Sudah 2.956 Kasus, Pemerintah: Berdiam Diri Dirumah Jangan Kemanapun, Kita Tidak Tahu Ada Orang Disekitar Kita yang Menderita Covid-19

Oleh : Nata Kesuma | Kamis, 09 April 2020 - 10:45 WIB

Jubir Pemerintah untuk penanganan Covid-19 dr. Achmad Yurianto (dok BNPB)
Jubir Pemerintah untuk penanganan Covid-19 dr. Achmad Yurianto (dok BNPB)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Jubir Pemerintah untuk Covid-19 dr. Achmad Yurianto menyatakan jumlah pasien positif Covid-19 bertambah 218 orang dan totalnya saat ini menjadi 2.956 orang. 

Adapun pasien positif Covid yang meninggal bertambah 19 orang sehingga pasien positif corona yang meninggal totalnya menjadi 240 kasus.

"Untuk pasien positif yang sembuh juga terus bertambah sebanyak 18 kasus perhari, sehingga kini total pasien yang dimyatakan telah sembuh berjumlah 222 orang," ujar dr. Achmad Yurianto di lansir dari laman Kemkes Kamis pagi (9/4).

Dari data tersebut, menurut Yurianto membuktikan masih terjadi penularan virus Corona di tengah-tangah masyarakat. 

"Sehingga jumlah kasus konfirmasi positif terus bertambah, begitupun dengan pasien sembuh dan pasien meninggal," ujarnya. 

Dikatakannya, strategi yang paling mendasar dalam mencegah penularan adalah dengan melakukan physical distancing. 

''Kita tidak pernah tahu bahwa orang di sekitar kita apakah menderita Covid-19 tanpa keluhan atau tanpa gejala. Sehingga physical distancing harus dilaksanakan, disiplin cuci tangan pakai sabun, dan menggunakan masker bila keluar rumah,'' tegasnya. 

Pemerintah sebutnya, juga telah melakukan penelusuran kontak dari kasus positif yang dirawat atau skrining dengan menggunakan rapid test. 

Sampai saat ini sudah didistribusikan lebih dari 450 ribu kit rapid test ke seluruh Indonesia.

Tak hanya itu, Pemerintah kemudian memberikan kesempatan kepada Pemerintah Daerah untuk mengajukan Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB). 

"Faktor pembawa penyakit ini adalah manusia, oleh karena itu sebaran penyakit ini akan sejalan dengan aktivitas sosial manusia, maka perlu dibatasi," ungkap Yuri. 

Sementara itu, seiring meningakatnya kasus Covid-19 ini semakin banyak pula donasi yang diterima dari berbagai kalangan masyarakat. 

"Sudah lebih dari 83 miliar rupiah telah diterima pemerintah," sebutnya. 

Menurutnya stock alat pelindung diri (APD) masih tersisa lebih dari 500 ribu. 200 ribu APD diantaranya segera didistribusikan.

Adapun terkait upaya memutus mata rantai penularan Covid-19, dr. Achmad Yurianto juga menyarankan agar masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan apapun. 

Alasannya, dengan berdiam diri di rumah sama dengan menjaga keluarga maupun orang lain agar tidak tertular virus corona.

''Disarankan tidak melakukan perjalanan apapun. Oleh karena itu mesti kita bisa lindungi diri sendiri, keluarga, lingkungan kita di kampung agar mereka tetap sehat,'' pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi

Kamis, 28 Mei 2020 - 13:20 WIB

Kabar Gembira! Jokowi Bakal Guyur Insentif buat Petani dan Nelayan, Ini Skemanya

Presiden┬áJoko Widodo (Jokowi)┬ámembuka rapat terbatas dengan topik pembahasan insentif bagi petani dan nelayan dalam rangka menjaga ketersediaan bahan pokok di Istana Merdeka, kompleks Istana…

Donald Trump

Kamis, 28 Mei 2020 - 13:15 WIB

Donald Trump Longgarkan Lockdown dan Ekonomi Dibuka, Wall Street Terbang Tinggi

Jelang kembali dibukanya ekonomi dan pelonggaran lockdown oleh Pemerintah Amerika Serikat, kondisi Wall Street langsung meningkat tajam di pasar modal.

Dirut Pupuk Indonesia Aas Sadikin

Kamis, 28 Mei 2020 - 13:00 WIB

Produsen Pupuk Indonesia Perketat Prosedur di Area Pabrik Saat Era New Normal

Sebagai langkah melindungi para karyawan dan kelancaran penugasan penyaluran pupuk, lima produsen pupuk yang merupakan entitas bisnis dari PT Pupuk Indonesia (Persero), siap menerapkan pedoman…

MPL BULL

Kamis, 28 Mei 2020 - 12:20 WIB

Mobile Premier League Indonesia Hadirkan Tiga Game Lokal Baru

Mobile Premier League sebagai platform mobile esports berbasis ketangkasan terbesar di Asia Tenggara mengumumkan kolaborasinya bersama tiga pengembang game lokal Indonesia, yaitu Antpixel Studio,…

Ilustrasi deposito perbankan

Kamis, 28 Mei 2020 - 12:16 WIB

ATMR Perbankan BUKU 3, 4 Ditiadakan Hingga Tahun Depan

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melanjutkan stimulus terhadap perbankan. Penyesuaian Implementasi Beberapa Ketentuan Perbankan Selama periode Relaksasi.