Ritase Ekspansi ke Moda Transportasi Laut

Oleh : Wiyanto | Jumat, 13 Maret 2020 - 09:49 WIB

Ritase rambah jalur laut
Ritase rambah jalur laut

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Ritase sebagai usaha rintisan (startup) platform layanan logistik berbasis aplikasi melirik, transportasi laut karena berperan penting dalam pengangkutan orang maupun barang.

Kini melebarkan sayap ke sektor transportasi laut melalui RitSea. RitSea adalah platform logistik berbasis digital yang bergerak di bidang pengiriman barang melalui moda transportasi laut. Ritase menilai pasar dan permintaan moda transportasi laut sudah cukup matang dan siap ditransformasi dengan sentuhan teknologi digital.

Selama ini kedua stakeholder di dalam bisnis transportasi laut menghadapi sejumlah masalah. Bagi para pengirim (shipper), mereka direpotkan dengan keharusan menyelesaikan berbagai tahapan secara manual, mulai dari penyortiran, menghubungi pengangkut dan memantau pengiriman via telepon, tidak adanya kejelasan titik berangkat (port of loading) dan juga jadwal shipment. Mereka juga masih harus menyusun laporan secara manual.

Sementara, di sisi pengangkut (transporter), mereka berkutat dengan rute yang tidak efisien, pencatatan order booking yang rumit, serta banyaknya broker yang membuat harga menjadi tidak kompetitif. RitSea sebagai solusi mempertemukan kebutuhan dan memecahkan masalah dari kedua stakeholder tersebut.

“Konsumen mendapatkan harga yang transparan dan bisa booking sesuai schedule kapal secara online. Kami juga mengembangkan solusi sehingga konsumen mendapatkan jadwal shipping secara realtime. Ini sangat memudahkan konsumen,” ujar Iman Kusnadi, CEO/Founder, Ritase di Jakarta, Jumat (13/3/2020).

Iman lebih lanjut menjelaskan, pengirim (shipper) akan memiliki akses dashboard sehingga dapat memantau pengemudi dan muatan, serta memonitor booking dan shipment dalam satu layar yang mudah dan praktis. Sementara, bagi para transporter, mereka akan mudah menerima order melalui sistem, dapat memantau pengemudi dan muatan secara online selama 24 jam, serta pembayaran yang mudah dan cepat melalui e-wallet. Konsumen cukup masuk ke situs ritase.com untuk booking.

Ritase adalah platform teknologi sebagai solusi yang mempertemukan stakeholder yang membutuhkan pengiriman (shipper) dan para vendor (transporter). Di dalam platform tersebut terdiri dari layanan perangkat lunak (Software as a Service/SaaS), marketplace yang meningkatkan utilisasi truk terutama dengan fitur multipickup-multidropoff, supply chain financing yang membantu cashflow para transporter, serta e-commerce untuk pembelian seperti: ban, oli, spare part, dan lainnya.

Saat ini, RitSea telah terkoneksi dengan pelayaran besar nasional untuk memastikan pelayanan yang prima.

RitSea adalah bagian dari solusi transportasi multimoda Ritase yang memadukan angkutan kereta untuk jalur darat, pesawat untuk jalur udara, dan pelayaran untuk jalur air. Melalui solusi multimoda, aplikasi akan mencari kombinasi angkutan yang tercepat dan termurah melalui sistem sehingga konsumen punya pilihan yang sesuai dengan kebutuhannya.

RitSea adalah platform ketujuh dari solusi logistik yang dibangun oleh Ritase. Sebelumnya, perusahaan rintisan ini telah menyediakan Ritase TMS (Transport Management System), Ritase Enterprise, Ritase Supply Chain Financing (SCF), Ritshop untuk pembelian bersama spare part dan kebutuhan pendukung, Rit2Go yang mendukung pengiriman untuk UKM, dan Ritase Pay. Dengan diluncurkannya RitSea, menurut Iman, Ritase telah mencakup semua aspek first mile dalam logistik.

“Sebentar lagi kami akan menjadi super-app di bidang logistik. Saya bangga dan berterima kasih atas kerja keras teman-teman semua,” tutup Iman.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ricco Survival Yubaidi, S.H., M.Kn., Ph.D. Notaris, PPAT, Dosen Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia

Rabu, 19 Juni 2024 - 08:05 WIB

PT Perorangan: Solusi Praktis untuk Percepatan Usaha di Indonesia

Dalam ekosistem bisnis di Indonesia, ada dua bentuk perseroan yang diakui secara hukum: Perseroan Perorangan (PTP) dan Perseroan Terbatas (PT). Masing-masing bentuk perseroan ini memiliki karakteristik…

MoU Binawan dengan Susie Care di Belanda.

Selasa, 18 Juni 2024 - 21:55 WIB

Binawan Siap Tempatkan Perawat Indonesia Bekerja di Fasilitas Milik Pemerintahan Belanda

Impian perawat Indonesia untuk bisa bekerja di benua Eropa, khususnya Belanda, kini terwujud lewat kerjasama yang terjalin antara Binawan Group dengan Susie Care.

Penyediaan dan penyaluran livestock (sapi hidup) untuk menjaga pasokan dna memenuhi permintaan selama HBKN.

Selasa, 18 Juni 2024 - 16:06 WIB

Potong Ratusan Hewan Kurban, ID FOOD Dorong Peningkatan Konsumsi Protein Hewani Masyarakat

Jakarta - Memperingati Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 M, Holding BUMN Pangan ID FOOD melaksanakan penyaluran dan pemotongan ratusan hewan kurban di sejumlah provinsi. Selain untuk memaknai…

Fortune Mengumumkan 500 Perusahaan Terbesar di Asia Tenggara

Selasa, 18 Juni 2024 - 15:48 WIB

Fortune Mengumumkan 500 Perusahaan Terbesar di Asia Tenggara

Fortune meluncurkan peringkat 500 Perusahaan Terbesar di Asia Tenggara atau disebut Fortune Southeast Asia 500 untuk tahun 2024, daftar pertama perusahaan-perusahaan terbesar di kawasan ini,…

Beam Mobility, perusahaan mobilitas mikro terbesar di Asia Pasifik

Selasa, 18 Juni 2024 - 15:00 WIB

Beam Mobility, perusahaan mobilitas mikro terbesar di Asia Pasifik

Beam Mobility, perusahaan mobilitas mikro terbesar di Asia Pasifik, meluncurkan inovasi terbarunya, fasilitas Call Center untuk memberikan kenyamanan bagi penggunanya. Fasilitas Call Centre…