Bantu Mitra Driver Atasi Masa Sulit Pandemi Corona, Co-CEO Gojek: Manajemen Potong Gaji 25 persen Selama Setahun

Oleh : Nata Kesuma | Kamis, 26 Maret 2020 - 09:25 WIB

Co-CEO Gojek Andre Soelistyo dan Kevin Aluwi (foto Antara)
Co-CEO Gojek Andre Soelistyo dan Kevin Aluwi (foto Antara)

INDUSTRY.co.id

Jakarta, Co-CEO Gojek Andre Soelistyo dan Kevin Aluwi, mengatakan Ratusan ribu mitra driver dan merchant mengalami penurunan pendapatan seiring dengan berkurangnya mobilitas para pelanggan di masa pandemi Covid-19.

Penurunan tersebut merupakan konsekuensi dari mengikuti himbauan Pemerintah untuk bekerja di rumah dan social distancing untuk meminimalisir risiko penularan. 

Untuk itu, manjemen dan seluruh karyawan Gojek berkomitmen  memberikan bantuan dana bantuan untuk mendukung stabilitas finansial mitra driver sambil mereka menunggu situasi kembali kondusif. 

"Kami akan berikan dana bantuan untuk mendukung mitra driver, merchant dan mitra lainnya yang pendapatannya terdampak akibat perlambatan ekonomi karena pandemi COVID-19,"ucap Andre Soelistyo dan Kevin Aluwi. 

Menurut Co-CEO Gojek ini, Dana Bantuan Mitra Gojek (Gojek Partner Support Fund) ini akan dikelola oleh yayasan yang baru dibentuk, yaitu Yayasan Anak Bangsa Bisa. 

Yayasan ini berencana untuk bekerja dengan berbagai pemangku kepentingan seperti pemerintah, komunitas sosial dan perkumpulan mitra driver untuk menentukan cara terbaik dalam penyaluran dana bantuan, dengan prioritas utama mendukung stabilitas finansial mitra driver dan mitra lainnya di tengah periode ketidakpastian ini.

"Co-CEO dan jajaran manajemen senior Gojek akan mendonasikan 25% dari gaji tahunan mereka selama 12 bulan kedepan,
anggaran kenaikan gaji tahunan seluruh karyawan Gojek akan dialihkan untuk dana bantuan ini, dan
Proses akan dibentuk agar pihak lain juga dapat memberikan donasi, terutama para partner korporat Gojek," sebut Andre dan Kelvin dalam pernyataan bersamanya di Jakarta, Selasa (24/3).

Menurut manajemen, dana ini akan mendukung mitra driver yang merupakan urat nadi bisnis perseroan.

Ini juga merupakan bentuk dari komitmen setiap perusahaan memiliki tanggung jawab untuk memberikan dukungan sebisa mungkin dan ini adalah sesuatu yang bisa dilakukan Gojek untuk membantu mitra driver melalui periode sulit ini.

"Selain dana finansial, Kami juga akan memberikan skema bantuan pendapatan untuk mitra driver yang terkena COVID-19," pungkas Andre dan Kelvin. 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tepung Terigu

Kamis, 09 April 2020 - 10:30 WIB

Pelaku Industri Tepung Terigu Mulai "Pusing" Hadapi Covid-19 & Nilai Tukar Rupiah

Pelaku industri tepung terigu mulai terbebani pelemahan nilai tukar rupiah terhadap mata uang dollar Amerika Serikat (AS), yang dipicu pandemi korona. Pasalnya, industri terigu dalam negeri…

Jaringan Pipa Gas PT PGN

Kamis, 09 April 2020 - 10:16 WIB

Kontrak Proyek Jargas Senilai Rp309,1 miliar untuk 6 Kota dan kabupaten Diteken Secara Online

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) telah melakukan penandatangan kontrak pembangunan jaringan gas (jargas) tahap kedua…

Pupuk Bersubsidi Ilustrasi (ist)

Kamis, 09 April 2020 - 10:00 WIB

Aturan PSBB Tak Ganggu Distribusi Pupuk ke Petani

PT Pupuk Indonesia (Persero) menjamin penerapan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) oleh Pemerintah Daerah tidak akan mengganggu penyaluran pupuk baik pupuk bersubsidi maupun nonsubsidi…

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto

Kamis, 09 April 2020 - 09:45 WIB

Sah, Pemerintah Bebaskan Bayar Bunga KUR untuk UMKM Selama 6 Bulan

Pemerintah memutuskan membebaskan pembayaran bunga dan penundaan pokok angsuran Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang terkena dampak Virus Korona (Covid-19),…

Produsen Batubara

Kamis, 09 April 2020 - 09:20 WIB

Industri Batubara Terpapar Covid-19

Berkurangnya konsumsi listrik di negara-negara terdampak Covid-19, mengakibatkan permintaan batubara di negara-negara tersebut turun sehingga berdampak pada terjadinya sedikit over supply batubara…