Inilah Flike Store, Pelopor Batik Moderen yang Didukung oleh Hotman Paris

Oleh : Hariyanto | Rabu, 04 Maret 2020 - 15:08 WIB

Hotman Paris menunjukan produk Flike Store
Hotman Paris menunjukan produk Flike Store

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Batik kerap dipandang sebagai pakaian kuno yang hanya cocok dikenakan para orang tua, serta identik dengan suasana formal dan kaku. Namun, dibawah tangan dingin seorang pengusaha muda, Michael Wirawan, batik menjadi pakaian yang modern, dapat digunakan sehari-hari dan cocok bagi para millennials. 

Dengan mengusung brand Flike Store, Michael telah berhasil mengantongi omset milyaran rupiah setiap bulannya. Kualitas dan harganya yang terjangkau, membuat Flike Store cepat mendapatkan sambutan positif dari masyarakat. 

Sederetan artis tanah air pun, telah mengenakan Flike Store, seperti Gisella Anastasia, Chelsea Olivia, Shandy Aulia, Samuel Rizal, Jessica Iskandar, Ayu Tingting, Natasha Wilona, hingga pengacara kondang, Hotman Paris.

“Sudah lama sekali saya tidak menggunakan batik, tapi untuk Flike Store, saya mau, karena motif dan kualitasnya bukan kaleng- kaleng,” ujar Hotman Paris, Rabu (4/3/2020).

Cuttingan yang slim fit untuk kemeja pria, hingga bikini batik pertama di Indonesia, makin memposisikan Batik Flike Store sebagai batik yang berbeda dari brand-brand batik lainnya. Selain memiliki keunikan dari segi model baju, Flike Store pun berhasil mencuri perhatian masyarakat, dengan campaignnya di social media #flikestoresquad yang berjalan selama satu tahun.

Melalui campaign ini, Michael memberikan edukasi tentang berbagai informasi terkait batik Indonesia. Michael memiliki kekhawatiran terhadap negara asing yang kerap kali ingin meng-claim “batik” sebagai baju daerahnya.

Dengan misi budaya ini, Michael berhasil menghimpun 200 influencer untuk turut berpartisipasi bersuara dalam campaign ini. Bisnis yang berdiri sejak Maret 2015 ini, ternyata sempat mengalami hambatan. 

Diakui Michael, pada saat ia menggaet para artis untuk bekerjasama, ia mengira hal ini akan memberikan feedback yang positif terhadap bisnisnya. Namun setelah semua uang tabungannya habis, keuntungan yang diharapkan pun, tidak didapat.

Di titik inilah, Michael hampir putus asa dan ingin menutup Flike Store. Untungnya, orang tua Michael memberikan support yang sangat positif, hingga membuat Michael kembali bangkit memperjuangkan Flike Store hingga ke titik hari ini. Michael berharap, kedepannya bisa melakukan ekspansi bisnisnya hingga ke luar negeri. Sehingga semakin banyak orang mengetahui budaya Indonesia melalui batik Flike Store.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gubernur Anies Baswedan

Kamis, 24 September 2020 - 18:05 WIB

Sah! Anies Resmi Perpanjang PSBB Jakarta Hingga 11 Oktober 2020

Pemprov DKI Jakarta mantap memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta hingga 11 Oktober 2020, mengingat jumlah kasus positif Covid-19 masih menanjak.

Dua Bulan Lagi Kompetisi Liga 1 dan 2 Kembali Berlangsung

Kamis, 24 September 2020 - 18:00 WIB

IPW Beda Pendapat dengan Ketum PSSI Terkait Penyelenggaraan Liga 1 dan 2

Polri diimbau agar tidak memberi ijin pelaksanaan pertandingan sepakbola Liga 1 dan 2. Sebab pandemi Covid 19 saat ini makin menyalak, sehingga dikhawatirkan akan menimbulkan banyaknya klaster…

PT Taspen (Persero)

Kamis, 24 September 2020 - 17:54 WIB

Taspen Buka 21 Lowongan Kerja Untuk Lulusan SLTA Hingga S2, Ini Posisi yang Ditawarkan

Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia yang bergerak di bidang asuransi Tabungan Hari Tua (THT) dan dana pensiun bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pejabat negara, PT Taspen (Persero)…

Presiden Joko Widodo

Kamis, 24 September 2020 - 17:45 WIB

Lagi-lagi Jokowi Semprot Sejumlah Menterinya, Ada Apa?

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta para menterinya tidak membuat program masing-masing. Ia mengatakan, program harus dibuat berintegritas antara kementerian satu dengan kementerian lainnya.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 24 September 2020 - 17:30 WIB

Cegah Kluster Industri, Menperin Agus Minta Asosiasi dan Penggelola KI Pantau Aktivitas Pekerja di Luar Pabrik

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita meminta kepada asosiasi dan pelaku industri serta pengelola kawasan industri (KI) untuk terus menerapkan protokol kesehatan di lingkungan kerjanya…