NusantEro Big Band Padukan Musisi Lintas Generasi

Oleh : Herry Barus | Jumat, 28 Februari 2020 - 13:00 WIB

NusantEro Big Band Padukan Musisi Lintas Generasi
NusantEro Big Band Padukan Musisi Lintas Generasi

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Mengaransir lagu karya komposer masa lalu dalam nuansa kekinian mungkin sudah umum terjadi. Namun jika lagu-lagu dari berbagai daerah di negara Eropa dan Indonesia disajikan dalam nuansa yang mudah untuk dinikmati, siapapun yang mendengarkannya tidak hanya terhibur, namun juga terhanyut dalam narasi dan emosi dari keharmonisan berbagai lantunan musik tersebut.

 Hal itulah yang dihasilkan melalui NusantEro Big Band, yang dibentuk oleh Uni Eropa dan negara-negara anggotanya. NusantEro merupakan kolaborasi 24 musisi jazz ternama dari Indonesia dan Eropa yang mempersembahkan karya memukau dari sejumlah komposer ternama, baik yang berasal dari Indonesia (Gesang, Ismail Marzuki dan Maladi ) maupun Eropa seperti karya Nino Rota (Italia), J.S. Bach (Jerman), Toots Thielemans (Belgia), Krzysztof Komeda (Polandia), Charles Trenet (Perancis), Jens Winther (Denmark) dan lain sebagainya.

 Deretan lagu-lagu yang akrab di telinga masyarakat Indonesia seperti Bengawan Solo, Als de orchideen bloien (Bunga Anggrek) dan Di Bawah Sinar Rembulan siap menghibur Anda. Selain itu musik klasik seperti Minuet in G dikemas ulang dengan aransemen melodis dan lirik dalam berbagai Bahasa oleh Nita Aartsen. Ada pula La mer  yang lebih dikenal sebagai lagu standar jazz ‘Beyond the Sea’, dinyanyikan dalam Bahasa Prancis oleh trio akapela dari Indonesia ; Arief Dharma, Zaky Tifano dan Yohanes Raka.

Sebagai lagu daerah asal Betawi 'Jali-Jali'  dibawakan dengan sangat meriah dan penuh kejutan lewat pelopor gamelan mulut asal Bali, Made Wardhana. Lagu folklore ’Dear old Stockholm' yang sudah dikenal lewat aransemen musisi jazz Amerika seperti Miles Davis dan John Coltrane, juga dibawakan di panggung untuk merepresentasikan negara asal lagu tersebut, Swedia.

Kekayaan perpaduan tersebut merupakan perwujudan dari semboyan yang sama antara 'Bhinneka Tunggal Ika' dari Indonesia dan 'Unity in Diversity' dari Uni Eropa. Untuk itu NusantEro juga menghadirkan musisi lintas generasi. Generasi muda direpresentasikan oleh gitaris Brandon Julio,  pemain harmonika Rega Dauna dan vokalis asal Indonesia; Yohanes Raka & Zaky Tifano. Sementara untuk generasi tua (kelahiran tahun 60-an) diwakili oleh Danilo Moccia peniup trombon asal Switzerland,  vokalis Belanda Alexander dan Gerard Kleijn pemain trompet yang juga berasal dari Belanda).

Keterwakilan lintas generasi dan keragaman karya serta negara asal musisi ini merupakan upaya Uni Eropa untuk misi diplomasi budaya melalui jalur musik sehingga dapat diterima oleh semua generasi.

Selanjutnya NusantEro Big Band akan tampil kembali di Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2020, Jakarta International Expo Kemayoran pada :

Jumat, 28 Februari 2020, Hall D2, 18:30 - 19:30 WIB

Sabtu, 29 Februari 2020, Hall D1, 17:00 - 18:00 WIB

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

3xtra Ordinary Meet and greet sinetron Buku Harian Seorang Istri yang berlangsung secara virtual

Sabtu, 23 Januari 2021 - 20:52 WIB

Meriah 3xtraOrdinary Meet and Greet 'Buku Harian Seorang Istri'

Perpaduan antara teknologi dan situasi pandemi telah merubah kebiasaan dalam hal meet and greet atau biasa disebut jumpa penggemar. Hal inilah yang dilakukan oleh para pemain sinetron “Buku…

SEMARAK HUT KE-71, BTN GELAR LOMBA KARYA TULIS DAN FOTO JURNALISTIK

Sabtu, 23 Januari 2021 - 20:17 WIB

Gelar Lomba Karya Tulis dan Foto Jurnalistik, BTN Siapkan Hadiah Total Sebesar Rp171 Juta

Jakarta-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. memproyeksikan sektor properti akan menunjukkan kebangkitan pada 2021.

Menteri BUMN Erick Thohir

Sabtu, 23 Januari 2021 - 19:15 WIB

Terpilih Jadi Ketua Umum MES, Erick Thohir: Ini Amanah

Penetapan Erick sebagai Ketua Umum MES yang baru melalui keputusan 11 (sebelas) orang tim formatur yang dibentuk saat Munas berlangsung.

Foto Kolase Sandiaga Uno di Infinite Studio Batam dan Animator

Sabtu, 23 Januari 2021 - 18:45 WIB

Studio Animasi Perfilman di Batam Bikin Menteri Sandi Geleng-geleng: Kerenn, Tak Kalah Dari Hollywood...

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno mengungkapkan bahwa Indonesia memiliki studio animasi dan perfilman yang tak kalah dengan yang ada di Hollywood Amerika Serikat.…

Erick Thohir Jamin Vaksin Covid-19 Asli dan Aman

Sabtu, 23 Januari 2021 - 18:24 WIB

Jamin Vaksin yang Dikirim ke Pelosok Negeri Asli, Erick Thohir: Bismillah, Semua Ada Barcodenya...

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menegaskan vaksin Covid-19 yang dikirim dari kantor Bio Farma di Bandung dalam kondisi asli dan terjaga kualitasnya. "Dimasing-masing vaksin…