Disinfection Chamber Dompet Dhuafa, Antiseptik Aman Bagi Manusia

Oleh : Herry Barus | Rabu, 01 April 2020 - 05:30 WIB

Disinfection Chamber Dompet Dhuafa, Antiseptik Aman Bagi Manusia
Disinfection Chamber Dompet Dhuafa, Antiseptik Aman Bagi Manusia

INDUSTRY.co.id - Jakarta– Dompet Dhuafa (DD) konsens dalam upaya meminimalisir penyebaran virus covid-19. Sejak awal pandemi corona masuk ke Indonesia, Dompet Dhuafa membentuk Crisis Center Cegah Tangkal Corona (CCCTC) Dompet Dhuafa. Pemasangan disinfection chamber (body chamber) gratis di berbagai area publik, merupakan salah satu program sebagai upaya untuk menangkal penyebaran virus corona. Senin (30/03/2020)

"Bilik Cekal (Cegah Tangkal) Corona Dompet Dhuafa menggunakan cairan antiseptik yang aman untuk tubuh manusia dan sudah sesuai dengan anjuran tenaga kesehatan dan farmakolog, bukan cairan yang biasa dipakai untuk menyemprot fasilitas umum", ujar drg. Imam Rulyawan MARS., sebagai Direktur Eksekutif Dompet Dhuafa.

Dari target 1000 Bilik Cekal (Cegah Tangkal) Corona yang akan didistribusikan, sampai saat ini Dompet Dhuafa sudah masang 63 Disinfection Chamber di berbagai lokasi yang dibutuhkan seperti 44 Rumah Sakit dan Fasilitas Kesehatan, 4 Fasilitas Pendidikan, 10 Kantor Pelayanan Publik, 4 Fasilitas Umum dan 1 di stasiun MRT.

Ketua Crisis Center Cegah Tangkal Corona (CCCTC) dr. Yeni Purnamasari, MKM, penggunaan disinfection chamber merupakan salah satu upaya mengurangi kontaminasi virus dan bakteri yang menempel di permukaan pakaian atau benda, dengan cairan antiseptic yang aman dan konsentrasi yang sesuai dengan anjuran produk masing-masing. Dalam pemakaiannya perlu edukasi secara jelas dan tepat terkait dengan lama pemakaian, paparan tidak langsung terhadap mata dan tidak ditelan. “Upaya ini tidak meninggalkan metode pencegahan transmisi penularan  virus yang dapat melalui droplets dan menempel di pemukaan benda dengan upaya cuci tangan dengan air mengalir dan sabun atau hand sanitizer disetiap waktu yang dianjurkan untuk cuci tangan,” jelasnya.

dr Yeni memaparkan, komposisi bahan cairan antiseptic yang dipergunakan sebagai cairan pada Disinfection Chamber Dompet Dhuafa berupa berupa antiseptic, yaitu chloroxylenol (4,8 %) dengan pengenceran 25 ml per 1 liter air atau benzalkonium klorida (1,1856 %) dengan pengenceran 45 ml per 1 liter air.

Bilik Disinfeksi DD dibuat oleh Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa dengan banyak UMKM, yang saat ini terdampak langsung karena lesunya ekonomi. “Bilik ini tidak dijual dan tidak dikomersialkan, tetapi di pasang secara gratis di area publik dan fasiltias layanan publik,” ujar drg. Imam Rulyawan. Dompet Dhuafa membangun bilik-bilik disinfeksi tersebut menggunakan dana kemanusiaan hasil donasi masyarakat dan lembaga yang peduli pada penanggulangan covid-19 dan masalah kemanusiaan lainnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Samantha Clayton Herbalife

Kamis, 28 Mei 2020 - 18:00 WIB

Jangan Tinggalkan Kebugaran Tubuh Saat WFH

Di tengah pandemi COVID-19, pemerintah menghimbau masyarakat untuk menerapkan kebijakan "di rumah saja", termasuk bekerja dari rumah atau Work From Home. Kebijakan ini mempengaruhi rutinitas…

Bank BCA

Kamis, 28 Mei 2020 - 17:45 WIB

PT Bank Central Asia Tbk Suntik Modal Rp1 Triliun, Bank Royal Berubah Nama Jadi Bank Digital BCA

Setelah sebelumnya mengakusisi, emiten perbankan PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) resmi mengganti namanya Bank Royal menjadi Bank Digital BCA dengan suntikan modal awal sebesar Rp1 triliun.

Persija Jakarta (Ist)

Kamis, 28 Mei 2020 - 17:30 WIB

Manajemen Persija Jakarta Sangat Berharap Liga Segera Berjalan Kembali

Persija Jakarta telah mengambil sikap terkait lanjut atau tidaknya kompetisi musim ini. Manajemen Macan Kemayoran mempertimbangkan segala aspek baik dan buruk bila Liga Indonesia musim ini kembali…

Aktivitas industri makanan dan minuman (mamin)

Kamis, 28 Mei 2020 - 17:10 WIB

Kabar Baik! Sepanjang Januari-April 2020, Ekspor Industri Pengolahan Tembus USD 42,75 Miliar

Sepanjang Januari-April 2020, pengapalan produk industri pengolahan mampu menembus hingga USD42,75 miliar atau naik sebesar 7,14 persen dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Mochamad Iriawan, Ketum PSSI

Kamis, 28 Mei 2020 - 17:00 WIB

Ketum PSSI-Menpora Bahas Persiapan Piala Dunia dan Kompetisi

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan bertemu Menteri Pemuda Olahraga Zainudin Amali di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga, Jakarta, belum lama ini . Dalam pertemuan ini, PSSI menyampaikan perkembangan…