PT Semen Jawa- PT Tambang Semen Dukung Pembangunan Berkelanjutan di Lima Desa di Sukabumi

Oleh : Herry Barus | Kamis, 19 Maret 2020 - 15:22 WIB

SCG Semen
SCG Semen

INDUSTRY.co.id - Sukabumi– SCG, melalui anak perusahaannya PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi, memperoleh piagam apresiasi dalam acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) atas kontribusinya terhadap pembangunan desa-desa di Kabupaten Sukabumi.

Adapun desa tersebut yakni Desa Sinaresmi, Kebonmanggu, Wangunreja, Tanjungsari, dan Sukamaju. Program Pemberdayaan masyarakat di lima desa tersebut diselenggarakan berdasarkan pada prinsip pembangunan berkelanjutan yang merupakan nilai utama SCG dalam menjalankan bisnisnya.

Kolaborasi antara SCG dan Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi ini juga bertujuan untuk mendukung penyelesaian masalah sosial yang meliputi lima aspek yaitu infrastruktur, kesehatan, pendidikan, ekonomi produktif, agama, serta budaya; dan untuk mendorong masyarakat Sukabumi untuk memiliki kualitas hidup yang lebih baik.

Somchai Dumrongsil, Presiden Direktur PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi, Raabu (18/3/2020) mengatakan sangat senang bisa berkolaborasi dengan pemerintah setempat, dan mengimplementasikan Program Pemberdayaan Masyarakat tahun 2019 untuk 5 desa di Kabupaten Sukabumi.

"Apresiasi yang diberikan ini menjadi sebuah motivasi bagi kami untuk dapat terus meningkatkan kualitas hidup masyarakat dimana kami beroperasi, sekaligus mendukung pemerintah kabupaten Sukabumi dalam mencapai tujuan pembangunan masyarakat yang berkelanjutan," ujarnya. 

Dalam pelaksanaannya, program pemberdayaan masyarakat SCG di Kabupaten Sukabumi terintegrasi dengan rencana pemerintah di lima desa yang telah dikembangkan bersama antara pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi, kepala desa, dan tokoh masyarakat yang telah ditandatangani pada 30 November 2018 di Sukabumi.

Kesepakatan ini merupakan bukti komitmen SCG dalam menaati peraturan dan nilai-nilai yang berlaku di masyarakat dimana kami beroperasi.

“Saat ini kami tengah berfokus pada peningkatan sumber daya manusia (SDM) dan infrastruktur bagi masyarakat Sukabumi. Oleh sebab itu, kami sangat mengapresiasi antusiasme SCG dalam berkolaborasi untuk mewujudkan Program Pemberdayaan Masyarakat, yang tentunya akan memberikan dampak dan akselerasi terhadap pembangunan ekonomi dan sosial di masyarakat,” jelas Dr. Maman Abdurahman, M.Pd., Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah

Adapun program-program yang dikembangkan oleh PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi bersama masyarakat antara lain program ekonomi kreatif: Keripik Pisang Kartini, Beasiswa untuk 465 siswa siswi SD dan SMP, Beasiswa SCG Sharing The Dream untuk 150 siswa tingkat SMA dan sederajat serta 4 mahasiswa tingkat sarjana, Klinik Keliling, dan berbagai pembangunan infrastruktur.

Program-program tersebut merupakan wujud nyata komitmen SCG terhadap pemberdayaan masyarakat dan penegakkan prinsip berkelanjutan, akuntabilitas, partisipasi pemangku kepentingan, transparansi, dan kemitraan. PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi juga berkomitmen untuk dapat terus berkontribusi pada tahun 2020 untuk mendukung Sukabumi yang lebih baik.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Aksi puluhan Bintara Pembina Desa (Babinsa) di RSUD Bajawa ini mendapatkan respon positif dari netizen/ foto: maumerenews.com

Kamis, 24 September 2020 - 08:27 WIB

Prajurit TNI yang Murah Hati! Anggota Kodim 1625 Ngada Flores, Kumpulkan Uang Demi Tebus Pasien yang Tidak Mampu Bayar Rumah Sakit

BAJAWA-Puluhan Bintara Pembina Desa (Babinsa) di RSUD Bajawa mengumpulkan uang secara sukarela dan spontan untuk menebus biaya rumah sakit dari seorang bayi asal Kabupaten Manggarai yang orangtuanya…

Jalan Akses Pelabuhan Patimban

Kamis, 24 September 2020 - 08:26 WIB

Sudah 98,3 Persen, Jalan Akses Pelabuhan Patimban Sepanjang 8,2 Km Akan Rampung Akhir Oktober 2020

Jalan akses ini merupakan wujud nyata dari kerja sama bilateral Indonesia-Jepang dengan skema pinjaman senilai Rp. 1.2 Triliun.

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menyerahkan simbolis kartu kepesertaan BPJAMSOSTEK kepada perwakilan petani, didampingi oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandou, Direktur Utama BPJAMSOSTEK Agus Susanto, Anggota Dewan Pengawas BPJAMSOSTEK Rekson Silaban, Kepala Kantor BPJAMSOSTEK Cabang Manado Hendrayanto, dan Kadisnakerprov Sulawesi Utara Erni Tumundo

Kamis, 24 September 2020 - 08:15 WIB

Luar Biasa, Pemprov Sulut dan BPJAMSOSTEK Kembali Bukukan Rekor MURI

Dikenal sebagai negara agraris, Indonesia memiliki lahan pertanian yang tersebar hampir di seluruh wilayah termasuk di Provinsi Sulawesi Utara. Banyak masyarakat yang menggantungkan hidupnya…

Anggota Komisi VI DPR RI - Abdul Hakim Bafagih (Photo by Jaka/Man)

Kamis, 24 September 2020 - 08:15 WIB

DPR Dorong BKPM Tarik Investasi Aplikasi Zoom dan Tiktok

Politisi Fraksi Partai Amanat Nasional ini lantas meminta agar pada Tahun Anggaran 2021 mendatang, BKPM mampu menarik investasi aplikasi seperti Zoom dan Tiktok.

RECOFTC mendampingi masyarakat Desa Pattaneteang, Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan, dalam kegiatan pengembangan usaha kopi pasca izin hutan desa. Pendampingan tersebut membuka akses masyarakat untuk mengelola hasil hutan secara mandiri dan berkelanjutan.

Kamis, 24 September 2020 - 07:47 WIB

Konflik Lahan Meningkat! Pegiat Resolusi Konflik Dorong Sinergi Multisektor Sebagai Kunci Penanganan Konflik Lahan Saat Pandemi

Jakarta- Data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK) mencatat peningkatan tajam jumlah pengaduan konflik lahan di tahun 2020, sehingga akumulasi kasus dari 2015…