PT KAI: Aturan Social Distancing Diatas Kereta Jarak Penumpang 1 meter, Kami Mohon Taati Aturan

Oleh : Nata Kesuma | Rabu, 25 Maret 2020 - 09:30 WIB

Penumpang KRL / foto-INDUSTRY.co.id
Penumpang KRL / foto-INDUSTRY.co.id

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Sesuai arahan pemerintah, PT Kereta Api Indonesia (Persero)  telah menerapkan kebijakan Social Distancing atau pembatasan jarak antar penumpang di area stasiun dan selama dalam perjalanan kereta api. 

“Social Distancing kami terapkan untuk menekan penyebaran virus corona di berbagai titik operasional KAI,” ujar VP Public Relations KAI Yuskal Setiawan beberapa waktu lalu dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi Industry.co.id.

Penerapan Social Distancing dimulai distasiun berupa pembuatan tanda batas di beberapa titik seperti loket, boarding, mesin Check In Mandiri, tempat duduk di ruang tunggu, dan lift. 

Adapun jarak antar penumpang dalam social distancing di stasiun adalah kurang lebih 1 meter.

"Untuk kelancaran dan hasil dari Social Distancing yang maksimal, penumpang diminta mengantre dengan tertib dan mengikuti seluruh arahan dari petugas yang ada di stasiun," ujar Yuskal.

Yuskal melanjutkan, guna memaksimalkan penerapan Social Distancing, saat proses boarding pun penumpang cukup menunjukkan identitas diri dan boarding pass atau e-boarding pass tanpa perlu menyerahkannya ke petugas. 

Jika sudah sesuai, penumpang langsung melakukan scan barcode secara mandiri dengan disaksikan oleh petugas boarding.

Khusus di atas kereta api, KAI menerapkan Social Distancing dengan membatasi kapasitas KA Lokal secara sistem dari kapasitas maksimum 150% dalam satu kali perjalanan menjadi maksimum 75% atau dikurangi separuh dari kapasitas normal. 

Adapun untuk penumpang KA Jarak Jauh, kondektur dapat memindahkan penumpang ke kursi yang kosong jika ada permintaan dari penumpang. 

Penumpang dapat menghubungi kondektur melalui nomor Handphone yang tertera pada setiap dinding kereta.

"Kami memohon kerjasama dari seluruh penumpang, serta meminta agar sesama penumpang dapat saling mengingatkan satu sama lain untuk menjaga jarak. Kebijakan ini akan berjalan efektif dengan dukungan dari seluruh pihak,” tutup Yuskal.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi

Kamis, 28 Mei 2020 - 13:20 WIB

Kabar Gembira! Jokowi Bakal Guyur Insentif buat Petani dan Nelayan, Ini Skemanya

Presiden┬áJoko Widodo (Jokowi)┬ámembuka rapat terbatas dengan topik pembahasan insentif bagi petani dan nelayan dalam rangka menjaga ketersediaan bahan pokok di Istana Merdeka, kompleks Istana…

Donald Trump

Kamis, 28 Mei 2020 - 13:15 WIB

Donald Trump Longgarkan Lockdown dan Ekonomi Dibuka, Wall Street Terbang Tinggi

Jelang kembali dibukanya ekonomi dan pelonggaran lockdown oleh Pemerintah Amerika Serikat, kondisi Wall Street langsung meningkat tajam di pasar modal.

Dirut Pupuk Indonesia Aas Sadikin

Kamis, 28 Mei 2020 - 13:00 WIB

Produsen Pupuk Indonesia Perketat Prosedur di Area Pabrik Saat Era New Normal

Sebagai langkah melindungi para karyawan dan kelancaran penugasan penyaluran pupuk, lima produsen pupuk yang merupakan entitas bisnis dari PT Pupuk Indonesia (Persero), siap menerapkan pedoman…

MPL BULL

Kamis, 28 Mei 2020 - 12:20 WIB

Mobile Premier League Indonesia Hadirkan Tiga Game Lokal Baru

Mobile Premier League sebagai platform mobile esports berbasis ketangkasan terbesar di Asia Tenggara mengumumkan kolaborasinya bersama tiga pengembang game lokal Indonesia, yaitu Antpixel Studio,…

Ilustrasi deposito perbankan

Kamis, 28 Mei 2020 - 12:16 WIB

ATMR Perbankan BUKU 3, 4 Ditiadakan Hingga Tahun Depan

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melanjutkan stimulus terhadap perbankan. Penyesuaian Implementasi Beberapa Ketentuan Perbankan Selama periode Relaksasi.