartal 1 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.