Bantuan Perlengkapan Medis Sampai di Halim, Anak Buah Presiden: Terimakasih Jack Ma...

Oleh : Candra Mata | Sabtu, 28 Maret 2020 - 07:45 WIB

Jack Ma (images by economictimes.com)
Jack Ma (images by economictimes.com)

INDUSTRY co.idJakarta, Bantuan perlengkapan medis untuk penanganan COVID-19 dari Jack Ma Foundation dan Alibaba Foundation telah mendarat di Bandar Udara Internasional Soekarno–Hatta, Jakarta, Jumat (27/3).

Pengiriman ini merupakan tahap pertama dari donasi perlengkapan medis kepada Indonesia dan tiga negara lainnya, yakni Thailand, Malaysia, dan Filipina. 

“Kami berharap donasi ini dapat membantu upaya Indonesia untuk melindungi para petugas medis yang menjadi garda terdepan untuk melayani masyarakat dan meningkatkan skala pengetesan yang lebih luas," ujar Jack Ma yang disampaikan melalui perwakilan Jack Foundation. 

Menurut Jack Ma, semua pihak harus membantu upaya global untuk mengatasi COVID-19. 

"Tantangan logistik pengiriman tetap ada, namun kami akan menuntaskannya dan melakukannya sesegera mungkin,” jelas Jack Ma. 

Adapun, Indonesia bersama tiga negara lainnya menerima sejumlah perlengkapan medis dengan total 2 juta masker, 150.000 test kit, 20.000 baju pelindung, dan 20,000 pelindung wajah. 

"Tahapan donasi berikutnya direncanakan untuk tiba di Jakarta dalam waktu dekat," pungkas Jack Ma. 

Bantuan dari Jack Ma tersebut diterima oleh Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, Luhut B. Panjaitan yang mewakili pemerintah Indonesia untuk kemudian didistribusikan oleh Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB).

“Kami akan senantiasa bahu membahu dengan seluruh komponen masyarakat Indonesia, pihak swasta, juga komunitas global dalam melawan pandemi ini," ujar Luhut. 

Ia mengatakan, pengalaman dari berbagai belahan dunia memperlihatkan bahwa pengujian virus yang akurat dan ketersediaan peralatan perlindungan bagi para tenaga medis yang memadai, merupakan hal yang sangat penting sekaligus efektif, dalam mencegah meluasnya penyebaran wabah Covid-19. 

"Terima kasih untuk Jack Ma Foundation dan Alibaba Foundation atas upayanya dalam memberikan dukungan bantuan peralatan yang dibutuhkan bagi Indonesia,” tutur Luhut. 

Donasi ini adalah bagian dari upaya global yang dilakukan oleh Jack Ma Foundation dan Alibaba Foundation untuk mendukung berbagai wilayah di dunia yang terdampak krisis COVID-19. 

Selain Asia, berbagai jenis perlengkapan medis juga didonaaikan ke negara dan wilayah Amerika Utara, Amerika Latin, Eropa, dan Afrika.

Kedua yayasan tersebut juga telah merilis pedoman digital bagi para tenaga medis dan fasilitas kesehatan dalam beberapa bahasa, termasuk Bahasa Indonesia, dan akan diterjemahkan dalam beberapa bahasa lainnya. 

Pedoman ini memuat pelajaran dan pengalaman penting dari para dokter, tenaga medis dan staf Rumah Sakit Rujukan Utama Fakultas Kedokteran Universitas Zhejiang yang berada di garda terdepan penanganan COVID-19 dan berperan penting dalam mengurangi penyebarannya di Tiongkok. 

Adapun pedoman ini tersedia untuk para tenaga medis profesional secara global di https://covid-19.alibabacloud.com/.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ambulans

Senin, 25 Mei 2020 - 07:45 WIB

Nekat, Wanita Ini Sewa Ambulans untuk Mudik

Kepolisian di Tabanan, Bali, berhasil menghentikan aksi seorang ibu dan anaknya yang nekat menyewa mobil ambulans untuk mudik ke Jember, Jawa Timur.

Para pemudik lebaran yang hendak pulang kampung (ist)

Senin, 25 Mei 2020 - 07:08 WIB

Jubir COVID-19: Pemudik Jangan Kembali ke Jakarta Dulu

“Pahami, bahwa dalam situasi yang saat ini terjadi, kita tidak boleh menggunakan cara pikir, cara tindak, seperti situasi di masa-masa lalu. Inilah yang kemudian beberapa kali pemerintah,…

Perjalanan Bisnis Akim dari Penjual Nasi Liwet Ke Suplier Scrab

Senin, 25 Mei 2020 - 07:00 WIB

Perjalanan Bisnis Akim dari Penjual Nasi Liwet Ke Suplier Scrab

Semula Akim menekuni penjual nasi liwet, namun wanita asal Solo ingin meningkatkan penghasilan dengan mencoba peluang baru dibidang Suplier Scrab

Menkeu Sri Mulyani (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 25 Mei 2020 - 06:00 WIB

DRP Nilai Menkeu Sri Mulyani Tak Hormati Kesepakatan Politik

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berkirim surat kepada DPR RI untuk mengonsultasikan kebijakannya yang belakangan banyak dikritik kalangan legislator di Parlemen, terutama Komisi XI DPR…

Bintara Marinir Sidoarjo Tingkatkan Ketahanan Pangan dengan Teknik Hidroponik

Senin, 25 Mei 2020 - 04:00 WIB

Bintara Marinir Sidoarjo Tingkatkan Ketahanan Pangan dengan Teknik Hidroponik

Dalam rangka peningkatan ketahanan pangan, Bintara Tidur Dalam Yonif 3 Marinir bercocok tanam menggunakan teknik Hidroponik dan Aquaponik di Mess Bintara Yonif 3 Marinir Gedangan, Sidoarjo,…