Gara-gara Penerbangan Menuju ke China di Setop, AP I Rugi Rp 40 Miliar per Bulan

Oleh : Ridwan | Minggu, 23 Februari 2020 - 09:31 WIB

Angkasa Pura I
Angkasa Pura I

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Angkasa Pura I memprediksi kehilangan pendapatan hingga Rp40 miliar per bulan akibat tidak beroperasionalnya rute penerbangan menuju ke China.

Direktur PT Angkasa Pura I Faik Fahmi menjelaskan telah mengoperasionalkan 35 penerbangan langsung per harinya ke China melalui Bandara Ngurah Rai di Bali. 

Faik memaparkan adanya kebijakan penyetopan penerbangan ke China membuat bandara berkode DPS tersebut menyebabkan penurunan pergerakan hingga 7.800 penumpang per harinya.

Selain melalui DPS, AP I juga melayani rute ke China melalui bandara Sam Ratulangi di Manado. Namun, ujarnya, jumlahnya tidak sebanding dengan Bali karena hanya bersifat penerbangan sewa.

"Secara finansial dampaknya per bulan sekitar Rp40 miliar dari tidak beropersionalnya penerbangan ke China. Salah satu cara terbaik memang stakeholder dan yang terkait bisa mengintegrasikan aktivitas. Dibiarkan terlalu lama dampaknya nggak bagus," jelasnya di Jakarta (22/2/2020).

Operator bandara pelat merah tersebut juga masih menyusun strategi lebih lanjut dalam mengantisipasi kerugian yang timbul akibat penyebaran virus coroana tersebut.

Faik menilai kebijakan pemerintah dalam memberhentikan sementara penerbangan ke China untuk memastikan terjaganya tingkat kepercayaan wisatawan mancanegara dalam melakukan perjalanan ke Bali. 

Guna mendukung hal tersesbut, manajemen akan berupaya meningkatkan trafik internasional di luar China dan menumbuhkan kembali perjalanan wisatawan domestik.

Pihaknya juga tengah berkonsolidasi menawarkan daya tarik harga tiket. Hal itu dengan memberikan insentif potongan tarif yang akan diberikan baik kepada penumpang dan maskapai. Realisasinya, kata dia, masih bergantung dari arahan pemerintah pusat.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan insentif akibat penundaan sudah final tapi akan diumumkan bersama dengan Menteri-menteri lain yang terlibat.

"Saya memang menambahkan apabila ada diskon yang dilakukan penerbangan dengan menurunkan avtur. Maka itu akan lebih maksimal, satu dua hari ini akan rapat dengan Menteri BUMN [Erick Thorir] dan Menteri ESDM [Arifin Tasrif] untuk rekomendasi harga avtur," paparnya.

Menurutnya, dengan harga avtur lebih kompetitif dan lebih baik maka maskapai penerbangan bisa menurunkan harga disambung dengan insentif itu akan signifikan.

Dia memproyeksikan paling tidak dengan relaksasi harga avtur dan insentif akan menurunkan harga tiket antara 15 - 20 persen.

Terkait insentif terangnya, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sudah final membahas hal tersebut. Dengan demikian, usulan insentif ini dapat segera diajukan kepada Presiden Joko Widodo untuk selanjutnya diumumkan ke publik.

Bentuk insentif, tekannya akan diumumkan pada pekan depan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bersama Lintas Sektoral di Papua, Satgas Pamtas Yonif 411 Kostrad Terus Perangi Virus Corona

Jumat, 03 April 2020 - 04:41 WIB

Bersama Lintas Sektoral di Papua, Satgas Pamtas Yonif 411 Kostrad Terus Perangi Virus Corona

Tak kenal lelah dalam mencegah penyebaran Covid-19 atau Virus Corona, khususnya di wilayah perbatasan RI-PNG, Satgas Pamtas Yonif MR 411/Pdw Kostrad bersama Lintas Sektoral setempat terus melaksanakan…

Personel Satgas RDB Sosialisasi Pencegahan Corona kepada Masyarakat Lubichako Kongo

Jumat, 03 April 2020 - 04:20 WIB

Personel Satgas RDB Sosialisasi Pencegahan Corona kepada Masyarakat Lubichako Kongo

Personel Satgas RDB Sosialisasi Pencegahan Corona kepada Masyarakat Lubichako Kongo

Prajurit Yonmarhanlan IX Berjemur Terik Matahari Hindari Virus Corona

Jumat, 03 April 2020 - 04:10 WIB

Prajurit Yonmarhanlan IX Berjemur Terik Matahari Hindari Virus Corona

Prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) IX Ambon dalam rangka mencegah dan menghindari penyebaran Virus Corona/Covid-19 dengan berjemur diri dibawah terik matahari di Lapangan…

PATA

Jumat, 03 April 2020 - 00:28 WIB

Due to the Postponement of the 69th AGM at the PATA Annual Summit 2020 in UAE

Due to the postponement of the 69th Annual General Meeting (AGM) at the PATA Annual Summit 2020 in Ras Al Khaimah, UAE, the PATA Board has confirmed the extension of PATA Officers and the PATA…

zoneAlarms

Kamis, 02 April 2020 - 23:10 WIB

ZoneAlarm Launches New Web Secure Free Advanced Chrome Extension to Protect Users against the Most Common Online Threats

Check Point Software Technologies Ltd. (NASDAQ: CHKP) has today announced the launch of its ZoneAlarm Web Secure Free solution, giving users 100% free protection against phishing attacks, malicious…