Terjepit COVID-19, Pengusaha Bioskop Minta Pemerintah Bantu Beban Pengusaha Lewat Kebijakan Fiskal

Oleh : Hariyanto | Selasa, 07 April 2020 - 14:38 WIB

CGV* Cinemas
CGV* Cinemas

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Ditengah pandemi COVID-19, beberapa usaha hiburan di Indonesia hanpir lumpuh. Salah satu yang turut juga merasakan efek dari pandemi tersebut adalah industri bioskop.

Bahkan, PT Graha Layar Prima Tbk (Perseroan) sebagai pengelola bioskop CGV di Indonesia memilih untuk menutup sementara seluruh bioskopnya ditanah air.

Direktur CGV, Dian Sunardi Munaf berharap pemerintah dapat segera menyelsaikan masalah Covid-19 di Indonesia dengan cepat dan menyeluruh agar perkenomonian Indonesia bisa kembali bergairah.

Selain itu, Dian juga berharap agar pemerintah turut membantu beban pengusaha bioskop melalui kebijakan fiskal untuk menekan beban perusahaan.

"Pemerintah agar membebaskan biaya ataupun menangguhkan berbagai beban biaya seperti pajak bioskop dan lain sebagainya," kata Dian kepada INDUSTRY.co.id,  Selasa (7/4/2020).

Selain itu, Dian juga meminta agar pemerintah memasukkan industri bioskop ke dalam Klasifikasi Lapangan Usaha yang mendapatkan fasilitas pembebasan Pph 21 yang ditanggung Pemerintah hingga diberikan insentif finansial.

"Kami juga mengharapkan dalam situasi seperti ini untuk dapat diberikan insentif finansial semisal pengurangan pajak tontonan film di beberapa daerah menjadi maksimum 10%  untuk menciptakan kesetaraan antar daerah," imbuhnya.

Pasalnya, menurut Dian, film diputar di seluruh wilayah Indonesia pada dasarnya sama, untuk itu tidak perlu dibedakan pengenaan pajaknya seperti yang selama ini sudah berjalan untuk pajak restoran dan hotel yang juga menjadi pendapatan daerah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Senin, 25 Mei 2020 - 08:43 WIB

Kabar Gembira, Di Hari Raya Idul Fitri Pasien Sembuh Covid-19 Terus Bertambah Capai 5.402 Orang Tersebar di 34 Provinsi

Pemerintah Indonesia melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 mencatat jumlah penambahan pasien sembuh COVID-19 per hari ini Minggu (24/5) bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri, ada…

Masyarakat Aceh patuhi pemakaian Masker (foto dialeksis.com)

Senin, 25 Mei 2020 - 08:14 WIB

Kurva COVID-19 Landai, Jubir Pemerintah: Aceh Adalah Provinsi yang Luar Biasa, Masyarakatnya Patuh

“Kunci penyelesaian masalah (COVID-19) ini ada di masyarakat. Pemerintah hanya membuat pedoman, ketentuan, anjuran dan ini tidak akan ada hasilnya kalau masyarakat tidak patuh. Kalau masyarakatnya…

Ambulans

Senin, 25 Mei 2020 - 07:45 WIB

Nekat, Wanita Ini Sewa Ambulans untuk Mudik

Kepolisian di Tabanan, Bali, berhasil menghentikan aksi seorang ibu dan anaknya yang nekat menyewa mobil ambulans untuk mudik ke Jember, Jawa Timur.

Para pemudik lebaran yang hendak pulang kampung (ist)

Senin, 25 Mei 2020 - 07:08 WIB

Jubir COVID-19: Pemudik Jangan Kembali ke Jakarta Dulu

“Pahami, bahwa dalam situasi yang saat ini terjadi, kita tidak boleh menggunakan cara pikir, cara tindak, seperti situasi di masa-masa lalu. Inilah yang kemudian beberapa kali pemerintah,…

Perjalanan Bisnis Akim dari Penjual Nasi Liwet Ke Suplier Scrab

Senin, 25 Mei 2020 - 07:00 WIB

Perjalanan Bisnis Akim dari Penjual Nasi Liwet Ke Suplier Scrab

Semula Akim menekuni penjual nasi liwet, namun wanita asal Solo ingin meningkatkan penghasilan dengan mencoba peluang baru dibidang Suplier Scrab