142 dari 2.203 Perserta Lolos Tes CPNS ESDM, Namun Pelaksanaan SKB Ditunda Terkait Corona

Oleh : Candra Mata | Rabu, 25 Maret 2020 - 11:01 WIB

142 peserta tes lolos cpns ESDM
142 peserta tes lolos cpns ESDM

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengumumkan hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Penerimaan Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2019, Senin (23/3). 

Sebanyak 142 dari 2.203 peserta dinyatakan lolos SKD dan berhak mengikuti tahapan selanjutnya.

"Keputusan ini berdasarkan Surat Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor K26-30/D6400/III/20/01dan hasil keputusan rapat panitia seleksi pengadaan PNS Kementerian ESDM," kata Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Ego Syahrial selaku Ketua Panitia Seleksi Kementerian ESDM di Jakarta, Senin (23/3).

Peserta yang dinyatakan lulus, jelas Ego, dapat mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) paling banyak 3 (tiga) kali jumlah kebutuhan masing-masing formasi berdasarkan peringkat nilai SKD. 

"Khusus peserta dengan keterangan P1/TL diperlakukan khusus dengan memberi peluang menggunakan nilai terbaik antara SKD tahun 2018 dan SKD tahun 2019," tegas Ego.

P1/TL merupakan peserta seleksi CPNS 2018 yang memenuhi nilai ambang batas (passing grade) SKD berdasarkan Permenpan-RB Nomor 37 Tahun 2018. 

Selain itu, mereka masuk dalam 3 kali formasi jabatan yang dilamar untuk dapat mengikuti SKB tahun 2018, namun dinyatakan tidak lulus sampai dengan tahap akhir.

Peserta yang dinyatakan lolos dan berhak mengikuti SKB diberikan kode "P/L". Sementara, kode "TL" untuk peserta yang tidak memenuhi nilai ambang batas CPNS 2019 . Untuk kode "TH" untuk peserta yang tidak hadir pada verifikasi berkas fisik dan atau SKD.

Sedangkan kode "[P1TL/19]" untuk peserta P1TL yang menggunakan nilai SKD Tahun 2019 dan kode "[P1TL/18]" merupakan peserta P1TL yang menggunakan nilai SKD Tahun 2018.

Dari informasi yang diumumkan oleh panitia sebanyak 2.061 peserta dinyatakan gugur dan tidak bisa mengikuti tahapan selanjutnya. "Total yang hadir dalam pelaksanaan SKD sekitar 74,73% dari jumlah pengumuman," jelas Ego.

Peserta yang dinyatakan lolos SKD wajib mengikuti verifikasi berkas dan keseluruhan rangkaian SKB. 

Akan tetapi, menindaklanjuti surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor B/318/M.SM.01.00/2020 tentang Jadwal Pelaksanaan SKB CPNS Formasi tahun 2019, pelaksanaan SKB ditunda sampai dengan ditetapkannya kebijakan lebih lanjut oleh Panselnas.

"Betul ditunda. Ini merespon kepatuhan atas protokol kesehatan dalam pencegahan merebaknya Covid-19 terutama mengurangi physical distancing," tegas Ego.

"Dan keputusan ini bersifat final. Kelalaian dalam membaca pengumuman tanggung jawab peserta," pungkasnya. 

Adapun, untuk mengecek nama peserta yang lolos dan tidak lolos SKD CPNS 2019 dapat dilihat di laman resmi cpns.esdm.go.id atau www.esdm.go.id. 

Selain itu, perkembangan informasi resmi CPNS formasi 2019 khususnya bagi peserta SKB dapat dipantau langsung melalui kanal media sosial Kementerian ESDM.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Tahun 2024

Kamis, 25 April 2024 - 05:33 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Tahun 2024

Kesehatan TNI harus menjadi besar tangguh dan mandiri, baik dari segi sumber daya manusia, sarana dan prasarana maupun sistem metodanya sehingga dapat menghasilkan kinerja yang optimal dalam…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Kunjungan Komandan Jenderal Angkatan Darat AS Wilayah Pasifik

Kamis, 25 April 2024 - 05:26 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Kunjungan Komandan Jenderal Angkatan Darat AS Wilayah Pasifik

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima kunjungan kehormatan Commanding General United States Army Pacific atau Komandan Jenderal Angkatan Darat Amerikat Serikat (AS) untuk wilayah…

Happy Salma bersama tim dari Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek dan tim produksi sebelum pementasan konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai.

Kamis, 25 April 2024 - 00:57 WIB

Terinspirasi Program Merdeka Belajar Kemendikbudristek, Happy Salma Gelar Konser Musikal

Konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai itu digelar Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek yang berkolaborasi dengan Titimangsa dan SMKN 2 Kasihan (SMM Yogyakarta)…

Krisdayanti kenalkan produk bulu mata palsu Lavie Beauty X Krisdayanti.

Kamis, 25 April 2024 - 00:31 WIB

Tak Sarankan Extention Bulu Mata, Krisdayanti Luncurkan Bulu Mata Palsu Karyanya

Setelah puluhan tahun selalu menggunakan bulu mata palsu, akhrinya Krisdayanti mengenalkan bulu mata palsu karyanya sendiri, Lavie Beauty X Krisdayanti.

Penandatanganan kerjasama RS Premier Bintaro dengan BMW Indonesia.

Rabu, 24 April 2024 - 23:32 WIB

Kolaborasi RS Premier Bintaro dan BMW Indonesia Tingkatkan Patien Experience

Penandantanganan menghasilkan kolaborasi RSPB dengan BMW Indonesia dalam menyediakan layanan kesehatan premium pengantaran pasien pasca operasi kasus bedah orthopedi dan bedah vaskular.