REI Ungkapkan Keterbatasan Lahan Jadi Tantangan Pengembang

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 27 Maret 2017 - 15:55 WIB

Terrakon Property Garap Kawasan Perumahan di Sunrise Area Palembang
Terrakon Property Garap Kawasan Perumahan di Sunrise Area Palembang

INDUSTRY.co.id, Jakarta -Ketua Dewan Pengurus Daerah Real Estate Indonesia (REI) Provinsi Jambi, Miftah mengatakan pengembangan properti perumahan saat ini lebih mengarah ke daerah luar kota karena keterbatasan lahan di perkotaan yang semakin sempit.

"Lahan yang terbatas menjadi tantangan bagi pengembang perumahan sehingga inisiasi khusunya yang diperuntukan perumahan subsidi saat ini lebih banyak di luar kota," kata Miftah di Jambi, dalam keterangan persnya, kemarin.

Selain lahan yang terbatas di wilayah perkotaan, harga jual tanah yang terus merangkak naik juga menjadikan para pengembang perumahan memilih kawasan di luar kota.

"Saat ini lebih mengarah ke kawasan seperti di daerah Mendalo dan Muarojambi, tapi yang aksesnya tidak jauh dari Kota Jambi," katanya.

Pengembangan perumahan yang lebih mengarah ke luar kota tersebut menurutnya, juga sebagai upaya memecah kepadatan penduduk yang terpusat di wilayah perkotaan.

Selain itu pihaknya berharap kepada pemerintah daerah di Jambi agar memberikan kemudahan terhadap regulasi pengembangan perumahan sesuai dengan PP Nomor 64 Tahun 2016 Tentang Pembangunan Perumahan Masyarakat Berpenghasilan Rendah.

"Kami berharap pemerintah daerah di Jambi menerapkan itu, misalnya di Jambi ini yang perlu diterapkan adalah izin lokasi dihapuskan untuk luas lahan di bawah lima ribu hekatre, dan juga izin IMB dipermudah," katanya menjelaskan.

DPD REI pada tahun 2017 ini siap membangun sebanyak 5.000 unit rumah di sejumlah kawasan daerah itu. Dari jumlah tersebut nantinya akan lebih didominasi pembangunan rumah subsidi melalui program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Brand skincare Kharities Beauty milik Rey Utami berhasil masuk dalam skincare kualitas terbaik versi Indonesia Quality Observer.

Senin, 06 Mei 2024 - 15:48 WIB

Ini 5 Skincare Kualitas Terbaik Berdasarkan Hasil Riset Indonesia Quality Observer

Berdasarkan hasil penelitian dan riset Indonesia Quality Observer terhadap produk-produk skincare yang beredar di Indonesia dengan mengacu pada kualitas produk, didapat 5 brand skincare terbaik.

Juru Bicara Kemenperin, Febri Hendri Antoni Arif (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 06 Mei 2024 - 15:39 WIB

Kemenperin Bongkar Kasus SPK 'Bodong' Senilai Rp80 Miliar di Direktorat IKFH

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berhasil membongkar kasus Surat Perintah Kerja (SPK) fiktif di Direktorat Industri Kimia Hilir dan Farmasi (Direktorat IKFH) Tahun Anggaran 2023.

Cashew Milk produk lokal

Senin, 06 Mei 2024 - 14:33 WIB

Kebaikan Rasa Bumi Indonesia dari Arummi Cashew Milk

Arummi merupakan brand pionir produk susu plant-based lokal berbahan dasar kacang mede atau cashew. Arummi Cashew Milk menghadirkan kebaikan rasa bumi Indonesia dari bahan kacang mede berkualitas,…

Praktisi hukum Dr.Siprianus Edi Hardum, S.IP, S.H.,M.H.

Senin, 06 Mei 2024 - 14:15 WIB

Polisi Didesak Tangkap Provokator Penyerangan terhadap Mahasiswa yang Sedang Berdoa di Serpong

Jakarta – Kapolda Metro Jaya didesak perintahkan anak buahnya agar segera menangkap provokator dan pelaku penyerangan terhadap para mahasiswa Katolik yang sedang menjalankan doa Rosario di…

Press Conference Indonesia Upstream Oil & Gas SCM Summit 2024

Senin, 06 Mei 2024 - 13:53 WIB

Perkuat Manajemen Rantai Pasok, SKK Migas Gelar Indonesia Upstream Oil & Gas SCM Summit 2024

Dalam rangka mencapai visi produksi 1 juta barel minyak per hari dan 12 miliar standar kaki kubik gas per hari pada tahun 2030, SKK Migas kembali menggelar Indonesia Upstream Oil & Gas SCM Summit…