Inspirasi Sang Sutradara Di balik Kisah Nyata Film Onward

Oleh : Nata Kesuma | Jumat, 13 Maret 2020 - 13:31 WIB

Sutradara film onward
Sutradara film onward

INDUSTRY.co.id - Selama lebih dari dua dekade, Disney dan Pixar telah menghadirkan deretan film animasi berkualitas yang menampilkan berbagai karakter ikonik dengan visual yang menakjubkan. 

Selain kreativitas dan inovasinya, Disney dan Pixar juga dikenal dengan kisah-kisah menyentuh yang kerap terinspirasi dari keseharian banyak orang. 

Termasuk film ke-22 yang baru saja dirilis ‘Onward’ sebuah film yang terinspirasi dari kisah nyata mengharukan sang sutradara, Dan Scanlon.  

Sebagai salah satu tim kreatif veteran di Pixar, Dan Scanlon yang sebelumnya terlibat dalam pembuatan film animasi ‘Monsters University’ terinspirasi untuk menghadirkan sebuah film animasi berdasarkan kisah personalnya bersama sang kakak setelah kehilangan ayah mereka sejak kecil. 

Ayah Scanlon meninggal pada tahun 1977, saat usianya belum genap satu tahun. Baik Dan maupun kakaknya, tidak mengenal sosok ayah mereka. 

Keduanya berusaha untuk mencari tahu sosok ayah mereka dengan mengumpulkan informasi-informasi dari foto, cerita, maupun rekaman-rekaman yang mereka miliki.  

Dirilis pada 4 Maret 2020, Disney and Pixar’s ‘Onward’ bercerita tentang petualangan seru sekaligus mengharukan dua kakak beradik, Barley (disuarakan oleh Chris Pratt) dan Ian Lightfoot (disuarakan oleh Tom Holland), dalam mencari sisa-sisa keajaiban di dunia untuk bertemu dengan ayah mereka yang telah meninggal. 

Tanpa disangka, perjalanan keduanya yang dipenuhi oleh berbagai kejadian unik dan diakhiri dengan momen emosional tak terduga berhasil mencuri hati para penggemar, menjadikan Disney dan Pixar’s ‘Onward’ film terlaris di minggu pertama pemutarannya. 

Film ini juga menjadi salah satu film karya Dan Scanlon yang paling personal karena di dalamnya terdapat momen-momen serta elemen emosional yang terinspirasi dari kisah pribadinya sendiri.

Rekaman Suara Sang Ayah

Salah satu momen paling menyentuh dalam film Disney and Pixar’s ‘Onward’ terjadi saat Ian Lightfoot memutar kaset rekaman suara sang ayah dan membuat percakapan dengan rekaman tersebut. 

Momen ini terinspirasi dari pengalaman Scanlon dan sang kakak. Saat kecil, keduanya seakan menemukan keajaiban ketika mereka menemukan kaset rekaman suara ayah mereka. 

Dalam rekaman tersebut, sang ayah hanya mengucapkan dua kata, “hi” dan “bye”. 

Namun, pengalaman tersebut adalah momen berharga bagi Scanlon karena melalui rekaman itulah Scanlon dapat mendengar suara sang ayah untuk pertama kalinya.

Sosok Ibu Inspiratif

Disney and Pixar’s ‘Onward’ menyimpan pesan tentang bagaimana seseorang dapat menghargai apa yang mereka miliki sebelum akhirnya harus kehilangan, tanpa harus tenggelam dalam kesedihan. 

Hal ini merupakan salah satu pelajaran paling berharga yang selalu diingat Scanlon dari ibunya. Karakter ibu Ian dan Barley dalam film ‘Onward’ Laurel (yang disuarakan oleh Julia Louis-Dreyfus) terinspirasi dari sosok ibu Scanlon. 

Seperti karakter Laurel, sang ibu selalu mengajarkan Scanlon dan sang kakak untuk menjadi sosok yang kuat dan menghargai apapun yang mereka miliki, daripada terlarut dalam duka. 

“Ibuku melakukannya dengan luar biasa. Kita semua tahu, ia juga merasa sedih. Namun, saya sangat bangga padanya karena di tengah kesedihannya, ia tetap berusaha untuk selalu tegar dan membesarkan kami berdua dengan sangat baik,” cerita Dan Scanlon. 

Film Disney and Pixar's 'Onward' Menjadi Persembahan Spesial bagi Dan Scanlon

Walaupun demikian, Scanlon merasa ada ruang hampa dalam dirinya – dan film ini sedikit membantu dirinya untuk mengisi ruang kosong tentang sang ayah yang tidak pernah ia ketahui. 

Scanlon memilih untuk tidak banyak membahas kondisi ayahnya saat meninggal, ia merasa bagian itu masih terlalu menyakitkan. 

Menurut Scanlon, kenangannya saat membuat film Disney and Pixar’s ‘Onward’ ini justru menjadi sebuah momen spesial yang emosional untuk ia dan ayahnya.

Disutradarai oleh Dan Scanlon dengan Kori Rae sebagai produser, Disney and Pixar’s ‘Onward’ dibintangi oleh deretan aktor dan aktris papan atas seperti Chris Pratt, Tom Holland, Julia Louis-Dreyfus, Octavia Spencer dan Ali Wong. Disney and Pixar’s ‘Onward’ telah tayang diseluruh bioskop Indonesia mulai tanggal 4 Maret 2020.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.

Girl grup Arize rilis single keempat, Say Yes.

Sabtu, 20 April 2024 - 08:10 WIB

Formasi Baru, Girl Grup Arize Percaya Diri Rilis Single Say Yes

Dalam single Say Yes, girl grup Arize tampil dalam formasi baru. Berempat dengan beberapa diantaranya wajah baru yang memiliki kemampuan saling melengkapi.

Sabtu, 20 April 2024 - 07:24 WIB

Leet Media Luncurkan “Pertamina Renjana Cita Srikandi” yang disupport oleh Pertamina, Siap Dukung Pemberdayaan Perempuan

Dalam rangka mendorong pemberdayaan perempuan Indonesia, Leet Media dengan bangga mempersembahkan Pertamina Renjana Cita Srikandi, yang akan dilaksanakan pada tanggal 17-19 Mei 2024 di Senayan…

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Sabtu, 20 April 2024 - 06:12 WIB

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, "Ramela - Cultural Taste of Indonesia". Restoran ini akan menjadi…

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Sabtu, 20 April 2024 - 05:12 WIB

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Menjelang acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Asisten Logistik Komandan Korps Marinir (Aslog Dankormar) dilaksanakan memorandum Serah Terima Jabatan dari pejabat lama Kolonel Marinir Tri Subandiyana,…