Strategi Pembangunan Perumahan Jadi Kunci Penggerak Ekonomi

Oleh : Ridwan | Senin, 27 Maret 2017 - 19:01 WIB

Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati (Bloomberg/Getty Images)
Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati (Bloomberg/Getty Images)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa saat ini terdapat 18 juta kesempatan kerja yang tercipta di perkotaan.

Peluang atau kesempatan kerja inilah yang membuat orang tidak ragu untuk pergi ke kota. Maka, tidak heran jika Indonesia menjadi negara pertumbuhan populasi urbanisasi ke kotanya cukup tinggi.

"Lapangan pekerjaan di kota sangatlah penting, sehingga kebutuhan di perkotaan menjadi sangat penting," ungkap Sri Mulyani di Jakarta (27/3/2017).

Salah satu poin yang sangat penting bagi kualitas kesejahteraan masyarakat yang adil dan sejahtera itu adalah kemampuan dari urban area untuk menciptakan perumahan yang baik dan layak. Saat ini, pemukiman dan perumahan yang layak menjadi suatu kebutuhan yang mendesak di tengah pertumbuhan populasi penduduk.

"Di Indonesia saat ini sangat butuh jumlah rumah yang banyak, itu karena proses urbanisasi dan populasi di perkotaan meningkat cukup tinggi dan menjadi motor penggerak ekonomi," terangnya.

Pembangunan perumahan di era saat ini, memiliki keterkaitan dan muiltiplier effect yang besar. Di mana, dampaknya tidak hanya menggerakkan satu sektor ekonomi.

"Jika suatu ekonomi ingin membuat domestik source of growth-nya sustain dan sehat serta cukup tinggi disertai daya beli, maka sebetulnya startegi pembangunan perumahan menjadi sangat penting," tutup Sri Mulyani.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Groundbreaking PT Sunra Asia Pacific Hitech

Minggu, 05 Mei 2024 - 11:50 WIB

PT Sunra Asia Pacific Hitech Mulai Bangun Pabrik Perakitan Motor Listrik di Kawasan Industri Kendal

Sunra Asia Pacific Hitech merupakan subsidiary dari Jiangsu Xinri yang bergerak dalam pengembangan dan juga produksi transportasi ramah lingkungan. Pada tahun 2023 mulai mengembangkan ekspansinya…

PT Maxindo Karya Anugerah Lakukan Groundbreaking Pabrik ke-3 di Kawasan Industri Kendal

Minggu, 05 Mei 2024 - 11:37 WIB

PT Maxindo Karya Anugerah Lakukan Groundbreaking Pabrik ke-3 di Kawasan Industri Kendal

PT Maxindo Karya Anugerah melakukan groundbreaking plant 3 di Kawasan Industri Kendal yang dilaksanakan pada Kamis (2/5/2024). Konstruksi tahap 1 seluas 1.2 Ha mulai dilakukan di bulan Mei 2024…

Bank DKI bantu difabel

Minggu, 05 Mei 2024 - 10:59 WIB

Bank DKI Resmikan Kebun Hidroponik dan Serahkan Bantuan Pendidikan Bagi Penyandang Cerebral Palsy

Bank DKI secara konsisten menunjukkan komitmennya dalam mendukung tujuan pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals melalui perwujudan 2 program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan…

AAJI bersama anggotanya menanam mangrove di PIK

Minggu, 05 Mei 2024 - 06:04 WIB

AAJI Tanam 2000 Bibit Mangrove dan Berikan Literasi Keuangan Pada Kelompok Nelayan

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) bersama dengan 27 perusahaan anggotanya menunjukkan komitmennya terhadap kelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan “AAJI Peduli…

Pelatihan membaca nyaring di Kota Padang.

Sabtu, 04 Mei 2024 - 22:56 WIB

Sejumlah Guru, Pegiat Literasi Hingga Orang Tua Ikuti Pembekalan Membaca Nyaring di Kota Padang

Pelatihan membaca nyaring di Kota Padang terbagi ke dalam tiga kelas, yaitu kelas orang tua, kelas guru dan kelas pustakawan/pegiat literasi.