Moduit Dukung Industri Keuangan Digital

Oleh : Herry Barus | Rabu, 26 Februari 2020 - 15:00 WIB

Moduit Dukung Industri Keuangan Digital
Moduit Dukung Industri Keuangan Digital

INDUSTRY.co.id - Bandung-Indonesia – Moduit, platform investasi reksa dana daring yang terintegrasi, hari ini kembali meluncurkan tambahan fitur aplikasi yang khusus dikembangkan untuk para penasihat keuangan, Moduit Advisor. Hal ini dilakukan bersamaan dengan peresmian kantor pendukung teknologi informasi (TI) Moduit di Bandung.

 CEO dan Founder Moduit, Jeffry Lomanto, menjelaskan, “Moduit berkomitmen untuk memudahkan nasabah melakukan investasi sesuai dengan tujuan dan anggaran mereka. Melihat adanya peluang bermitra dengan para penasihat keuangan independen bersertifikasi, kami telah mengembangkan fitur aplikasi Moduit Advisor yang dapat membantu pekerjaan mereka dalam menangani pengelolaan investasi klien mereka. Hal ini sejalan dengan fokus bisnis kami memasuki tahun ke dua.”

 Saat ini, menurut data PT Kustodian Sentral Efek Indonesia, pada akhir tahun 2019 terdapat 2,47 juta investor, naik secara signifikan dari 1,61 juta pada 2018. Sementara itu, dari data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), terjadi penurunan jumlah tenaga profesional penasihat keuangan berlisensi dari 37.464 pada 2018 menjadi 33.557 pada 2019. Hal ini menunjukkan pertumbuhan yang tidak seimbang antara investor dan penasihat keuangan berlisensi untuk prospek yang sangat potensial.   

 Aplikasi Moduit Advisor, yang kini sudah dapat diunduh di Google Play dan App Store, memang dibuat bagi para penasihat keuangan independen bersertifikasi yang telah menjadi mitra Moduit. Zanira Hanifah, salah satu penasihat keuangan independen bersertifikasi dan mitra Moduit mengatakan, “Sebagai penasihat keuangan bersertifikasi, menjadi mitra Moduit memudahkan saya untuk dapat mengatur waktu kerja dengan fleksibel. Aplikasi ini juga memungkinkan saya untuk memantau perkembangan reksa dana dan kinerja Manajer Investasi dengan akurat, serta memberikan saran dan nasehat bagi klien-klien saya. Mereka pun dapat dengan mudah melihat perkembangan investasi mereka melalui aplikasi ini.”

 Judy  Febryano, selaku Ketua FPAI mengatakan, “Perencanaan keuangan merupakan salah satu upaya untuk memaksimalkan kondisi finansial ditengah situasi ekonomi yang terus berubah. Moduit memberikan opsi solusi berinvestasi bagi nasabah yang membutuhkan penasihat keuangan dalam melakukan investasi mereka. Tentunya aplikasi yang baru diluncurkan ini sangat mendukung kegiatan kami.”

 Peluncuran aplikasi Moduit Advisor di Bandung diselenggarakan bersamaan dengan peresmian kantor pendukung TI Moduit. Jeffry menambahkan, “Kenyamanan dan keamanan dalam menggunakan aplikasi Moduit sangat kami utamakan. Sebagai platform digital, kami sangat memperhatikan keamanan sistem yang kami gunakan, sehingga terus kami perbarui. Kami banyak memiliki talent TI di sini, itu sebabnya kami membuka kantor pendukung di Bandung. Selain itu, kantor ini juga dapat difungsikan sebagai tempat pertemuan antara nasabah dengan para penasihat keuangan Moduit, seraya terus memperkenalkan aplikasi Moduit kepada masyarakat Bandung.”

 Acara ini juga diisi dengan talkshow singkat  yang mengangkat topik “Investasi 2020: Konvensional atau Online?”, dengan menghadirkan  Ketua Financial Planner Association Indonesia (FPAI), Judy Febryano, Zanira Hanifah dan B. Kurnianto, keduanya mitra penasihat keuangan Moduit serta Stefanus Adi Utomo, Chief Marketing Officer Moduit.

Dalam talkshow yang membahas lebih lanjut mengenai pengetahuan, pemahaman dan tren mengenai investasi, profesi penasihat keuangan, dan pentingnya perencanaan keuangan, para pembicara sepakat bahwa platform investasi digital dapat menjembatani kebutuhan berinvestasi masyarakat. Mereka juga sepakat bahwa platform ini memberikan opsi bagi masyarakat, apakah akan berinvestasi langsung atau menggunakan jasa penasihat keuangan. 

 Moduit telah memiliki dua lisensi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yakni sebagai agen perantara efek reksa dana dan penasehat investasi. Selain itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) juga telah memberikan lisensi sebagai penyelenggara sistem elektronik (PSE). Untuk mendukung pengembangan bisnis selanjutnya, Moduit yang didirikan pada 2018, tengah mencari mitra pendanaan Seri A, baik dari dalam maupun luar negeri.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Selasa, 22 Juni 2021 - 09:13 WIB

PerLKPP Baru Diterbitkan, Menteri Basuki : Pengadaan Barang dan Jasa Harus Kompetitif, Transparan, dan Akuntabel

Menteri PUPR Basuki mengatakan bahwa pada prinsipnya pengadaan barang dan jasa ini harus kompetitif, transparan, dan akuntabel karena Indonesia mempunyai ribuan penyedia jasa baik besar maupun…

Gelombang digitalisasi mendorong banyak pelaku UMKM untuk memperluas pasarnya

Selasa, 22 Juni 2021 - 09:00 WIB

Pemanfaatan Digital Skills dengan Benar Selamatkan Bisnis di Masa Pandemi

Masa pandemi Covid-19 yang telah berlangsung setahun lebih yang berdampak pada bisnis dan perekonomian, serta dalam pemanfaatan digital ternyata mampu untuk membuat pelaku usaha dan UMKM bisa…

Sawah yang menguning siap panen

Selasa, 22 Juni 2021 - 08:46 WIB

Apresiasi Pakar Pangan UB Untuk Indonesia Sebagai Anggota Dewan FAO

Pakar ketahanan pangan dari Universitas Brawijaya (UB) Malang, Dr Sujarwo menyampaikan selamat sekaligus apresiasi setinggi-tingginya atas terpilihnya Indonesia sebagai Anggota Dewan FAO yang…

Ilustrasi Berinternet (Ist)

Selasa, 22 Juni 2021 - 08:15 WIB

Pengguna Internet Makin Meningkat, Ini Cara untuk Melindungi Data Pribadi

Menurut data yang dihimpun Social-Hootsuite pada Januari 2021 menunjukan pengguna internet di Indonesia tumbuh 15,5 persen atau sebesar 27 juta orang selama pandemi. Sementara pengguna media…

Desa Wisata Denai Lama, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Dok: Kemenparekraf)

Selasa, 22 Juni 2021 - 08:00 WIB

Sandiaga Berharap Desa Wisata jadi Lokomotif Perkembangan Ekonomi di Indonesia

Dalam Webinar Desa Wisata – Desa Kreatif Sumatera Selatan, yang diikuti oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan…