Moduit Dukung Industri Keuangan Digital

Oleh : Herry Barus | Rabu, 26 Februari 2020 - 15:00 WIB

Moduit Dukung Industri Keuangan Digital
Moduit Dukung Industri Keuangan Digital

INDUSTRY.co.id - Bandung-Indonesia – Moduit, platform investasi reksa dana daring yang terintegrasi, hari ini kembali meluncurkan tambahan fitur aplikasi yang khusus dikembangkan untuk para penasihat keuangan, Moduit Advisor. Hal ini dilakukan bersamaan dengan peresmian kantor pendukung teknologi informasi (TI) Moduit di Bandung.

 CEO dan Founder Moduit, Jeffry Lomanto, menjelaskan, “Moduit berkomitmen untuk memudahkan nasabah melakukan investasi sesuai dengan tujuan dan anggaran mereka. Melihat adanya peluang bermitra dengan para penasihat keuangan independen bersertifikasi, kami telah mengembangkan fitur aplikasi Moduit Advisor yang dapat membantu pekerjaan mereka dalam menangani pengelolaan investasi klien mereka. Hal ini sejalan dengan fokus bisnis kami memasuki tahun ke dua.”

 Saat ini, menurut data PT Kustodian Sentral Efek Indonesia, pada akhir tahun 2019 terdapat 2,47 juta investor, naik secara signifikan dari 1,61 juta pada 2018. Sementara itu, dari data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), terjadi penurunan jumlah tenaga profesional penasihat keuangan berlisensi dari 37.464 pada 2018 menjadi 33.557 pada 2019. Hal ini menunjukkan pertumbuhan yang tidak seimbang antara investor dan penasihat keuangan berlisensi untuk prospek yang sangat potensial.   

 Aplikasi Moduit Advisor, yang kini sudah dapat diunduh di Google Play dan App Store, memang dibuat bagi para penasihat keuangan independen bersertifikasi yang telah menjadi mitra Moduit. Zanira Hanifah, salah satu penasihat keuangan independen bersertifikasi dan mitra Moduit mengatakan, “Sebagai penasihat keuangan bersertifikasi, menjadi mitra Moduit memudahkan saya untuk dapat mengatur waktu kerja dengan fleksibel. Aplikasi ini juga memungkinkan saya untuk memantau perkembangan reksa dana dan kinerja Manajer Investasi dengan akurat, serta memberikan saran dan nasehat bagi klien-klien saya. Mereka pun dapat dengan mudah melihat perkembangan investasi mereka melalui aplikasi ini.”

 Judy  Febryano, selaku Ketua FPAI mengatakan, “Perencanaan keuangan merupakan salah satu upaya untuk memaksimalkan kondisi finansial ditengah situasi ekonomi yang terus berubah. Moduit memberikan opsi solusi berinvestasi bagi nasabah yang membutuhkan penasihat keuangan dalam melakukan investasi mereka. Tentunya aplikasi yang baru diluncurkan ini sangat mendukung kegiatan kami.”

 Peluncuran aplikasi Moduit Advisor di Bandung diselenggarakan bersamaan dengan peresmian kantor pendukung TI Moduit. Jeffry menambahkan, “Kenyamanan dan keamanan dalam menggunakan aplikasi Moduit sangat kami utamakan. Sebagai platform digital, kami sangat memperhatikan keamanan sistem yang kami gunakan, sehingga terus kami perbarui. Kami banyak memiliki talent TI di sini, itu sebabnya kami membuka kantor pendukung di Bandung. Selain itu, kantor ini juga dapat difungsikan sebagai tempat pertemuan antara nasabah dengan para penasihat keuangan Moduit, seraya terus memperkenalkan aplikasi Moduit kepada masyarakat Bandung.”

 Acara ini juga diisi dengan talkshow singkat  yang mengangkat topik “Investasi 2020: Konvensional atau Online?”, dengan menghadirkan  Ketua Financial Planner Association Indonesia (FPAI), Judy Febryano, Zanira Hanifah dan B. Kurnianto, keduanya mitra penasihat keuangan Moduit serta Stefanus Adi Utomo, Chief Marketing Officer Moduit.

Dalam talkshow yang membahas lebih lanjut mengenai pengetahuan, pemahaman dan tren mengenai investasi, profesi penasihat keuangan, dan pentingnya perencanaan keuangan, para pembicara sepakat bahwa platform investasi digital dapat menjembatani kebutuhan berinvestasi masyarakat. Mereka juga sepakat bahwa platform ini memberikan opsi bagi masyarakat, apakah akan berinvestasi langsung atau menggunakan jasa penasihat keuangan. 

 Moduit telah memiliki dua lisensi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yakni sebagai agen perantara efek reksa dana dan penasehat investasi. Selain itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) juga telah memberikan lisensi sebagai penyelenggara sistem elektronik (PSE). Untuk mendukung pengembangan bisnis selanjutnya, Moduit yang didirikan pada 2018, tengah mencari mitra pendanaan Seri A, baik dari dalam maupun luar negeri.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.

Girl grup Arize rilis single keempat, Say Yes.

Sabtu, 20 April 2024 - 08:10 WIB

Formasi Baru, Girl Grup Arize Percaya Diri Rilis Single Say Yes

Dalam single Say Yes, girl grup Arize tampil dalam formasi baru. Berempat dengan beberapa diantaranya wajah baru yang memiliki kemampuan saling melengkapi.