Kemenkes Ajak Masyarakat Melaksanakan Screening Covid-19 Melalui GrabHealth Powered by Good Doctor

Oleh : Candra Mata | Selasa, 24 Maret 2020 - 05:30 WIB

Kerjasama Grab Indonesia dengan Kemenkes
Kerjasama Grab Indonesia dengan Kemenkes

INDUSTRY co.idJakarta, Sebagai langkah nyata untuk memerangi COVID-19, Grab Indonesia dan Good Doctor Technology Indonesia (GDTI) menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan Kementerian Kesehatan untuk menghadirkan layanan khusus pemeriksaan (screening) awal COVID-19 melalui tanya jawab online (telekonsultasi) di platform GrabHealth powered by Good Doctor. 

“Sejak awal, bahkan sebelum wabah COVID-19 terkonfirmasi positif di Indonesia, kami telah menjalin komunikasi intensif dengan badan pemerintah terkait sebagai upaya antisipasi dini dan memastikan kami memiliki sumber daya yang dibutuhkan oleh konsumen kami, maupun masyarakat luas. Grab melalui GrabHealth powered by Good Doctor akan terus bekerja erat dengan lembaga pemerintah terkait, untuk meminimalisir penyebaran COVID-19," ujar Neneng Goenadi, Managing Director Grab Indonesia di Jakarta Senin (23/3).

Sementara itu, drg. Oscar Primadi, MPH Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengatakan layanan tanya jawab online langsung dengan mitra dokter 24/7 serta bebas biaya yang diberikan GrabHealth powered by Good Doctor akan menjadi langkah pemeriksaan awal yang penting untuk mengidentifikasi risiko COVID-19 pada masyarakat. 

"Sehingga masyarakat tidak perlu panik dan kemudian memenuhi faskes seperti puskesmas atau rumah sakit yang justru bisa menambah risiko terpapar dengan COVID-19," ucap drg. Oscar Primadi. 

Ia juga mengajak masyarakat untuk memanfaatkan smartphone mereka dan mengakses layanan konsultasi dengan dokter secara online dari rumah.

"Semua mitra dokter Good Doctor mendapatkan bekal secara langsung dengan satu pedoman konsultasi yang terstruktur, bekal rekomendasi medis yang akurat, dan berbagai informasi terkini mengenai wabah COVID-19 dari Kementerian Kesehatan untuk memastikan kualitas layanan yang baik, andal dan akurat," pungkasnya. 

Adapun, GrabHealth powered by Good Doctor akan melayani sesi konsultasi terkait screening COVID19 untuk semua pengguna Grab sebagai pemeriksaan awal untuk mengetahui potensi risiko infeksi COVID-19 mulai dari kontak erat risiko rendah, sedang dan tinggi. 

Apabila mitra dokter menemukan adanya indikasi pengguna dengan kemungkinan risiko rendah atau sedang, maka mitra dokter dapat menganjurkan pengguna untuk melakukan isolasi diri sendiri. 

Namun, apabila mitra dokter menemukan adanya indikasi pengguna dengan kemungkinan risiko tinggi, maka mitra dokter dapat merekomendasikan pengguna yang bersangkutan untuk 2 melakukan pemeriksaan di rumah sakit yang memiliki kemampuan penanganan COVID-19. 

Layanan GrabHealth powered by Good Doctor ini dapat diakses oleh para pengguna Grab di Jabodetabek, Bandung, Cirebon, Sukabumi, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya,Malang, Sidoarjo, Bali (Denpasar), Medan, Palembang, Balikpapan, Samarinda, Makassar dan Manado.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank DKI (Foto Ist)

Kamis, 09 April 2020 - 04:02 WIB

Warga DKI Jakarta Diajak Berdonasi Melalui Bank DKI Peduli Dukung Penanganan Covid-19

Dalam rangka penanganan penyebaran Covid-19, Bank DKI mengajak seluruh masyarakat khususnya warga DKI Jakarta untuk berpartisipasi dengan menyalurkan bantuan melalui program Bank DKI Peduli…

Prajurit Yonmarhalan III Pertisipasi Sumbangkan Darah

Kamis, 09 April 2020 - 03:30 WIB

Prajurit Yonmarhalan III Pertisipasi Sumbangkan Darah

Membantu penambahan stok darah untuk kebutuhan transfusi darah / bantuan kemanusiaan prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) III dengan seluruh unsur Markas Komando Pangkalan…

Netflix

Kamis, 09 April 2020 - 01:50 WIB

Netflix Berikan Banyak Pilihan untuk Orang Tua Kontrol Tayangan untuk Anak-anak

Salah satu keunggulan layanan video on demand adalah kamu bisa menentukan sendiri pilihan tayangan yang tepat bagi hiburan kamu dan keluarga. Itulah sebabnya, Netflix berinvestasi dalam konten…

Industri Teknologi INTEL

Kamis, 09 April 2020 - 00:35 WIB

Intel Commits $50 Million with Pandemic Response Technology Initiative to Combat Coronavirus

Intel is pledging an additional $50 million in a pandemic response technology initiative to combat the coronavirus through accelerating access to technology at the point of patient care, speeding…

Irfan Seriaputra Dirut Garuda Indonesia (foto Cekaja.com)

Rabu, 08 April 2020 - 23:03 WIB

Garuda Indonesia Berikan Layanan Priority Access Bagi Tenaga Medis

Maskapai nasional Garuda Indonesia berikan layanan priority access bagi tenaga medis Indonesia yang akan bertugas dengan menggunakan layanan penerbangan Garuda Indonesia. Penyediaan layanan…