Kementan Giat Kendalikan Wereng Batang Coklat

Oleh : Wiyanto | Minggu, 15 Maret 2020 - 07:39 WIB

Edukasi pengendalian wereng batang coklat
Edukasi pengendalian wereng batang coklat

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Antisipasi meluasnya serangan Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) Wereng Batang Coklat (WBC), Kementan giat lakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Gerakan Pengendalian (Gerdal).

Gerdal WBC dilakukan untuk menekan meluasnya serangan hama ini, serangan hama ini dipicu karena varietas yang ditanam merupakan varietas yang rentan dan penggunaan jenis pestisida yang tidak direkomendasikan untuk pengendalian WBC papar Enie Kepala Balai Besar Peramalan OPT di Jatisari saat menyampaikan arahan kepada para petani sebelum melakukan Gerdal di Desa Tegal Sari Kecamatan Ampel Gading Kabupaten Pemalang.

Enie mengharapkan setelah pelaksanaan Gerdal dilakukan evaluasi. “Saya harap dilakukan evaluasi setelah pelaksanaan aplikasi pestisida 3 hari kedepan," ungkap Enie di Jakarta, Minggu (15/3/2020).

Dalam kesempatan tersebut Enie meminta untuk musim selanjutnya petani menerapkan budidaya tanaman sehat dengan pendampingan petugas dilapangan.

Ditempat yang sama Ikhsan POPT Balai Besar Peramalan OPT menyampaikan dalam aplikasi pestisida harus mengacu 6T, yaitu tepat sasaran, tepat jenis, tepat mutu, tepat dosis dan konsentrasi, tepat waktu aplikasi dan tepat cara.

“Jenis pestisida yang direkomendasikan untuk pengendalian WBC salah satunya yang berbahan aktif buprofezin” seru Ikhsan kepada para petani.

Burhan Kepala LPHP Pemalang mengatakan untuk serangan WBC di wilayah ini seluas 68 ha dan sedang dilakukan upaya pengendaliannya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…

Adi Nugroho, Praktisi HRD, Mahasiswa Magister Fakultas Management Technology President University.

Kamis, 25 April 2024 - 19:40 WIB

Anda Lulusan SMK : Penting Untuk Memiliki Strategi 'Memasarkan' Diri

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa manusia pada era industry 4.0. Perkembangan tersebut membawa perubahan disetiap lini kehidupan termasuk di ranah Pendidikan dan industri.…

Diskusi bertajuk Tuntutan Implementasi Bisnis Properti & Pembiayaan Hijau (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 19:33 WIB

Kian Prospektif, Stakeholder Harap Insentif Properti Hijau

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya mendorong konsep bisnis berkelanjutan di sektor properti termasuk sektor pembiayaannya.