Kementerian PUPR Selesaikan Fasilitas Gedung Parkir dan Laboratorium Media Rekam ISI Denpasar

Oleh : Hariyanto | Rabu, 12 Februari 2020 - 10:12 WIB

Fasilitas Gedung Parkir ISI Denpasar
Fasilitas Gedung Parkir ISI Denpasar

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono didampingi Gubernur Bali I Wayan Koster meninjau progres pembangunan gedung parkir dan  laboratorium media rekam Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar, Selasa (11/2/2020) yang telah rampung 100%. 

"Dengan selesainya fasilitas kampus ini diperlukan untuk mahasiswa sebagai bagian dari program pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul," kata Menteri Basuki. 

Keberadaan laboratorium media rekam dapat dimanfaatkan sebagai sarana penguatan SDM melalui penyediaan infrastruktur pendidikan seperti Ruang Studio Rekam, Ruang Fotografi, Ruang Audio, Ruang Studio Produksi TV dan Film yang menunjang proses belajar dan mengajar dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di ISI Denpasar. 

Selain itu sarana parkir juga dapat digunakan untuk penyimpanan sementara moda transportasi dalam rangka mewujudkan penataan kawasan lingkungan yang rapi. 

Pembangunan gedung parkir dan laboratorium media rekam ISI Denpasar dilaksanakan sejak tanggal kontrak 2 Agustus 2019 dan telah selesai Januari 2020 dengan biaya APBN sebesar Rp 21 miliar oleh kontraktor PT Nugradharma Tatalaksana. 

Pengerjaannya meliputi struktur beton, arsitektur, dan mekanika elektrikal. Luas bangunan gedung terdiri dari 3 lantai seluas 4,393 m2 yang meliputi lantai basement seluas 1.484 m2 untuk menampung 308 kendaraan roda dua.

Kemudian lantai 1 dan 2 seluas 2.982 m2 digunakan untuk parkir kendaraan roda 4 sebanyak 400 mobil. Untuk lantai 3 dibangun ruang laboratorium media rekam seluas 1.411 m2 yang terdiri dari Ruang Ganti film, Alat Film dan TV, Editing Fotografi, Studio Produksi Film, Studio Produksi Fotografi, Audio, Ruang Rapat, Rekam dan Master, Ruang Control, dan gudang. 

Pada 2019 Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Pusat Pengembangan Sarana Prasarana Pendidikan, Olahraga dan Pasar (Pusat PSPPOP), Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya dengan mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pembangunan, Rehabilitasi, atau Renovasi Pasar Rakyat, Prasarana Perguruan Tinggi, dan Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Pembangunan gedung parkir dan laboratorium media rekam ISI  Denpasar merupakan pekerjaan konstruksi lanjutan sesuai dengan usulan yang disampaikan melalui Surat Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia nomor 252/M/XI/2018 Tanggal 23 November 2018 perihal Revisi Usulan Prioritas Pendanaan Bangunan Belum Terselesaikan PTN Tahun 2019 kepada Kementerian PUPR, setelah sebelumnya dilaksanakan tahap konstruksi oleh pihak ISI Denpasar. Kampus ini berada di tengah Kota Denpasar sebagai Ibu Kota Provinsi Bali atau sejauh 4,6 Km dari Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…