Mengetahui Cara Penyebaran dan Cek Risiko Covid-19 di SehatQ

Oleh : Hariyanto | Minggu, 05 April 2020 - 15:30 WIB

Laman resmi SehatQ
Laman resmi SehatQ

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Virus Corona atau Covid-19 sudah semakin luas penyebarannya di Indonesia. Semua orang punya risiko yang sama untuk terjangkit karena cara penyebarannya yang sangat cepat. Anda mungkin saja bukan orang yang terjangkit virus tersebut, tapi bisa saja kamu jadi pembawa (carrier) virus untuk orang lain.

Seperti yang sudah disampaikan oleh World Health Organization (WHO), virus ini tidak menyebar lewat udara. Covid-19 hanya bisa menular melalui percikan batuk, bersin, atau air liur yang terpercik saat berbicara. Untuk itu, pemerintah pun sudah menyarankan untuk menjaga jarak dengan orang lain (physical distancing).

Kamu juga perlu mengetahui beberapa gejala umum saat seseorang sudah terkena virus Covid-19 ini. Setidaknya ada tiga gejala umum yang menandakannya seseorang sudah terjangkit Virus Corona, yaitu sebagai berikut:

1. Demam tinggi hingga di atas 38 derajat Celcius
2. Batuk kering
3. Sesak napas dalam waktu yang panjang
4. Tubuh lemas

Gejala ini biasanya akan timbul dalam kurun waktu 2 – 14 hari setelah terpapar virus Covid-19. Gejala yang muncul masih dalam tahap ringan dan bisa muncul secara bertahap.

Tips Pencegahan Terpapar Covid-19

Para ilmuan sedang berusaha mencari obat dan tenaga medis pun sudah bekerja keras untuk menangani pasien Covid-19 ini. Kamu bisa membantu mereka dengan mencegah jumlah pasien tidak bertambah. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah terpapar Covid-19 ini, yaitu dengan cara sebagai berikut:

1. Tetap di rumah

Tidak bepergian buat kamu terhindar dari tempat umum yang dipenuhi banyak orang. Kamu tidak pernah tahu ada orang yang sebenarnya sudah tertular di sana. Disarankan juga untuk tetap tidak pulang kampung atau mudik dalam waktu dekat. Bisa jadi, kamu yang membawa virus tersebut ke orang-orang terdekat di kampung halaman.

2. Menjaga jarak

Menjaga jarak saat berbicara atau berinteraksi dengan orang lain juga dibutuhkan. Percikan batuk dan bersin bisa terbang hingga jarak kurang lebih satu meter. Untuk itu, berdirilah sekitar dua meter saat berbicara dengan seseorang.

3. Mencuci tangan

Tangan jadi media penularan yang paling sering untuk virus ini. Setelah melakukan apa pun, sebaiknya kamu langsung mencuci tangan dengan air dan sabun. Cara mencuci tangan pun harus tepat dan menyeluruh, mulai dari telapak, jari-jemari, sela-sela jari, bagian punggung, hingga ibu jari.

4. Hindari menyentuk mata, hidung, dan mulut

Tiga bagian tubuh ini jadi pintu masuk Covid-19. Bila memang ingin menyentuhnya, cuci tangan terlebih dulu dan keringkan dengan lap bersih. Jangan lupa, setelah menyentuh bagian tubuh tersebut, cucilah tanganmu kembali dengan sabun sampai bersin.

5. Menjaga kebersihan diri

Wabah ini juga mengajarkan kita semua untuk lebih menjaga diri, khususnya untuk soal kebersihan. Setelah mencuci tangan dengan sabun, kamu pun disarankan supaya membersihkan diri setiap hari. Mandi dan mengganti pakaian, lalu mencuci pakaian setelah dipakai juga diharuskan.

Selain itu, kamu pun perlu menutup hidung dan mulut saat batuk dan bersih. Gunakan telapak tangan, tisu, atau bagian dalam siku untuk mencegah air liur menempel di benda lain. Bila kamu merasakan gejala, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.

Kamu pun bisa cek kondisi dan risiko Covid-19 lewat www.sehatq.com yang menampilkan informasi lengkap mengenai virus tersebut. Tetap jaga kesehan dan ingatkan kembali orang-orang di sekitarmu untuk melakukan semua langkah di atas. Ayo perangi virus corona bersama SehatQ!

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…