Sudah 2092 Orang Terinfeksi, dr. Achmad: Penularan Terus Terjadi Diduga Banyak Orang Positif Covid-19 Terlihat Sehat Berada di Tengah Masyarakat

Oleh : Nata Kesuma | Minggu, 05 April 2020 - 09:56 WIB

Ilustrasi Pysical distancing bunuh virus covid19 (ist)
Ilustrasi Pysical distancing bunuh virus covid19 (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Data total pasien terkonfirmasi dilansir dari laman Kemenkes Minggu (5/4) berjumlah 2092 orang dan tersebar di 32 Provinsi di Indonesia. 

Dari data tersebut, untuk pasien yang tercatat meninggal hingga Sabtu sore (4/4) menjadi 191 pasien meninggal. 

Sementara untuk pasien positif Covid-19 yang sembuh terkonfirmasi hingga saat ini berjumlah total sebanyak 150 orang. 

"Penambahan pasien sembuh perhari ini adalah 16 orang. Pasien yang sembuh tersebut dalam keadaan sehat dengan imunitas tubuh yang baik," ujar Jubir Pemerintah untuk Covid-19 dr. Achmad Yurianto pada Sabtu Sore (4/4).

Menurut Yurianto, 16 orang yang sembuh tersebut melalui hasil pemeriksaan 2 kali negatif berturut-turut sehingga dapat dipulangkan.

"Kita bersyukur kondisinya bagus dan tidak perlu dikhawatirkan lagi menularkan penyakit dan memiliki kekebalan terhadap Covid-19,'' ucapnya. 

Semwntara itu terkait peningkatan penyebaran penyakit virus covid-19, menurut Yurianto diduga akibat pergerakan orang dari kota-kota besar yang memiliki kasus Covid-19 tinggi ke daerah sekitar.

''Hal tersebut yang meyakinkan kita bahwa tinggal di rumah adalah jawaban satu-satunya paling benar," katanya. 

Ditambahkannya, belum lagi banyak orang positif Covid-19 namun terlihat tanpa gejala. 

Hal ini menurutnya berpotensi tinggi menyebabkan terjadinya penularan karena di satu sisi orang tersebut tidak menunjukkan keluhan dan di sisi lain banyak masyarakat yang belum melaksanakan Physical Distancing.

''Oleh karena itu ini jadi kekhawatiran kita bahwa penularan masih terus terjadi. Kita jadikan ini adalah titik pangkal untuk mencegah dan mengendalikan Covid-19. Tetap tinggal di rumah adalah jawaban terbaik dan tidak melakukan perjalanan ke manapun,'' tegas dr. Achmad Yurianto.

Adapun saat ini, pihaknya juga telah menggunakan sebuah mekanisme menemukan pasien positif covid-19 yang dilakukan melalui pemeriksaan molekuler PCR. 

''Kami sudah melaksanakan pemeriksaan molekuler dengan cara PCR pada 7.809 orang di 120 kabupaten/kota,'' pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gelaran Wisuda ke-30 UNSADA

Sabtu, 28 November 2020 - 17:17 WIB

Masa Pandemi, UNSADA Gelar Wisuda ke-30 Secara Virtual

Pada Tahun Akademik 2020/2021 ini UNSADA berhasil meluluskan sebanyak 814 wisudawan yang terdiri dari 15 orang master dari 1 program studi jenjang pendidikan S2, 770 orang sarjana dari 12 program…

Bhayangkara FC

Sabtu, 28 November 2020 - 17:00 WIB

Bhayangkara FC akan Berhome Base di Solo

Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo menyambut positif rencana klub Liga 1, Bhayangkara FC berhome base di Solo. Walikota yang akrab disapa Rudy menyebut pihaknya sangat senang bila Bhayangkara FC…

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyaksikan sapi milik peternak

Sabtu, 28 November 2020 - 15:04 WIB

Mentan Syahrul Pantau Aktivitas Jual Beli Pasar Ternak Tallunglipu

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo meninjau Pasar Hewan Ternak di Kelurahan Tallunglipu, Kabupaten Toraja Utara, Provinsi Sulawesi Selatan, Sabtu (28/11). Di sana, Mentan memantau…

Pelabunan Patimban Jawa Barat (Foto Ist)

Sabtu, 28 November 2020 - 15:00 WIB

Sinergi Pelabuhan Patimban dan Tanjung Priok Tingkatkan Efisiensi Biaya Logistik

Kehadiran Pelabuhan Patimban yang disinergikan dengan Pelabuhan Tanjung Priok diharapkan dapat mengefisiensikan waktu dan biaya logistik. Khususnya untuk menekan biaya logistik nasional dan…

Wisuda nasional unit pendidikan di lingkungan Kemenperin

Sabtu, 28 November 2020 - 14:50 WIB

Gelar Wisuda Nasional Secara Virtual, Kemenperin Kembali Telurkan Ribuan SDM Industri Kompeten

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) melaksanakan wisuda nasional untuk seluruh unit pendidikan di lingkungan Kementerian Perindustrian (Kemenperin).