Terjepit COVID-19, Pengusaha Bioskop Minta Pemerintah Bantu Beban Pengusaha Lewat Kebijakan Fiskal

Oleh : Hariyanto | Selasa, 07 April 2020 - 14:38 WIB

CGV* Cinemas
CGV* Cinemas

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Ditengah pandemi COVID-19, beberapa usaha hiburan di Indonesia hanpir lumpuh. Salah satu yang turut juga merasakan efek dari pandemi tersebut adalah industri bioskop.

Bahkan, PT Graha Layar Prima Tbk (Perseroan) sebagai pengelola bioskop CGV di Indonesia memilih untuk menutup sementara seluruh bioskopnya ditanah air.

Direktur CGV, Dian Sunardi Munaf berharap pemerintah dapat segera menyelsaikan masalah Covid-19 di Indonesia dengan cepat dan menyeluruh agar perkenomonian Indonesia bisa kembali bergairah.

Selain itu, Dian juga berharap agar pemerintah turut membantu beban pengusaha bioskop melalui kebijakan fiskal untuk menekan beban perusahaan.

"Pemerintah agar membebaskan biaya ataupun menangguhkan berbagai beban biaya seperti pajak bioskop dan lain sebagainya," kata Dian kepada INDUSTRY.co.id,  Selasa (7/4/2020).

Selain itu, Dian juga meminta agar pemerintah memasukkan industri bioskop ke dalam Klasifikasi Lapangan Usaha yang mendapatkan fasilitas pembebasan Pph 21 yang ditanggung Pemerintah hingga diberikan insentif finansial.

"Kami juga mengharapkan dalam situasi seperti ini untuk dapat diberikan insentif finansial semisal pengurangan pajak tontonan film di beberapa daerah menjadi maksimum 10%  untuk menciptakan kesetaraan antar daerah," imbuhnya.

Pasalnya, menurut Dian, film diputar di seluruh wilayah Indonesia pada dasarnya sama, untuk itu tidak perlu dibedakan pengenaan pajaknya seperti yang selama ini sudah berjalan untuk pajak restoran dan hotel yang juga menjadi pendapatan daerah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…