Mantap, Ini Kabar Baik dari Toshiba untuk Dunia Komputer

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 26 Maret 2020 - 13:12 WIB

 Komputasi kuantum diharapkan dapat memproses sejumlah besar data dengan waktu yang lebih sedikit dari yang dibutuhkan oleh superkomputer.
Komputasi kuantum diharapkan dapat memproses sejumlah besar data dengan waktu yang lebih sedikit dari yang dibutuhkan oleh superkomputer.

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Ini kabar baik seputar perkembangan komputasi kuantum. Para ilmuwan dan fisikawan komputer di seluruh dunia, termasuk tim-tim di Toshiba, semakin dekat dengan pencapaian janji komputasi kuantum — yang diharapkan dapat memproses sejumlah besar data dengan waktu yang lebih sedikit dari yang dibutuhkan oleh super komputer.

Berita buruknya? Kecepatan sangat tinggi di mana komputasi kuantum dapat melakukan perhitungan berarti bahwa algoritma enkripsi publik yang paling canggih di dunia dan (saat ini) dapat diretas oleh penjahat cyber.

Memang, banyak pengamat, termasuk Vice President Corporate Toshiba dan Chief Digital Officer, Taro Shimada, percaya bahwa peretas sudah menggunakan strategi "panen dan dekripsi (harvest and decrypt )". Itu berarti mereka mencuri data sekarang dan dengan sabar menunggu beroperasinya komputasi kuantum untuk dan kemudian berencana untuk memecahkan kode, dengan demikian menempatkan informasi keuangan, kesehatan, militer dan penting lainnya dalam bahaya.

Untungnya, Shimada dan para pemimpin Toshiba lainnya sangat berfokus pada besarnya peluang komputasi kuantum terhadap perusahaan dan pelanggannya sambil bekerja untuk mengurangi risiko terkait yang akan muncul ketika teknologi mulai beroperasi, mungkin secepat satu dekade. Faktanya, Toshiba telah mengembangkan, dan akan segera meluncurkan, sistem distribusi kunci kuantum (QKD) yang akan memungkinkan aplikasi kriptografi pada jaringan komputer serat optik.

Untuk mendalami positioning Toshiba sehubungan dengan QKD, Shimada berbagi wawasan dan pengamatannya tentang kegembiraan  dan kecemasan  seputar komputasi kuantum. 

 Bagaimana Anda mendefinisikan distribusi kunci kuantum (QKD)? Mengapa ini penting?

QKD adalah cara terbaik untuk memastikan bahwa tidak ada yang dapat mencuri informasi penting Anda melalui jaringan.

Metodologi dan teknik enkripsi saat ini mungkin sudah usang ketika komputasi kuantum tiba. Faktanya, para penjahat sudah mencuri informasi, menyimpannya dan menunggu komputer kuantum muncul — dan bisnis, pemerintah, dan warga negara harus dipersiapkan. Terutama jika data mereka memiliki nilai jangka panjang, seperti desain (hak milik), catatan keuangan, dan informasi sensitif lainnya.  

Enkripsi saat ini sangat sulit diretas, karena melibatkan algoritma matematika yang sangat sulit dihitung. Tetapi komputasi kuantum dapat melakukan perhitungan yang sangat cepat, dan algoritma enkripsi saat ini mungkin mudah dibongkar dalam waktu dekat.

Bagaimana cara kerja QKD?

Sama seperti komputasi kuantum didasarkan pada prinsip-prinsip mekanika kuantum, demikian juga QKD. Itu adalah atribut yang sangat penting, karena QKD mencakup perlindungan yang melindungi cara komputasi kuantum digunakan untuk mengakses, memanipulasi, dan menghasilkan pemahaman dari data.

Biarkan saya jelaskan: Distribusi kunci kuantum, atau QKD, adalah bentuk kriptografi kuantum yang dirancang untuk mengamankan transmisi data ke dan dari dua pihak atau lebih melalui jaringan serat optik berkecepatan tinggi. Kunci keefektifannya adalah menggunakan foton, yang merupakan partikel cahaya, untuk menghasilkan "kunci" yang mengamankan transmisi data terenkripsi. Kunci-kunci rahasia ini dihasilkan secara acak, dan aman dari peretas karena gangguan dari pihak ketiga yang tidak sah akan mengubah komposisi foton; dan itu membuat kunci yang dibuat secara acak tidak dapat dioperasikan.

Sederhananya, penjahat tidak dapat mencuri informasi. Lebih jauh, teknologi Toshiba QKD dapat mendeteksi fakta bahwa seseorang sedang menguping atau mencoba mencuri informasi,

Seperti yang dapat Anda bayangkan, kemampuan ini untuk menyediakan perlindungan bebas-hack membuat kehadiran QKD cukup berharga bagi mereka yang akan mengandalkan komputasi kuantum di masa depan.

Apakah ada industri yang secara khusus menjadi target kemungkinan untuk solusi QKD Toshiba?

Berbagai industri dan segmen pasar akan menemukan QKD sangat berharga, terutama yang memerlukan enkripsi atau otentikasi dokumen, pesan atau transaksi yang sangat kritis atau sensitif.

Militer pemerintah atau operasi spionase, lembaga keuangan, fasilitas kesehatan dan perusahaan dengan kekayaan intelektual adalah beberapa dari banyak organisasi yang berpotensi mendapat manfaat dari QKD. Dan adopsi cepat teknologi jaringan 5G berkecepatan tinggi akan meningkatkan kebutuhan akan bentuk perlindungan ini.

Sesungguhnya, banyak pemerintah — termasuk pemerintah federal AS — mengambil tindakan untuk bersiap menghadapi tantangan dan peluang yang disajikan oleh teknologi 5G. Baru-baru ini, Kongres A.S. mengesahkan Dana Keamanan Telekomunikasi Multilateral senilai $500 juta yang akan mendukung penelitian untuk mempercepat adopsi peralatan dan jaringan aman. Kami berharap bahwa kriptografi kuantum seperti QKD akan mendapat manfaat dari ini dan kolaborasi bisnis-pemerintah serupa.

Bagaimana Toshiba akan memasarkan QKD?

Toshiba menjadi perusahaan yang lebih berbasis data dan platform. Saya pikir ini adalah paradigma baru untuk Toshiba; pesaing kita tidak melakukannya.

Pertanyaannya adalah, bisakah kita membangun model bisnis QKD yang dapat ditindaklanjuti? Cara klasik kami dalam berbisnis adalah menjual perangkat keras. Tetapi nilai sebenarnya dalam memberikan QKD adalah kunci kuantum itu sendiri, jadi kami akan menciptakan lebih banyak jenis bisnis "as-a-service". Itu karena nilai melindungi data adalah 10% perangkat keras, dengan sisanya berasal dari layanan, perangkat lunak, dan integrasi.

Tahun lalu, Toshiba mengumumkan kemitraan dengan Quantum Xchange, yang menggunakan teknologi QKD kami untuk meningkatkan kapasitas jaringan keamanan-kuantum pertama di AS. Apakah Anda mengharapkan aliansi serupa di masa depan?

Tentunya. Menciptakan paket as-a-service, adalah model bisnis yang sangat menarik bagi kami. Kami tidak akan hanya memasok perangkat keras dan pemeliharaan, tetapi karena kami benar-benar memiliki mesin QKD, kami akan mendapatkan pendapatan berulang setiap kali enkripsi dilakukan antara dua pihak.

Itulah mengapa sangat penting bagi kami untuk bermitra dengan penyedia jaringan terkemuka.

Bergabung dengan Toshiba dari Siemens K.K. pada tahun 2018 untuk memperkuat inisiatif transformasi digital Toshiba, Shimada membawa hampir tiga dekade pengalaman di Jepang, AS dan Eropa di bidang pengembangan perangkat keras (mulai dari pesawat terbang dan mobil hingga desain mesin presisi dan industri berat) dan dalam perangkat lunak manajemen siklus hidup produk . Baru-baru ini, sebagai anggota tim eksekutif Toshiba, Shimada membantu dalam mendirikan Komunitas Open ifLink, sebuah platform yang memungkinkan para pengembang produk untuk membawa kemampuan IoT ke jajaran aplikasi yang lebih utama bagi pengguna, dan peluncuran Toshiba Data Corporation yang dia akan pimpin.

Putra seorang pemilik toko yang mendorongnya untuk menjadi seorang salesman, Shimada malah mencari karir di bidang teknik. Namun, dia mengakui, dari waktu ke waktu dia mengambil tanggung jawab sebagai ahli strategi digital yang fokus mengeksplorasi peluang pertumbuhan bisnis baru — seperti yang sekarang dia lakukan untuk Toshiba.

"Pada akhirnya saya menjadi salesman," katanya sambil tertawa.  

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:33 WIB

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kota Medan, Sumatera Utara – Holding BUMN Pangan ID FOOD terus menggenjot penyaluran bantuan pangan penanganan stunting tahap I tahun 2024 yang sudah mulai berjalan pada pertengahan Maret…

Mentan Amran Sulaiman

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:21 WIB

Mentan Amran Serahkan Total Alokasi Pupuk Subsidi 54 Triliun

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman secara simbolis menyerahkan alokasi penambahan pupuk subsidi untuk petani seluruh Indonesia sebesar Rp 28 triliun.

Petugas BNI memperlihatkan uang persediaan ke masyarakat

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:16 WIB

Penuhi Kebutuhan Ramadan dan Lebaran, BNI Sediakan Uang Tunai Rp26,6 Triliun

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkomitmen untuk mendukung kelancaran transaksi masyarakat dengan menyediakan dana tunai senilai Rp26,6 triliun selama Ramadan dan Hari Raya…

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan membidik sektor pertanian melalui BSI Mitra Plasma Sawit. Kunjungan dilakukan ke salah satu kebun sawit di Sumatera.

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:20 WIB

Dorong Sustainable Banking, BSI Dukung Pembiayaan Sawit Bagi Petani Plasma

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan…

Ilustrasi perumahan

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:16 WIB

Terdepan di Wilayah Jabodetabek, Bogor Catat Selisih Pertumbuhan Harga Hunian Tertinggi

Tren harga rumah di Indonesia mengalami peningkatan tahunan sebesar 2,4 persen pada bulan Februari 2024 dibandingkan sejak Februari 2023. Rumah123 mencatat Bogor mengalami kenaikan harga hunian…