MAI Foundation Mulai Bertransformasi Lewat Layanan Zakat Berbasis Digital

Oleh : Hariyanto | Rabu, 26 Februari 2020 - 16:27 WIB

MAI Foundation Mulai Bertransformasi Lewat Layanan Zakat Berbasis Digital
MAI Foundation Mulai Bertransformasi Lewat Layanan Zakat Berbasis Digital

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Era revolusi industri 4.0 telah melahirkan berbagai tantangan dan pencapaian yang ditorehkan dalam perjalanan MAI Foundation untuk mengimplementasikan strategi yang menitik beratkan pada pengembangan layanan yang berbasis pada teknologi sensor, interkoneksi, dan analisa data yang mampu mengintegrasikan seluruh tekhnologi tersebut kedalam industri Zakat.

Dalam Public Expose 2020 yang mengusung tema “Sustainable Transformation for Philanthropy in Era 4.0” MAI Foundation melakukan strategi ‘Kemudahan Berzakat’. Strategi tersebut menitikberatkan kepada pemangku kepentingan (muzakki) agar mendapatkan layanan kemudahan dalam menunaikan zakat atau berdonasi dalam program-program MAI Foundation.

Selain itu, Strategi ini juga menjadi upaya dalam meningkatkan kepercayaan Muzakki yang telah menyalurkan dana ZISWAF-nya bisa langsung memonitor segala kegiatan Penyaluran MAI Foundation melalui media sosial dan Website MAI Foundation agar tetap sustain.

"Aspek Teknologi Digital kami mulai mentransformasikan Berzakat di Era Digitalisasi secara perlahan, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mengembangkan Layanan Zakat berbasis digital, dengan menghadirkan aplikasi Mandiri Online, Scanning Barcode, LinkAja, dan Landingpage/Crowdfunding dengan berbasis Website," kata Tedi Nurhikmat, Ketua MAI Foundation, dalam acara Paparan Public (Public Expose) yang bertempat di Rumah Makan Batik Kuring, SCBD, Jakarta Selatan, Rabu, (26/2/2020).

Tahun 2020 merupakan tahun keenam berdirinya MAI Foundation. Dimana, di tahun ke enam ini strategi Layanan Zakat berbasis digital telah di implementasikan secara perlahan dalam penghimpuna MAI Foundation. Berdasarkan indikator CAGR (Compound Annual Growth Rate) peningkatan penghimpunan pertahun MAI Foundation kurang lebih sebesar 23,58%.

Pada tahun 2019 mengalami peningkatan sebesar 4% dari tahun sebelumnya. Untuk donasi reguler (donasi ZISWAF yang disalurkan melalui pemotongan rekening langsung/Standing Instructions) tercatat selama tahun 2018 sampai dengan 2019 mengalami peningkatan sebesar 12%.

Selain peningkatan penghimpunan, pada tahun 2019 pendistribusian dan pendayagunaan MAI Foundation juga mengalami peningkatan sebesar 5%. Adapun untuk jumlah penerima manfaat dari program yang dimiliki oleh MAI Foundation mencapai 178.429 jiwa dengan jumlah sebaran sebanyak 31% di wilayah Jabodetabek, sedangkan lainnya berada di luar Jabodetabek dan luar negeri (Hong Kong, Myanmar, Malaysia).

Bukti sikap konsisten MAI Foundation dalam upaya pengembangan layananan kemudahan berzakat, pada tahun 2020 MAI Foundation telah berhasil mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2015.

Sertifikasi tersebut merupakan standar internasional untuk meningkatkan kualitas pelayanan, memberikan pelayanan secara konsisten, disiplin, berkualitas tinggi, serta tata kelola lembaga yang lebih baik lagi, seperti halnya Visi MAI Foundation sebagai lembaga Zakat yang modern, terpercaya, rahmatan lil ‘alamin.

“Kami meyakini, pengembangan teknologi untuk kemudahan berzakat menjadi peluang bagi MAI Foundation untuk mendorong program-program fundraising dan Landing agar mampu menjangkau semua elemen. Oleh karena itu, jika semua program dapat terlaksana dan didukung oleh banyak pihak termasuk lembaga zakat seperti MAI Foundation, maka tujuan memakmurkan dunia khususnya Indonesia akan tercapai,” ungkap Agus Dwi Handaya, Pembina MAI Foundation.

Selain aspek pengembangan teknologi kemudahan berzakat, pada public expose 2020 MAI Foundation juga resmi meluncurkan Sustainability Report (SR) Tahun 2019. Serta, serah terima Sustainability Report (SR) Tahun 2019 MAI Foundation kepada pemangku kepentingan diterima oleh Imam Nur Aziz dari Badan Wakaf Indonesia mewakili pemerintah, Rahmat Syukri (Direktur Keuangan InHealt) mewakili donatur, dan Edih mewakili penerima manfaat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…

Viya Arsa Wireja Head of Communication Panasonic Gobel Indonesia bersama terdampak Gempa Cianjur

Sabtu, 27 April 2024 - 06:36 WIB

Hadirkan Solusi Bagi Masyarakat Terdampak Gempa, Panasonic GOBEL Donasikan Ratusan Solar Lantern

PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kembali merealisasikan program globalnya untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan, perkembangan dan kesejahteraan masyarakat melalui operasional bisnisnya…

RUPS-LB Transpower

Sabtu, 27 April 2024 - 06:13 WIB

PT Trans Power Marine Bagikan Dividen 63 Persen

Selama tahun 2023, kondisi perekonomian global masih menghadapi tekanan yang cukup signifikan, dihadapkan oleh tingginya tingkat inflasi dan era suku bunga tinggi, yang menyebabkan ketidakpastian…

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…