ProDEM Desak Pemerintah Tegas Terkait Penyebaran Virus Corona

Oleh : Iwan Sumule | Minggu, 29 Maret 2020 - 05:30 WIB

Virus Corona (Foto Dok Tribun)
Virus Corona (Foto Dok Tribun)

INDUSTRY.co.id - Menurut WHO, yang utama dalam langkah pencegahan yaitu dengan cari dan temukan virusnya, lalu kemudian segera dilakukan isolasi agar tidak menyebar kembali.

Makanya diperlukanlah mapping atau pemetaan wilayah penyebaran virus sangat penting dilakukan, setelah itu sangat perlu untuk segera memberlakukan karantina wilayah yang sudah dimapping tadi, lalu kemudian cari dan temukan virusnya. Setelah virusnya ditemukan, maka silahkan dimampusin dan matiin deh itu virus..

Virus China ini makin merebak karena dari awal dianggap remeh oleh penguasa bahkan mengolok - olok, dari mulai menyebutkan doa qunut lah, zero coronalah, jadi duta imunitas coronalah, sembuh sendirilah, makan nasi Kucinglah hingga menyebutkan komunitas Rondo mempesona lah dll. Itulah semua sikap pemerintah yang terkesan menganggap remeh bahkan memberikan diskon besar - besaran untuk menggenjot pariwisata saat Virus China ini belum pandemik.

Dan sampai saat ini juga belum ada dilakukan tindakan - tindakan yang kita dengar untuk menangani Virus China ini secara komperhensif dan Terstruktur, Celakanya lagi pemerintah pusat terkesan cuci tangan dan malah membiarkan daerah berjalan sendiri - sendiri dengan mengambil kebijakannya juga sendiri.

Belum lagi ada pembatasan dari pemerintah pusat agar daerah tidak mengambil keputusan Lockdown atau karantina wilayah dengan alasan itu menjadi wewenang dari pemerintah pusat.

Padahal untuk menghentikan penyebaran Virus China ini sangat penting juga presiden menyatakan "Darurat Corona" agar langkah - langkah kedaruratan dapat segera dilakukan, termasuk soal pendanaan dan pembiayaan dalam penanggulangan penyebaran Virus China ini.

Sayangnya, apa yang ProDEM desakkan selama ini belum juga sepenuhnya dilakukan oleh pemerintah, sehingga kedepannya kita tidak tahu apa yang terjadi, semoga saja kejadian seperti di Itali ataupun di Iran tidak terjadi di negri yang kita cintai Bersama ini.

Yang penting sekarang bagi kita semua tetap jaga kesehatan serta perkuat imun tubuh kita masing - masing, serta jangan lupa juga berdoa kepada Tuhan yang maha esa agar musibah ini segera berlalu, karena iman dan keyakinan kitalah yang akan turut menyelamatkan semua. 

Iwan Sumule: Ketua Majelis ProDEM

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Viral tagar Mendikbuddicarimahasiswa

Rabu, 03 Juni 2020 - 07:50 WIB

Heboh Tagar #MendikbudDicariMahasiswa, Dirjen Dikti: Kami Himbau Rektor Bebaskan Uang Kuliah Mahasiswa

Viralnya aksi tagar #MendikbudDicariMahasiswa oleh BEM SI dan mahasiswa seluruh Indonesia, dimana hingga selasa malam (2/6) telah memuncaki trending topik dengan lebih dari 30 ribu cuitan.

Astra Life

Rabu, 03 Juni 2020 - 07:42 WIB

Astra Life 'Ngegas' Pasarkan Asuransi Tambahan

Windawati Tjahjadi, Direktur Astra Life mengatakan bahwa peluncuran Medicare Premier ini merupakan komitmen Astra Life untuk memberikan perlindungan terbaik bagi setiap segmen dan juga sebagai…

Direktur Network & IT Solution Telkom Zulhelfi Abidin menandatangani prasasasti peresmian Modern Broadband City Kota Serang dan Kabupaten Lebak

Rabu, 03 Juni 2020 - 07:30 WIB

Telkom Dukung Modernisasi Jaringan di Kota Serang dan Kabupaten Lebak

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) tetap mengoptimalkan operasional network, salah satunya fiberisasi jaringgan demi mendukung terwujudnya pengalaman digital terbaik pelanggan yang beraktivitas…

CEO Citibank N.A., Indonesia Batara Sianturi

Rabu, 03 Juni 2020 - 07:21 WIB

Wuih, Citibank Raih Best International Bank in Indonesia, Dirut: Ini Hasil Sebuah Fokus dan Komitmen Solusi Finansial Inovatif Ditengah Masa Sulit

CEO Citi Indonesia Batara Sianturi menyatakan, ditengah situasi pasar yang volatile serta kompetitif, pihaknya sangat berterima kasih dapat menerima penghargaan ini dari majalah Finance Asia.…

Ilustrasi Pekerja (ist)

Rabu, 03 Juni 2020 - 07:05 WIB

Sah! Jokowi Teken PP Tapera, Siap-siap Gaji Pekerja ASN, BUMN, TNI, Polri Hingga Swasta Dipotong 3 persen

Presiden Jokowi telah meneken Peraturan Pemerintah atau PP No. 25 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera).