Kementerian PUPR Resmikan 4 Rumah Susun di Sintang

Oleh : Hariyanto | Jumat, 14 Februari 2020 - 10:52 WIB

Rusun di Sintang
Rusun di Sintang

INDUSTRY.co.id - Sintang - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama Ketua Komisi V DPR RI Lasarus meresmikan selesainya pembangunan 4 Rumah Susun (Rusun)  di Kabupaten Sintang, Kamis (13/2/2020).

Rusun yang diresmikan yakni, Rusun Seminari Menengah Santo Yohanes Maria Vianney Keuskupan Sintang,  Rusun Yayasan Kabar Senang Sekolah Tinggi Teologia (STT) Immanuel Sintang, Rusun Rumah Sakit Rujukan Ade Moch Djoen, dan Rusun Ponpes  Agropolitan Nurul Ma’arif.

Peresmian 4 Rusun tersebut dipusatkan di Rusun Seminari Menengah Santo Yohanes Maria Vianney Keuskupan Sintang ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita oleh Menteri Basuki. 

Menteri Basuki dalam sambutannya mengatakan, kebijakan Pemerintah saat ini tetap fokus pada pembangunan infrastruktur, sebagai langkah yang ditempuh untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kualitas SDM,  termasuk di bidang Perumahan.

Dengan pembangunan 4 Rumah Susun ini kata Menteri Basuki, dapat memperlancar kegiatan belajar mengajar, meningkatkan semangat belajar dan semangat bekerja, serta membentuk mental hidup bersama untuk menciptakan lingkungan yang berbudaya, beradab, dan menjunjung tinggi nilai moral sehingga memberikan kontribusi positif bagi pencapaian misi Presiden untuk membangun SDM unggul menuju Indonesia maju.

Ketua DPR Komisi V Lasarus mengatakan Rumah Susun Seminari Santo Yohanes Maria Vianney Keuskupan Sintang ini dibangun karena keterbatasan prasarana dan sarana dari Seminari. Kondisi ini berat bagi mereka, sehingga tidak heran bila sebelumnya hanya sedikit yang menjadi imam pastor.

Sementara Bupati Sintang Jarot Winarno mengucapkan terima kasih kepada kementrian PUPR yang telah mengalokasikan pembangunan rusun dan berbagai infrastruktur lainnya di Kabupaten Sintang. "Semua ini adalah bukti nyata bahwa negara hadir," ujar Bupati Jarot.

Rusun Seminari Menengah Santo Yohanes Maria Vianney Keuskupan Sintang berlokasi di Jalan Teluk Menyurai Kecamatan Sintang dikerjakan oleh kontraktor PT. Bumi Aceh Citra Persada dengan anggaran sebesar Rp.13 miliar dari APBN TA. 2019. Rusun ini terdiri dari 2 lantai tipe 24 dengan total 42 unit dapat menampung 168 mahasiwa.

Kedua, Rusun STT Imanuel Sintang berlokasi di Jl. Raya Sintang - Tebelian, Kompleks. Perkantoran, Kabupaten Sintang tersebut dikerjakan kontraktor PT. Arlinda Budiman Sejahtera dengan anggaran Rp.12,9 miliar dari APBN TA 2019. Rusun terdiri dari 2 lantai tipe 24 dengan total 42 unit dapat menampung 168 mahasiwa.

Ketiga Rusun Rumah Sakit Rujukan Ade Moch Djoen berlokasi di jalan Oevang Oeray Kabupaten Sintang dikerjakan PT. Teguh Karya Sejati dengan anggaran Rp.12,3 miliar dari APBN TA 2018. Rusun terdiri dari 3 lantai Tipe 36 dengan total 42 unit untuk memberikan tempat tinggal bagi tenaga medis dan rumah singgah keluarga pasien.

Keempat Rusun Ponpes Agropolitan Nurul Ma’arif berlokasi di jalan Raya Sintang - Tebelian KM 10 Kabupaten Sintang terdiri atas 3 lantai Tipe 36 Barak dengan jumlah 12 unit dan dibangun pada TA 2017 dengan biaya 9,6 miliar. Ponpes ini dikerjakan kontraktor PT. Teguh Karya Sejati

Selain fisik bangunan beserta utilitasnya, Kementerian PUPR melalui Ditjen Penyediaan Perumahan memberikan fasilitas pendukung berupa  tempat tidur susun dan lemari pakaian serta sambungan listrik dan air bersih, serta PSU sehingga seluruh telah siap untuk dimanfaatkan. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…