Pontang Panting Industri Bioskop Ditengah Pandemi COVID-19

Oleh : Hariyanto | Selasa, 07 April 2020 - 14:12 WIB

Bioskop CGV* Cinemas
Bioskop CGV* Cinemas

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Guna mencegah penyebaran virus Corona atau COVID-19 bebebrapa perusahaan hiburan terpaksa harus menutup sementara tempat usahanya. Salah satunya adalah PT Graha Layar Prima Tbk (Perseroan) sebagai pengelola bioskop CGV di Indonesia yang memperpanjang masa penutupan sementara bioskopnya diseluruh tanah air.

Penutupan sementara bioskop CGV ini bukan tanpa alasan, pasalnya penyebaran virus corona bisa saja terjadi saat berkumpulnya masa terlebih di dalam ruang bioskop. Meski demikian, pihak CGV mengkonfirmasi bahwa tak ada kasus COVID-19 di bioskopnya.

"Tidak ada satupun konfirmasi adanya kasus Covid-19 di CGV. Kami menutup sementara bioskop sebagai langkah pencegahan Covid-19 guna melindungi pengunjung dan staff CGV. Ini sejalan dengan himbauan dan instruksi pemerintah. Kesehatan dan keamanan para pengunjung dan Staff kami merupakan yang utama," kata Direktur CGV, Dian Sunardi Munaf kepada INDUSTRY.co.id,  Selasa (7/4/2020).

Dian juga menyampaikan, selama masa penutupan bioskop staff CGV dibebas tugaskan sementara. Meski demikian, Dian mengungkapkan, pihak CGV tetap memenuhi hak hak pekerjaan para staff.

"Selama masa penutupan ini mereka Off-Duty, hak-hak pekerjanya tetap dipenuhi. Dimasa perpanjangan penutupan sementara ini kami menganjurkan kepada mereka untuk mengambil cuti. Di bioskop selalu ada 1 Cinema Manager, 1 Staff Programming, dan 1 Staff Building maintenance setiap harinya," katanya.

Sementara, untuk karyawan di Kantor Pusat,  CGV memberlakukan system Work from home. Dia mengklaim, hingga hari ini, Selasa (7/4/2020) tidak ada PHK yang dilakukan pihak CGV kepada karyawan akibat penutupan sementara.

"Kesejahteraan karyawan CGV juga merupakan prioritas  saat ini dan kami akan terus mensupport mereka semampu kami," ungkap Dian.

Penutupan sementara bioskop CGV diseluruh tanah air tersebut tentu juga mengakibatkan kerugian kepada pihak CGV. Sayangnya, CGV belum merinci berapa kerugian yang dideritanya akibat pandemi COVID-19 ini.

"Kami belum bisa sampaikan informasinya, karena masih dalam perhitungan. Yang pasti selama masa penutupan ini tidak ada revenue, yang biasanya kami dapat dari penjualan tiket, pembelian makanan & minuman,merchandise, pemasangan iklan, promosi produk, dll," tambahnya.

Dian mengungkapkan, saat ini pihaknya tengah fokus untuk menyusun strategi menstabilkan bisnisnya kembali. Salah satunya dimulai dengan menurunkan sebisa mungkin beban biaya usaha. Terdiri dari beban biaya karyawan, beban pajak dengan segala variasinya, beban biaya pemeliharaan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Kamis, 18 April 2024 - 22:02 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Subang – Dalam rangka mendukung peningkatan produksi beras nasional, Holding BUMN Pangan ID Food melakukan kolaborasi bersama Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) melalui pengembangan…

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Kamis, 18 April 2024 - 21:30 WIB

Top! Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Jakarta-Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)…

Chief Commercial Officer Telin Kharisma (keempat dari kanan) dan Group Chief Executive of Dialog Axiata PLC Supun Weerasinghe (kelima dari kiri) saat penandatanganan kemitraan strategis untuk pengelolaan layanan terminasi suara dan SMS internasional antara Telin dan Dialog Axiata

Kamis, 18 April 2024 - 21:03 WIB

Telin dan Dialog Axiata Tandatangani Kemitraan Strategis untuk Kelola Layanan Terminasi Suara dan SMS Internasional

Telin, anak perusahaan Telkom Indonesia yang melayani pelanggan global, dan Dialog Axiata PLC, penyedia konektivitas nomor satu di Sri Lanka, telah menandatangani Perjanjian Layanan Induk (Master…

Ilustrasi pembayaran menggunakan PayLater

Kamis, 18 April 2024 - 17:39 WIB

Pinjol dan Paylater Marak, Perbankan Perlu Ubah Strategi Agar Kredit Mudah Diakses

Laporan terbaru dari Bank Indonesia (BI) tentang kredit nasional dalam Hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Maret 2024 mengungkapkan adanya pertumbuhan kredit pada sektor perbankan sebesar 11,28%…

Kawasan Labuan Bajo – Tanamori

Kamis, 18 April 2024 - 17:23 WIB

Kabar dari Labuan Bajo! Pemda Mabar Rencanakan Pembangunan Poltekpar Negeri, Upaya Pemerintah Tingkatkan SDM Unggul

Labuan Bajo-Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo Flores, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat bersama Badan Pelaksana…