PT Semen Jawa- PT Tambang Semen Dukung Pembangunan Berkelanjutan di Lima Desa di Sukabumi

Oleh : Herry Barus | Kamis, 19 Maret 2020 - 15:22 WIB

SCG Semen
SCG Semen

INDUSTRY.co.id - Sukabumi– SCG, melalui anak perusahaannya PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi, memperoleh piagam apresiasi dalam acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) atas kontribusinya terhadap pembangunan desa-desa di Kabupaten Sukabumi.

Adapun desa tersebut yakni Desa Sinaresmi, Kebonmanggu, Wangunreja, Tanjungsari, dan Sukamaju. Program Pemberdayaan masyarakat di lima desa tersebut diselenggarakan berdasarkan pada prinsip pembangunan berkelanjutan yang merupakan nilai utama SCG dalam menjalankan bisnisnya.

Kolaborasi antara SCG dan Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi ini juga bertujuan untuk mendukung penyelesaian masalah sosial yang meliputi lima aspek yaitu infrastruktur, kesehatan, pendidikan, ekonomi produktif, agama, serta budaya; dan untuk mendorong masyarakat Sukabumi untuk memiliki kualitas hidup yang lebih baik.

Somchai Dumrongsil, Presiden Direktur PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi, Raabu (18/3/2020) mengatakan sangat senang bisa berkolaborasi dengan pemerintah setempat, dan mengimplementasikan Program Pemberdayaan Masyarakat tahun 2019 untuk 5 desa di Kabupaten Sukabumi.

"Apresiasi yang diberikan ini menjadi sebuah motivasi bagi kami untuk dapat terus meningkatkan kualitas hidup masyarakat dimana kami beroperasi, sekaligus mendukung pemerintah kabupaten Sukabumi dalam mencapai tujuan pembangunan masyarakat yang berkelanjutan," ujarnya. 

Dalam pelaksanaannya, program pemberdayaan masyarakat SCG di Kabupaten Sukabumi terintegrasi dengan rencana pemerintah di lima desa yang telah dikembangkan bersama antara pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi, kepala desa, dan tokoh masyarakat yang telah ditandatangani pada 30 November 2018 di Sukabumi.

Kesepakatan ini merupakan bukti komitmen SCG dalam menaati peraturan dan nilai-nilai yang berlaku di masyarakat dimana kami beroperasi.

“Saat ini kami tengah berfokus pada peningkatan sumber daya manusia (SDM) dan infrastruktur bagi masyarakat Sukabumi. Oleh sebab itu, kami sangat mengapresiasi antusiasme SCG dalam berkolaborasi untuk mewujudkan Program Pemberdayaan Masyarakat, yang tentunya akan memberikan dampak dan akselerasi terhadap pembangunan ekonomi dan sosial di masyarakat,” jelas Dr. Maman Abdurahman, M.Pd., Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah

Adapun program-program yang dikembangkan oleh PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi bersama masyarakat antara lain program ekonomi kreatif: Keripik Pisang Kartini, Beasiswa untuk 465 siswa siswi SD dan SMP, Beasiswa SCG Sharing The Dream untuk 150 siswa tingkat SMA dan sederajat serta 4 mahasiswa tingkat sarjana, Klinik Keliling, dan berbagai pembangunan infrastruktur.

Program-program tersebut merupakan wujud nyata komitmen SCG terhadap pemberdayaan masyarakat dan penegakkan prinsip berkelanjutan, akuntabilitas, partisipasi pemangku kepentingan, transparansi, dan kemitraan. PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi juga berkomitmen untuk dapat terus berkontribusi pada tahun 2020 untuk mendukung Sukabumi yang lebih baik.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman

Sabtu, 21 Mei 2022 - 03:27 WIB

KASAD Resmikan Yon Arhanud 9AWJ dan Yon Armed 20/155 GS/BY

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman S.E., M.M., meresmikan dua satuan baru di wilayah Kodam IX/Udayana, yaitu Batalyon Artileri Pertahanan Udara 9/Angkasa Widya…

Presiden Jokowi

Sabtu, 21 Mei 2022 - 03:13 WIB

Presiden Jokowi Terima Majelis Rakyat Papua dan Papua Barat di Istana Bogor

Presiden Joko Widodo menerima Majelis Rakyat Papua (MRP) dan Majelis Rakyat Papua Barat di Istana Kepresidenan Bogor, pada Jumat, 20 Mei 2022. Bupati Jayapura Mathius Awoitauw yang mewakili…

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia

Jumat, 20 Mei 2022 - 19:00 WIB

Menteri Bahlil Tegaskan Indonesia Tak Akan Ekspor EBT ke Negara Manapun

Terkait dengan Energi Baru Terbarukan (EBT), Bahlil menjelaskan bahwa Indonesia belum akan melakukan ekspor EBT ke negara manapun. Menurutnya, pemerintah Indonesia akan fokus terlebih dahulu…

Pameran lukisan bertajuk Wanderlust Indonesia

Jumat, 20 Mei 2022 - 18:35 WIB

Sambut G20 & Dukung Ekonomi Kreatif, KEK Morotai Gelar Pameran Lukisan Bertajuk "Wanderlust Indonesia"

Menyambut G20 yang diadakan di Indonesia pada bulan November 2022 sekaligus memperingati Hari Kebangkitan Nasional pada 20 Mei 2022 dan mendukung ekonomi kreatif, salah satu anak usaha PT Jababeka…

Glamshine Kosmetik Luncurkan Produk Terbaru Aqua Beads

Jumat, 20 Mei 2022 - 18:10 WIB

Glamshine Kosmetik Luncurkan Produk Terbaru Aqua Beads

Glamshine kosmetik resmi mengeluarkan produk terbaru dengan nama Aqua Beads yang akan di luncurkan pada tanggal 20 Mei, 2022 di Chakra venue & lounge, The Breeze Bumi Serpong Damai (BSD) Kota…