UI Luncurkan Ragam Inovasi untuk Tangani Wabah Covid-19

Oleh : Herry Barus | Rabu, 08 April 2020 - 11:00 WIB

Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi UI, Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris
Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi UI, Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris

INDUSTRY.co.id - Depok-Universitas Indonesia (UI) terus melakukan pengembangan riset dan inovasi guna membantu penanganan dan mitigasi pandemi Covid-19, antara lain dengan meluncurkan ragam inovasi dari bidang kesehatan serta sains & teknologi dalam tiga pengembangan, yaitu pengembangan jangka pendek, menengah, dan jangka panjang.

Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi UI, Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris, mengatakan, “UI membentuk tim multidisiplin yang melibatkan peneliti, dosen, ahli, dan rumah sakit yang dimiliki oleh UI untuk menghasilkan riset dan inovasi dalam mencegah, menekan laju persebaran, serta mengobati pasien Covid-19. Sejumlah inovasi telah diluncurkan beberapa waktu lalu, dan sebagian lagi tengah pada tahap pengembangan. *Kegiatan penelitian yang dilakukan sivitas akademika UI dalam menghadapi Covid-19 didukung oleh dana riset dan inovasi UI senilai hampir 2 milyar rupiah - sebagai bentuk tanggung jawab UI di dalam memberikan solusi nyata bagi masyarakat untuk memberhentikan wabah Covid-19.

Pengembangan riset dan inovasi jangka pendek fokusnya adalah pencegahan penyebaran Covid-19. Sejumlah alat yang telah diluncurkan adalah Bilik Disinfeksi berbasis ultraviolet untuk mencegah transmisi virus Covid-19 yang diciptakan oleh tim peneliti Fakultas Teknik UI (FTUI), Fakultas Kedokteran UI (FKUI), FMIPA, Sekolah Ilmu Lingkungan UI (SIL UI), RSUI, serta Research Center for Biomedical Engineering UI (RCBE UI). Kedua, Alat ultraviolet disinfeksi peralatan medis oleh gabungan Tim peneliti Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UI (FMIPA UI), FKUI, RSUI, SIL UI, dan Indonesia Medical Education and Reseach Institute (IMERI). Dan saat ini tengah dalam penelitian dan pengembangan berupa Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis karya inovatif dari FTUI, FKUI, dan RSUI.

Pengembangan riset dan inovasi jangka menengah fokus dalam menekan laju persebaran Covid-19. Salah satu yang tengah diteliti dan dikembangkan adalah Instrumen Tes Cepat Covid-19 yang diciptakan oleh Tim peneliti FTUI, FKUI, dan RSUI.

Pengembangan riset dan inovasi jangka panjang fokus dalam menciptakan formulasi dan pengobatan Covid-19, yaitu Pengembangan Suplemen peningkatan imunitas tubuh untuk mencegah virus Covid-19 oleh gabungan Tim peneliti FTUI, FKUI, dan RCBE UI.

Prof. Haris menambahkan, “Kami berharap dengan adanya dukungan dana yang UI berikan, penelitian dan inovasi ini dapat memberikan manfaat dan kontribusi nyata bagi penanggulangan pandemi global yang terjadi saat ini”.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi deposito perbankan

Kamis, 28 Mei 2020 - 12:16 WIB

ATMR Perbankan BUKU 3, 4 Ditiadakan Hingga Tahun Depan

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melanjutkan stimulus terhadap perbankan. Penyesuaian Implementasi Beberapa Ketentuan Perbankan Selama periode Relaksasi.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 28 Mei 2020 - 12:10 WIB

Masuki Era New Normal, Menperin Agus Revisi Kebijakan & Target Sektor Industri

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus memperbarui aturan yang dapat mendukung sektor industri dalam kesiapan menerapkan tataran new normal atau kenormalan baru, yang menjadi salah satu…

Gedung Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jakarta

Kamis, 28 Mei 2020 - 12:01 WIB

OJK Keluarkan Paket Kebijakan Lanjutan Stimulus Covid-19

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kembali mengeluarkan kebijakan lanjutan dengan merelaksasi ketentuan di sektor perbankan untuk lebih memberikan ruang likuditas dan permodalan perbankan sehingga…

Artis Manado Connie Maria Mamahit Berpulang

Kamis, 28 Mei 2020 - 12:00 WIB

Artis Manado Connie Maria Mamahit Berpulang

Artis senior asal Manado pelantun lagu ‘Balada Pelaut’ Connie Maria Mamahit (54) berpulang, Rabu, (27/5/2020) di Rumah Sakit Prof Kandou, Manado.

Presiden Direktur PT. Mustika Ratu Tbk, Bingar Egidius Situmorang

Kamis, 28 Mei 2020 - 11:57 WIB

Luar Biasa! Ini Strategi Mustika Ratu Mengelola Bisnis di Tengah Pandemi COVID-19

Jakarta – Dampak dari pandemi COVID-19 atau virus corona ini telah membuat banyak perusahaan dari berbagai sektor mengalami kerugian besar, bahkan tidak sedikit yang menghentikan kegiatan…