4.000 Petani Sawit di Seruyan Perlu Miliki Sertifikat ISPO-RSPO

Oleh : Herry Barus | Senin, 27 Maret 2017 - 11:17 WIB

Ilustrasi perkebunan sawit. (Foto: IST)
Ilustrasi perkebunan sawit. (Foto: IST)

INDUSTRY.co.id - Kuala Pembuang- Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah bekerjasama dengan Institut Penelitian Inovasi Bumi (INOBU) telah mendata 4.000 petani kelapa sawit swadaya yang ada di kabupaten tersebut.

"Sedangkan luas lahan kebun sawit swadaya yang berhasil terdata sekitar 8.000 hektar," kata Direktur Pelaksana INOBU Joko Arif di Kuala Pembuang, Senin (27/3/2017)

Ia mengatakan, jumlah petani dan lahan kelapa sawit yang telah terdata tersebut merupakan 86 persen dari seluruh petani kelapa sawit swadaya yang ada di "Bumi Gawi Hatantiring".

"Dan kita menargetkan, pada pertengahan 2017 ini seluruh petani sawit swadaya di Seruyan sudah bisa dipetakan," katanya.

Ia menjelaskan, pendataan yang dilakukan sejak 2016 lalu itu merupakan langkah awal dalam proses pendaftaran budidaya untuk mendapatkan Sertifikat Tanda Daftar Budidaya (STDB) dan Surat Pernyataan Kesanggupan Pengelolaan dan Pemantauan Lingkungan Hidup (SPPL) bagi petani sawit swadaya.

Adapun STDB dan SPPL merupakan merupakan persyaratan untuk mendapatkan sertifikasi keberlanjutan seperti sertifikasi Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO) dan Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) sehingga dapat disetarakan dengan perusahaan perkebunan kelapa sawit.

"Mudah-mudahan dengan selesainya pendataan, maka diharapkan pada 2019-2020 sudah mulai ada petani sawit di Seruyan yang tersertifikasi," katanya.

Sementara, Bupati Seruyan Sudarsono mengatakan, pengelolaan perkebunan sawit yang dilakukan petani tradisional di Seruyan tidak jauh berbeda dengan yang dikelola perusahaan perkebunan sawit, dan petani lokal juga mampu memproduksi tandan buah segar (TBS) sawit dengan kwalitas sama seperti yang dihasilkan perusahaan.

"Hal yang berbeda hanya dari sisi legalitasnya saja," katanya seperti dilansir Antara.

Menurutnya, yang perlu dilakukan tinggal mendorong agar petani mendapatkan ISPO dan RSPO sehingga mendapatkan pengakuan dari negara dan internasional.

"Kami yakin dalam satu atau dua tahun ke depan sudah ada sebagian petani yang memiliki sertifikat ISPO dan RSPO, dan dengan mengantongi sertifikat ISPO dan RSPO maka petani sawit kami bisa disejajarkan dengan perusahaan perkebunan sawit," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pendampingan Teknologi Bagi IKM Alas Kaki

Kamis, 02 Mei 2024 - 10:18 WIB

Kemenperin Pacu Pengembangan IKM Alas Kaki Lewat Pendampingan Teknologi

Industri alas kaki nasional, khususnya skala kecil dan menengah, semakin tumbuh dan berkembang. Ini terlihat dari bermunculannya berbagai jenama (brand) lokal yang memiliki kualitas dan desain…

Ilustrasi pembiayaan BNI ke PLTB Sidrap

Kamis, 02 Mei 2024 - 10:18 WIB

BNI Danai Akuisisi PLTB Sidrap oleh Barito Group

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI menunjukkan komitmennya dalam mendukung transisi energi hijau dengan mendanai akuisisi Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sidrap berkapasitas…

Dok MSIG Life Insurance

Kamis, 02 Mei 2024 - 09:56 WIB

Masuki Usia ke-39, MSIG Life Perkuat Komitmen Sebagai Mitra Kepercayaan Nasabah Lewat Budaya Kerja Baru

PT MSIG Life Insurance Indonesia Tbk (MSIG Life) atau yang sebelumnya dikenal dengan Sinarmas MSIG Life, saat ini menapaki usia ke-39 dan merayakan tahun pertamanya sebagai MSIG Life.

Bertemu KSAD, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Alutsista dan Kesejahteraan Prajurit

Kamis, 02 Mei 2024 - 09:43 WIB

Bertemu KSAD, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Alutsista dan Kesejahteraan Prajurit

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mendorong Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk senantiasa meremajakan dan memodernisasi alat utama sistem senjata (Alutsista)…

Pakar komunikasi digital dan pengamat media sosial, Anthony Leong

Kamis, 02 Mei 2024 - 09:14 WIB

PEDAS: Tidak Ada Parpol Pengusung Tunggal Cagub Jakarta

Direktur PoliEco Digital Insights Institute (PEDAS), Anthony Leong mengatakan bahwa tidak ada partai politik yang mengusung sendiri Calon Gubernur (Cagub) Jakarta 2024. Anthony yang juga Wakil…