WALI Band Tingkatkan Industri Musik Nasional

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 14 Maret 2020 - 12:15 WIB

WALI Band Tingkatkan Industri Musik Nasional
WALI Band Tingkatkan Industri Musik Nasional

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Ditengah grup band menahan diri untuk membuat album dengan berbagai alasan, Wali band terus berkarya. Meski harus berjibaku selama 4 tahun untuk menyelesaikan album anyar nya yang diberi judul Wali 20.20.yang memiliki makna 20 tahun Wali berkarya dan di rilis tahun 2020. Sebagian besar lagu di album ini sudah dirilis mulai tahun 2016 

"Album ini kita buat untuk menjawab kerinduan fans kami, yang sudah lama menunggu album wali," ujar Fa'ang ketika bincang dengan awak media di Kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara Kamis (12/3/2020).

Kalau selama ini Wali selalu menampilkan tembang nuansa religi yang dibungkus dengan nuansa riang. Kini Wali Band mencoba menyajikan nuansa patah hati yang dibalut musik bercorak melayu dengan nada riang lewat single terbarunya 'Sakit Tak Berdarah' yang berkolaborasi dengan pedangdut Fitri Carlina.

Lagu ini menjadi satu dari tiga lagu terbaru Wali yang ada di album Wali Band 2020 besutan label Nagaswara bekerjasama dengan Jagonya Musik dan Sport Indonesia (JMSI) dan KFC Indonesia.

Tembang yang diciptakan Apoy, sang gitaris,  menggambarkan tentang kekecewaan seseorang terhadap pasangannya karena dikhianati dengan notasi melodi khas Wali yang beberaps bagiannya sangat akrab di telinga. Di beberapa part lagu ini, terutama di bagian bridging, ada notasi-notasi yang akrab dibawakan Fitri Karlina.

"Rasa sakit itu kemudian dikonotasikan menjadi ungkapan 'sakit yang tidak berdarah'. Musiknya sengaja dibuat riang biar nggak jadi melow banget," jelas Apoy.

Apoy mengaku, banyak yang mengalami apa yang dituangkan dalam lirik lagu ini.

Fitri Karlina, teman duet Wali di lagu ini pun tak segan mengakui jika ia pernah mengalami rasa 'sakit tak berdarah'.

"Jujur syair Sakit Tak Berdarak, gw banget Saking emosional menyanyikannya, pas lagi take vokal, aku sampai nangis," ungkap pedangdut asal Banyuwangi ini.

Steve Lillywhite, CEO JMSI pun mengakui jika lagu-lagu Wali merepresentasikan kondisi musik Indonesia.

"Rasa Kekeluargaan Wali band, sangat kekeluargaan, saya terkesan saat pertama kali datang ke basecamp mereka. Ini yang jarang dimiliki band lain," kata Steve.

CD Wali Band 2020 yang juga sebagai pertanda 20 tahun Wali Band berkarir di industri musik Indonesia.

Baru kali ini dalam sejarah, Wali band featuring dengan penyanyi lain. Dari sekian penyanyi dangdut yang ada, Wali menjatuhkan pilihannya kepada pedangdut Fitri Carlina. Wali dan Fitri berkolaborasi lewat single “Sakit Tak Berdarah” ciptaan Apoy

Single “Sakit Tak Berdarah” ini menceritakan rasa sakit seorang wanita yang telah dibuat luka oleh pasangannya. Meski rasa sakit yang dirasakan ini tidak mengeluarkan darah sedikitpun, perasaan itu sangatlah menyiksa. Lewat single ini, baik Wali atau Fitri Carlina berharap dapat memberikan sesuatu yang berbada di tengah dunia musik tanah air.

Di album ini, Wali juga mengaransemen ulang lagu “TOMAT” (Tobat Maksiat). Lagu ini dibuat dengan aransemen baru yang lebih berwarna karena ada unsur musik tradisional seperti tanjidor, terompet dan musik lainnya sebagai ciri khas musik      Wali. Lagu ini dirilis tahun 2012 dan masuk di album “Wali 3 in 1”. Lagu ini juga menjadi soundtrack sinetron Wali di bulan Ramadhan tahun ini di salah satu tv swasta nasional  berjudul “Amanah Wali 4”. 

Album Wali 20.20 ini berisi 12 lagu dan ada 2 lagu lama yang diaransemen ulang yaitu “Tomat” dan “Indonesia Juara” (Ost Sea Games 2019). Dan ada 2 lagu baru lagi yang belum dirilis yaitu “Serpihan Hatiku” dan “Cinta Di Ujung Nafas”.

Berikut list lagu di album Wali 20.20 berisi 12 lagu sbb; “Lamar Aku”, “Sakit Tak Berdarah”, “Matanyo”, “TakKan Pisah”, “Wasiat Sang Kekasih”, “Bocah Ngapa Yak”, “Serpihan Hatiku”, “Kuy Hijrah”, “Cinta Di Ujung Nafas”, “Indonesia Juara” ( Sea Games Version), “Salam 5 Waktu”, dan “TOMAT” (New Version). Di album ini semua lagu merupakan karya cipta Apoy Wali. 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…

Tupperware luncurkan 3 Produk Baru, One Touch Fresh Rectangular, Supersonic Chopper Tall dan Black Series.

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:47 WIB

Tupperware Luncurkan 3 Produk Baru Untuk Meriahkan Ramadan

Sebagai Premium Housewares Solutions nomor 1 di Indonesia, Tupperware kembali menghadirkan produk terbaru untuk menemani keluarga Indonesia menyambut Ramadan di tahun ini.