SIA Menerbitkan Ekuitas Baru Senilai S$5,3 Miliar

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 28 Maret 2020 - 10:00 WIB

Singapore Airlines (Foto Dok Industry.co.id)
Singapore Airlines (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Singapore Airlines Limited akan menawarkan kepada semua pemegang saham ekuitas baru senilai S$5,3 miliar (Dolar Singapura) dan akan meningkatkan ekuitas hingga bernilai sebesar S$9,7 miliarmelalui Obligasi Konversi selama 10 tahun. Keduanya akan ditawarkan secara pro-rata melalui penawaran umum terbatas (rights issue), dan kedua penerbitan akan diperlakukan sebagai ekuitas dalam neraca perusahaan.
 SIA juga telah mengatur fasilitas pinjaman jangka pendek senilai S$ 4 miliar dengan DBS Bank, mendukung persyaratan likuiditas jangka pendek perusahaan.


 Perusahaan berniat untuk menggunakan dana hasil rights issue untuk mendanai kebutuhan modal dan pengeluaran operasional. Kedua penerbitan hak memesan efek terlebih dahulu tersebut harus mendapat persetujuan pemegang saham pada rapat umum luar biasa (RUPSLB) yang akan diselenggarakan dengan jadwal yang akan ditentukan kemudian.


 Pemegang saham terbesar SIA, Temasek Holdings, akan mendukung resolusi ini dan membeli penuh sesuai hak yang dimiliki serta sisa yang masih ada dari kedua penerbitan tersebut.


 Peter Seah, Chairman SIA mengungkapkan, “Ini adalah saat yang tidak biasa bagi SIA Group. Sejak awal penyebaran wabah Covid-19, permintaan penumpang telah menurun secara drastis ditengah penutupan perbatasan yang belum pernah terjadi sebelumnya di seluruh dunia. Kami bergerak cepat untuk mengurangi kapasitas dan menerapkan langkah-langkah pengurangan biaya.


 “Komitmen dan dukungan kuat dari staf dan serikat pekerja sangat luar biasa, disaat kami bekerja bersama dalam upaya untuk mengatasi krisis ini. Saya berbesar hatimelihat staf kami melakukan segalanya yang mereka bisa, dalam masa-masa paling sulit ini, untuk memberi dukungan kepada para pelanggan dan mempertahankan operasional. Kami juga telah bekerja sama secara terus menerus dengan pemerintah Singapura untuk membawa pulang warga Singapura dengan selamat. Pada saat yang sama, kami juga bekerja dengan berbagai pihak agar memungkinkan bagi staf kami yang sedang dalam cuti tanpa gaji agar memiliki peluang untuk memperoleh pendapatan lainnya.


 “Kami sangat berterima kasih atas kepercayaan Temasek yang kuat. Jajaran Dewan Pengurus SIA yakin bahwa paket pendanaan baru ini akan memastikan bahwa SIA akan memiliki sumber daya untuk mengatasi tantangan saat ini, dan berada dalam posisi yang kuat untuk tumbuh dan memperkuat kepemimpinan kami di sektor penerbangan. "
 CEO Temasek International, Dilhan Pillay Sandrasegara mengungkapkan, “Dampak Covid-19 pada industri perjalanan global belum pernah terjadi sebelumnya, terutama maskapai penerbangan dan para pemain sektor terkait. SIA mengalami pertumbuhan yang kuat sebelum pandemi ini terjadi dan juga telah berkomitmen untuk memperbarui armada sebagai bagian dari perjalanan transformasinya. Transaksi ini tidak hanya akan membantu SIA dalam mengatasi tantangan likuiditas keuangan jangka pendek, tetapi juga akan memposisikan SIA untuk pertumbuhan di luar masa pandemic ini.”


 “Kami sepenuhnya mendukung rencana transformasi SIA, termasuk modernisasi armadanya. Pengiriman pesawat generasi baru selama beberapa tahun ke depan akan memberikan efisiensi bahan bakar yang lebih baik serta memenuhi strategi ekspansi kapasitasnya.”

 Sektor penerbangan adalah pilar utama ekonomi Singapura, mendukung lebih dari 12% Produk Domestik Bruto (PDB) negara tersebut dan menyediakan 375.000 lahan pekerjaan. SIA Group adalah jantung dari ekosistem penerbangan, dengan SIA, SilkAir dan Scoot bertanggung jawab atas lebih dari setengah jumlah penumpang yang terbang masuk dan keluar dari Bandara Changi.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…