Tambah Rp10 miliar, Total Gelontoran Sumbangan Covid-19 Prajogo Pangestu Capai Rp40 miliar

Oleh : Candra Mata | Selasa, 07 April 2020 - 21:36 WIB

Prajogo Pangestu
Prajogo Pangestu

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Prajogo Pangestu, Founder dan Chairman Barito Pacific Group kembali menyalurkan bantuan untuk penanganan pandemi COVID-19 sebesar Rp 10 Miliar. 

Bantuan dikirimkan ke Yayasan BUMN Hadir Untuk Negeri yang kemudian disalurkan kepada Rumah Sakit Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

“Bantuan dari anak Perusahan Barito Pacific yaitu Chandra Asri, Star Energy dan Yayasan Bhakti Barito sampai saat ini telah menyalurkan bantuan dengan total dana 40 Miliar. Bantuan ini kami harapkan dapat berkontribusi bagi pemerintah Indonesia menangani tantangan pandemi ini," ungkap residen Direktur Barito Pacific Group Agus Salim Pangestu kepada Industry.co.id Selasa malam (7/4).

Adapun Menteri BUMN Erick Thohir dalam acara pemberian penghargaan kepada donatur menjelaskan bahwa saat ini Kementerian BUMN tengah mengoptimalkan 35 RS BUMN yang telah menjadi RS rujukan penanganan Covid-19 dengan kapasitas kamar rawat inap sebanyak 2.441 dan ICU 611. 

“Kita harus bahu membahu mengatasi tantangan dinamis dalam penanganan pandemi Covid-19. Apabila kita semua kompak, bersama satu visi, baik Pemerintah, dunia usaha dan masyarakat, maka Insya Allah kita mampu melalui pandemi global ini dengan sangat baik," ujar Erick Tohir. 

Dikatakan Erick, pada dasarnya bangsa Indonesia, bangsa yang kuat dengan karakter gotong royongnya. 

"Saya percaya akan semakin banyak kekuatan masyarakat dan dunia usaha untuk saling membantu sesama, baik untuk para tenaga kesehatan, pasien yang terinfeksi dan juga mereka yang terdampak secara ekonomi. Indonesia Pasti Bisa,” ujarnya. 

Sementara itu Chairman Barito Pacific Prajogo Pangestu melalui pesan tertulisnya kepada Industry.co.id menyampaikan rasa terimakasih kasih atas penghargaan yang diberikan oleh Kementerian BUMN. 

“Kami mengerti bahwa kebutuhan masyarakat akan fasilitas rumah sakit di tengah pandemi ini sangatlah besar dan Rumah Sakit BUMN sebagai rumah sakit rujukan mengemban tugas yang sangat penting untuk menyediakan pelayanan yang diperlukan masyarakat. Oleh sebab itu Rumah Sakit BUMN ini perlu kita dukung,” ucap Prajogo.

Perlu diketahui, sebelumnya Prajogo Pangestu juga telah menyerahkan sebelumnya bantuan peralatan medis senilai Rp 30 Miliar bersama dengan Barito Pacific Group dan anak perusahaan, Chandra Asri dan Star Energy serta yayasan Bakti Barito. 

Bantuan peralatan medis ini diserahkan secara bertahap ke berbagai rumah sakit di wilayah operasional anak perusahaan yaitu di Banten dan Jawa Barat, serta DKI Jakarta.

Adapun, Prajogo Pangestu merupakan pendiri perusahaan Barito Pacific Group. Barito merupakan perusahaan energi dengan berbagai aset di sektor energi dan industri di Indonesia. 

Grup ini memiliki dua anak usaha, yaitu Chandra Asri yang bergerak di bidang petrokimia dan Star Energy di industri panas bumi serta sebuah yayasan nirlaba yang bernama Yayasan Bakti Barito.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Vaksin Covid-19 (ist)

Senin, 25 Mei 2020 - 09:10 WIB

Gawat, Vaksin Darurat Covid-19 Baru Tersedia Awal Tahun 2021

Mantan Direktur Jenderal Dewan Penelitian Medis India (ICMR) NK Ganguly mengatakan bahwa vaksin darurat untuk Covid-19 akan tersedia paling lambat pada Januari atau Februari 2021.

Red Hat

Senin, 25 Mei 2020 - 09:00 WIB

Red Hat Tingkatkan Teknologi Cloud Hybrid Terbuka Penuhi Kebutuhan Pelanggan

Red Hat, Inc., penyedia solusi open source terkemuka di dunia, mengumumkan penawaran baru untuk membantu perusahaan dari semua skala dan industri dalam mengoptimalkan, meningkatkan atau melindungi…

Ilustrasi Pasien Sembuh Covid-19 (ist)

Senin, 25 Mei 2020 - 08:43 WIB

Kabar Gembira, Di Hari Raya Idul Fitri Pasien Sembuh Covid-19 Terus Bertambah Capai 5.402 Orang Tersebar di 34 Provinsi

Pemerintah Indonesia melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 mencatat jumlah penambahan pasien sembuh COVID-19 per hari ini Minggu (24/5) bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri, ada…

Masyarakat Aceh patuhi pemakaian Masker (foto dialeksis.com)

Senin, 25 Mei 2020 - 08:14 WIB

Kurva COVID-19 Landai, Jubir Pemerintah: Aceh Adalah Provinsi yang Luar Biasa, Masyarakatnya Patuh

“Kunci penyelesaian masalah (COVID-19) ini ada di masyarakat. Pemerintah hanya membuat pedoman, ketentuan, anjuran dan ini tidak akan ada hasilnya kalau masyarakat tidak patuh. Kalau masyarakatnya…

Ambulans

Senin, 25 Mei 2020 - 07:45 WIB

Nekat, Wanita Ini Sewa Ambulans untuk Mudik

Kepolisian di Tabanan, Bali, berhasil menghentikan aksi seorang ibu dan anaknya yang nekat menyewa mobil ambulans untuk mudik ke Jember, Jawa Timur.