Lima Gerakan Fisik Untuk Tetap Sehat Selama Social Distancing

Oleh : Herry Barus | Senin, 30 Maret 2020 - 16:00 WIB

Ribuan Pelari (Ist)
Ribuan Pelari (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Seriring dengan merebaknya penyebaran virus COVID-19 (Coronavirus), banyak tempat umum yang ditutup untuk meminimalisir titik penyebaran virus ini lebih lanjut. Pemerintah menghimbau masyarakat untuk tinggal di rumah guna memperlambat penyebaran Coronavirus yang sangat menular ini. Hal ini selaras dengan hasil studi terbaru yang menunjukkan bahwa coronavirus dapat hidup dan menyebar dengan mudah melalui permukaan benda yang dekat dengan aktifitas manusia sehari-hari.

Atlit Olimpiade Inggris sekaligus Vice President, Worldwide Sports Performance and Fitness Herbalife, Samantha Clayton, mengatakan kekhawatiran tertular virus membuat banyak orang menjadi gelisah yang berakibat pada pembelian pembersih tangan dan obat antiseptik secara berlebihan. Belum lagi, kesimpangsiuran informasi dari media sosial semakin memperparah keadaan. Untungnya, masyarakat secara serius mengikuti anjuran pemerintah untuk mempraktikkan sosial distancing. Untuk itu kami menyarankan untuk terus waspada, gunakan waktu di rumah untuk perawatan diri dan lebih fokus pada memperbanyak rutinitas kebugaran.

Manfaat Berolahraga

Selama aktifitas fisik, tubuh akan melepaskan endorfin secara alami. Peningkatan hormon bahagia ini dapat meningkatkan susana hati, kepercayaan diri dan membantu mengurangi tingkat stres anda.

Olahraga teratur juga banyak dikaitkan dengan peningkatan kesehatan jantung, peningkatan kepadatan tulang, peningkatan mobilitas sendi, peningkatan kognisi, peningkatan mood, peningkatan fungsi metabolisme, peningkatan massa otot dan kekuatan. Daftar manfaat ini terus berlanjut, tetapi selama masa-masa penuh tekanan seperti sekarang, salah satu manfaat terbesar dari melakukan olahraga teratur adalah kemampuannya untuk membuat kegiatan kehidupan sehari-hari terasa lebih mudah.

Berolahraga di Rumah

Selama harus tinggal di rumah, tidak berarti kita berhenti berolahraga. Olahraga akan membantu anda mempertahankan pola pikir yang fokus dan lebih rasional. Anda dapat berolahraga di mana saja tidak peduli berapa banyak ruang yang Anda miliki. Yang Anda butuhkan adalah berat badan Anda sendiri dan latihan di mana peralatan minimal. Anda dapat melakukan rutinitas latihan seluruh tubuh dengan cepat kapan saja untuk meregangkan dan menguatkan tubuh Anda. Berikut adalah lima latihan yang bisa dilakukan di rumah.

1.    Melatih otot trisep

Latihan ini untuk melatih punggung lengan dan bahu anda.

·    Duduklah di lantai dengan lutut sedikit ditekuk.

· Tempatkan tangan Anda di belakang Anda dengan jari-jari menghadap tubuh Anda.

·   Angkat pinggul Anda dari lantai sehingga bobot tubuh didukung oleh lengan dan kaki Anda.

· Tekuk lengan pada siku hingga pinggul Anda menyentuh lantai, lalu dorong kembali ke posisi awal.

·  Jika Anda menginginkan tantangan ekstra saat Anda mendorong ke atas, angkat kaki kiri Anda dan raih ke depan dengan lengan kanan Anda.

2.    Push up

Ini adalah latihan sedikit berat karena memerlukan banyak otot untuk bekerja.

· Berbaring telungkup di lantai dan posisikan telapak tangan Anda di lantai, kira-kira selebar bahu dan dekat bahu Anda.

·  Bola kaki Anda harus menyentuh tanah dan kaki sedikit terpisah.

·  Angkat tubuh menggunakan tangan.

· Buat garis lurus dari kepala ke tumit dan kontraksikan perut Anda agar pinggul Anda tidak kendur. Posisi ini adalah posisi awal dan akhir dari satu push-up. Turunkan dada Anda ke lantai dengan menekuk siku Anda untuk sedetik kemudian kembali ke awal.

3.    Melatih keseimbangan tangan dan lutut

Latihan ini menantang keseimbangan Anda dan melatih otot perut Anda.

· Posisikan tubuh seperti sedang merangkak. Tangan tepat di bawah bahu dan lutut tepat di bawah pinggul Anda. Jaga agar punggung Anda rata. Angkat lengan kanan ke depan dan kaki kiri ke belakang secara bersamaan. Bawa lutut Anda ke arah dada dan siku menyentuh lutut.

·  Lakukan ini 10 kali kemudian Lakukan pada sisi tubuh yang lain.

4.    Squat

Ini adalah latihan fungsional yang bekerja pada kelompok otot terbesar di tubuh - pinggul dan kaki Anda.

· Berdiri dengan kaki sedikit lebih lebar dari bahu, pinggul sejajar di atas lutut, dan lutut di atas pergelangan kaki. Rentangkan lengan lurus sehingga sejajar dengan tanah, telapak tangan menghadap ke bawah. Mulailah dengan masuk ke posisi seolah-olah Anda akan duduk di kursi. Pastikan dada dan bahu tetap tegak, dan punggung tetap lurus. Jaga kepala menghadap ke depan dengan mata lurus ke depan untuk tulang punggung netral.

· Squat terbaik adalah yang terdalam yang. Kedalaman jongkok yang optimal akan membuat pinggul Anda tenggelam di bawah lutut.

·  Pusatkan berat badan di tumit, dorong kembali ke posisi berdiri.

5.    Melatih Paha

Latihan ini melatih bagian depan dan belakang kaki Anda.

· Dengan dada Anda terangkat, dagu naik dan perut berkontraksi, mundur selangkah dengan kaki kiri. Turun lurus ke bawah sehingga lutut belakang Anda mengarah ke lantai. Kaki depan Anda kuat di lantai, saat Anda mendorong kembali ke posisi awal, angkat lutut Anda ke depan, tahan sebentar, lalu ulangi dan alihkan kaki.

“Singkatnya, gunakan waktu di rumah untuk melakukan perawatan diri, serta meluangkan waktu untuk melatih tubuh Anda. Jangan biarkan diri Anda melewatkan semua manfaat kesehatan luar biasa yang terkait dengan olahraga. Tetapi ingat, jika Anda sakit dan memilih untuk berolahraga, dengarkan tubuh Anda dan jangan terlalu memaksakan diri dengan latihan rutin Anda,” ujar Samantha.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Salah satu model rumah yang dikembangkan PT BNI Syariah dan kepemilikannya ditawarkan melalui KPR BNI Griya Swakarya iB Hasanah. (Foto: Humas BNI Syariah)

Kamis, 28 Mei 2020 - 23:09 WIB

Gapai Miliki Rumah Bersama BNI Syariah

Mempunyai rumah sendiri idaman bagi semua orang, tidak sedikit orang yang sudah punya anak sudah sudah besar-besar namun belum juga miliki hunian pribadi. Apalagi pengantin baru, tentunya sudah…

Sawah yang siap ditanam padi (Doc: Kementan)

Kamis, 28 Mei 2020 - 22:44 WIB

Sempat Kebanjiran, Pertanaman Padi di Lebak Masih Tetap Bisa Panen

Pasca banjir yang melanda ratusan rumah dan sawah siap panen di Kecamatan maja dan Sajira, Kabupaten Lebak, Banten, warga yang sebagian berprofesi sebagai petani sudah memulai aktifitas seperti…

BCA

Kamis, 28 Mei 2020 - 20:30 WIB

IHSG Finish di Zona Hijau, Saham Bank BCA Naik 6,65 Persen

Pada akhir perdagangan Kamis (28/5/2020), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) finish di zona hijau sore ini. Pasar modal Indonesia ditutup naik 74,6 poin atau 1,60% ke level 4.716,18

Direktur Utama BNI Syariah Abdullah Firman Wibowo (Doc: BNI Syariah)

Kamis, 28 Mei 2020 - 20:04 WIB

BNI Syariah Siap Perkuat Bisnis Remittance

PT Bank BNI Syariah masuk BUKU 3 dan optimis dapat meraih bisnis internasional seperti remittance. Modal inti BNI Syariah di atas Rp5 triliun.

Ilustrasi Pergerakan Saham

Kamis, 28 Mei 2020 - 20:00 WIB

Naik, PT Jasuindo Tiga Perkasa Tbk Cetak Penjualan Rp1,44 Triliun Sepanjang 2019

Emiten PT Jasuindo Tiga Perkasa Tbk (JTPE) cetak penjualan sebesar Rp1,44 triliun hingga periode 31 Desember 2019 naik dari penjualan Rp1,27 triliun hingga periode 31 Desember 2018.