Pakar Nutrisi: Dengan Pikiran yang Optimis Semakin Kecil Kemungkinan untuk Tertular Penyakit Covid-19

Oleh : Nata Kesuma | Sabtu, 04 April 2020 - 08:30 WIB

Coronavirus (ist)
Coronavirus (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Saat ini, kita semua dianjurkan untuk tetap berada di rumah dan menerapkan social distancing demi membantu meratakan kurva penyebaran virus Corona. 

Walaupun berada di rumah, kita perlu tetap menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh kita agar bisa terus fit dan tidak mudah terjangkit penyakit. 

Salah satu cara untuk tetap fit adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi, memenuhi kebutuhan gizi harian dan tetap bergerak. 

Saat ini, kita bisa membeli kebutuhan sehari-hari secara online, termasuk makanan. 

Beragam pilihan makanan bisa kita pesan secara online dan dikirim ke rumah.

Dr. Matthew Lantz Blaylock, seorang ilmuwan nutrisi mengatakan, gaya hidup sehat terdiri dari 70% asupan gizi dan 30% olahraga. 

Di saat kita terus berada di rumah dan tidak bisa berolahraga secara intensif seperti saat kita pergi ke gym atau melakukan olahraga lainnya, kita bisa melakukan gerakan-gerakan ringan untuk tetap aktif bergerak. 

"Porsi makanan yang dianjurkan terdiri dari 40-60% karbohidrat, 20-30% lemak dan 15-20% protein. Penting bagi kita untuk bisa mengonsumsi makanan yang bervariasi dan mengubah menu makanan kita setiap harinya. Makanan yang bervariasi adalah dasar dari diet yang sehat dan seimbang," ujar Dr. Matthew Lantz Blaylock dilansir dari laman Inc.com Sabtu (4/4).

Menurutnya, selain memiliki daya tahan tubuh yang kuat, pikiran juga merupakan faktor penting yang mempengaruhi kesehatan fisik. 

"Di saat seperti sekarang ini, adalah baik bagi kita untuk memiliki pikiran yang tetap positif, meski terkadang terasa tidak mudah untuk dilakukan," Dr. Matthew. 

Dikatakannya, banyak di antara kita yang cemas dengan situasi saat ini dan banyak juga yang mungkin sudah bosan di rumah dan ada keinginan untuk keluar rumah. 

Riset menunjukkan bahwa pikiran yang positif dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh kita. 

Menurutnya, dengan memiliki pikiran yang optimis, semakin kecil kemungkinan untuk tertular penyakit Covid-19.

"karena pikiran yang optimis membuat daya tahan tubuh kita berfungsi dengan lebih maksimal," pungkas Dr. Matthew Lantz Blaylock.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 28 Mei 2020 - 12:10 WIB

Masuki Era New Normal, Menperin Agus Revisi Kebijakan & Target Sektor Industri

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus memperbarui aturan yang dapat mendukung sektor industri dalam kesiapan menerapkan tataran new normal atau kenormalan baru, yang menjadi salah satu…

Gedung Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jakarta

Kamis, 28 Mei 2020 - 12:01 WIB

OJK Keluarkan Paket Kebijakan Lanjutan Stimulus Covid-19

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kembali mengeluarkan kebijakan lanjutan dengan merelaksasi ketentuan di sektor perbankan untuk lebih memberikan ruang likuditas dan permodalan perbankan sehingga…

Artis Manado Connie Maria Mamahit Berpulang

Kamis, 28 Mei 2020 - 12:00 WIB

Artis Manado Connie Maria Mamahit Berpulang

Artis senior asal Manado pelantun lagu ‘Balada Pelaut’ Connie Maria Mamahit (54) berpulang, Rabu, (27/5/2020) di Rumah Sakit Prof Kandou, Manado.

Presiden Direktur PT. Mustika Ratu Tbk, Bingar Egidius Situmorang

Kamis, 28 Mei 2020 - 11:57 WIB

Luar Biasa! Ini Strategi Mustika Ratu Mengelola Bisnis di Tengah Pandemi COVID-19

Jakarta – Dampak dari pandemi COVID-19 atau virus corona ini telah membuat banyak perusahaan dari berbagai sektor mengalami kerugian besar, bahkan tidak sedikit yang menghentikan kegiatan…

Ibu-Ibu PKK Peroleh Manfaat Video Conference dari STMIK Nusa Mandiri

Kamis, 28 Mei 2020 - 11:56 WIB

Ibu-Ibu PKK Peroleh Manfaat Video Conference dari STMIK Nusa Mandiri

Sebagai bentuk pengamalan Tridharma Perguruan Tinggi, Dosen-dosen Program Studi (Prodi) Teknik Informatika (TI) Jenjang Strata 1 (S1) Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Komputer (STMIK) Nusa…