Kadin Gandeng Nelayan dan Bakamla Perkuat Keamanan Laut Indonesia

Oleh : Ridwan | Jumat, 21 Februari 2020 - 14:30 WIB

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Kelautan dan Perikanan Yugi Prayanto bersama Kepala Badan Kabakamla RI, Laksdya TNI Aan Kurnia
Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Kelautan dan Perikanan Yugi Prayanto bersama Kepala Badan Kabakamla RI, Laksdya TNI Aan Kurnia

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia melakukan melakukan pertemuan dengan Badan Keamanan Laut (Bakamla) dalam rangka memperkuat koordinasi antar lembaga untuk jaminan keamanan laut bagi aktifitas dunia usaha di sektor perikanan.

Hal tersebut dituturkan Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Kelautan dan Perikanan Yugi Prayanto yang turut membawa serta sejumlah jajarannya ke Kantor Bakamla RI, Di Gedung Perintis Kemerdekaan, Menteng, Jakarta (20/2/2020).

Yugi mengatakan, selain membahas kerjasama dan koordinasi dalam pertukaran informasi, Kadin dan Bakamla juga membahas terkait sinergi program untuk mendukung kegiatan dunia usaha dari aspek jaminan keamanan laut.

"Tentu yang utama adalah dukungan keamanan bagi para nelayan kita di laut, juga kapal-kapal  berbendera Indonesia milik perusahaan," kata Yugi yang juga merupakan Dewan Pembina Komisi Pemangku Kebijakan Publik dan Konsultasi Publik Kementrian Kelautan dan Perikanan.

Tak hanya itu, menurutnya koordinasi untuk operasi keamanan terhadap kapal nelayan asing perlu ditingkatkan lebih jauh untuk meminimalisir adanya permasalahan yang kerap terjadi, dimana kapal asing memasuki wilayah perairan nasional.

Yugi mengatakan, pihaknya berharap Bakamla dapat didukung dengan penambahan anggaran untuk lebih memperkuat alutista, sarana dan prasarana yang memadai bagi keamanan laut

Kadin, lanjut dia, juga mendukung adanya penyederhanaan aturan melalui omnibus law mengenai keamanan laut, dengan harapan nantinya dapat lebih memperkuat posisi dan wewenang Bakamla dalam menjalankan tugas di laut.

"Memang aturannya harus lebih sederhana, keamanan di laut kewenangannya masih banyak yang timpang tindih. Ada beberapa instansi yang terlibat, namun kita harapkan setelah ada penyederhanaan aturan semua bisa menjadi lebih jelas," tandas Yugi.

Kepala Badan Kabakamla RI, Laksdya TNI Aan Kurnia menyampaikan bahwa sesuai intruksi Presiden RI nantinya hanya ada satu penegak hukum di laut, yaitu Bakamla RI, yang memang butuh waktu, butuh proses, dan saat ini sedang digodok bersama tim Menkopolhukam dan Bakamla RI sehingga penegakan hukum di laut menjadi lebih sederhana dan satu pintu.

Menurutnya, hal itu tentu bisa dicapai bila ada kesepahaman dan saling percaya di antara stakeholder kemaritiman, dan ini menjadi tugas awal yang harus dilakukan oleh Kepala Bakamla RI untuk memberikan keyakinan bahwa konsep yang dikehendaki pemerintah memiliki tujuan jangka panjang untuk mewujudkan keamanan dan keselamatan di laut yurisdiksi nasional Indonesia.

Aan mengatakan, pihaknya akan melaksanakan kunjungan ke seluruh Kementerian dan Lembaga terkait untuk menyamakan visi dan misi mengamankan laut demi mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Bila ada nelayan atau pelaku usaha di bidang kelautan menemukan hal-hal yang mecurigakan serta perilaku oknum yang menghambat para nelayan, Bakamla telah memberikan nomor pengaduan di 0895600300846.

"Kami akan selalu terbuka, kira-kira ada permasalah apa dari pelaku usaha di perairan. Kita akan mengawal anak bangsa yang melakukan kegiatan ekonomi di laut. Kita siap kerja sama dan mendukung," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gratis Tarif Listrik ditengah Pandemi Corona

Kamis, 02 April 2020 - 10:18 WIB

Soal Stimulus Tarif Listrik, Dirjen ESDM: Berapun Pakainya ya Gratis, Tidak Bayar

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana menjelaskan, keringanan tagihan listrik bagi pelanggan rumah tangga daya 450 VA yang regular atau pascabayar akan digratiskan…

PT Anabatic Technologies Tbk Dukung Pemkot Tangerang Bangun Ruang Isolasi

Kamis, 02 April 2020 - 10:14 WIB

PT Anabatic Technologies Tbk Dukung Pemkot Tangerang Bangun Ruang Isolasi

PT Anabatic Technologies Tbk menyambut baik dan siap mendukung rencana Pemerintah Kabupaten Tangerang untuk membangun ruang isolasi khusus pasien Covid-19 tanpa gejala dan gejala ringan yang…

Kepala Pelatih Ganda Putra PBSI Herry Iman Pierngadi. (Foto Dok Wartakota/Tribunnews)

Kamis, 02 April 2020 - 10:00 WIB

Pelatih Herry IP Siapkan Program Khusus PBSI Jelang Olimpiade

Wabah Covid-19 membuat International Olympic Committee (IOC) menunda penyelenggaraan event olahraga terakbar Olimpiade Tokyo 2020 hingga 23 Juli - 8 Agustus 2021 mendatang. Hal ini mau tak mau…

Produsen Batubara

Kamis, 02 April 2020 - 09:51 WIB

Perpanjangan Kontrak Industri Pertambangan Tidak Otomatis, KESDM: Kedaulatan Negara Tetap Terjaga

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah menerbitkan Permen No. 7 Tahun 2020 tentang Tata Cara Pemberian Wilayah, Perizinan, dan Pelaporan pada Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral…

Jodi Mahardi, Juru Bicara Menko Maritim dan Investasi/Staf Khusus Bidang Kelembagaan dan Media

Kamis, 02 April 2020 - 09:30 WIB

Tidak Ada Penghentian Transportasi di Jabodetabek

Beberapa saat yang lalu saya mendapatkan kiriman tautan berita perihal "Corona, Pemerintah Resmi Setop Akses dan Angkutan Jabodetabek"