Industri Fesyen Jadi Salah Satu Andalan Produk Kreatif di Pasar Global

Oleh : Nata Kesuma | Sabtu, 14 Maret 2020 - 21:00 WIB

Industri Fesyen tanah air
Industri Fesyen tanah air

INDUSTRY co.idJakarta, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio mendorong pelaku ekonomi kreatif, khususnya di subsektor fesyen, untuk bisa mengambil peluang dengan maksimal di pasar global.

Wishnutama Kusubandio dalam beberapa kesempatan di Jakarta mengatakan, dari 17 subsektor ekonomi kreatif pemerintah telah menempatkan fesyen, kuliner, dan kriya sebagai sektor unggulan dalam mendulang devisa.

"Fesyen sendiri akan terus didorong karena terbukti menjadi salah satu produk ekonomi kreatif andalan Indonesia yang telah menembus pasar global," kata Wishnutama.

Merilis data Kemenperin sepanjang Januari hingga Oktober 2019 menunjukkan industri tekstil dan pakaian menyumbang 10,84 miliar dolar AS atau Rp 148 triliun. Secara spesifik Wishnutama kemudian menyebut peluang di industri fesyen muslim.

“Indonesia masuk dalam 3 besar dunia sebagai negara pengekspor produk fesyen muslim dunia, setelah Turki dan Uni Emirat Arab (UAE)," kata Wishnutama.

Adapun dilihat dari data State of the Global Islamic Economy Report pada 2019 menyebutkan konsumsi fesyen muslim dunia mencapai 270 miliar dolar AS. 

Di tahun 2022 diproyeksikan meningkat menjadi 373 Miliar dolar AS. Hal tersebut menunjukkan bahwa industri fesyen nasional memiliki peluang besar di pasar internasional dan harus dioptimalkan.

"Untuk itu diharapkan para pelaku ekonomi kreatif di subsektor fesyen ini memahami sepenuhnya ekosistem yang ada sehingga dapat menciptakan peluang-peluang baru serta keseimbangan antara pemain lokal dan asing di pasar tanah air," pungkas Wishnutama. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kerjasama Pegadaian dan Salimah

Rabu, 15 Juli 2020 - 16:13 WIB

Pegadaian Gandeng Salimah Genjot Pemberdayaan UMKM dan Koperasi

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman yang dilakukan oleh Direktur Jaringan Operasi dan Penjualan, Damar Latri Setiawan, dengan Ketua Umum Salimah, Etty Praktiknyowati.…

impor produk industri tekstil

Rabu, 15 Juli 2020 - 16:10 WIB

Hancur Lebur Disiksa Impor, Asosiasi Tekstil Desak Pemerintah Bereskan Praktik Impor Ilegal

Industri tekstil dan produk tekstil nasional kembali protes dalam masa pemulihan pandemic COVID-19. Pasalnya kinerja industri saat ini masih jauh dari tahap menuju normal akibat pasar dalam…

Metrodata (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 15 Juli 2020 - 16:00 WIB

MII Raih Penghargaan Indonesia 2020 Microsoft Partner of the Year

PT Mitra Integrasi Informatika (“MII”), anak perusahaan PT Metrodata Electronics Tbk (“MTDL”) untuk unit bisnis Solusi, baru saja memenangkan penghargaan tertinggi dari Microsoft sebagai…

Kawasan Army Dock dan Monumen Trikora Sebagai Wisata Sejarah di KSPN Morotai Terus Ditata

Rabu, 15 Juli 2020 - 15:45 WIB

Kawasan Army Dock dan Monumen Trikora Sebagai Wisata Sejarah di KSPN Morotai Terus Ditata

Memasuki tatanan normal baru, Pemerintah fokus pada dua hal yakni percepatan penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional. Untuk mendukung pemulihan ekonomi, khususnya di sektor pariwisata,…

Dukungan Bank bjb untuk Tim Gugus Tugas Lawan COVID-19

Rabu, 15 Juli 2020 - 15:15 WIB

Bank bjb Serahkan Bantuan Mobil Operasional untuk Tim Gugus Tugas Lawan COVID-19

Dukungan dan bantuan dari berbagai pihak atau pentaheliks mutlak diperlukan guna mempercepat penanganan. Untuk itu, Gugus Tugas Nasional menyambut baik berbagai pihak yang ingin mendukung upaya…