Optimis Hadapi Tahun 2020, Mitsubishi Fuso Tergetkan Penjualan 46.900 Unit

Oleh : Ridwan | Selasa, 11 Februari 2020 - 18:45 WIB

Mitsubishi Fuso (Rino/INDUSTRY.co.id)
Mitsubishi Fuso (Rino/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan niaga dari Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) optimis menghadapi tahun 2020.

Tak tanggung-tanggung, KTB menargetkan penjualan di tahun 2020 mencapai 46.900 unit serta tetap fokus meningkatkan dominasinya sebagai absolute market leader.

Target tersebut ditetapkan berdasarkan analisa serta performa pasar selama tahun 2019 lalu, dimana total kendaraan niaga yang berhasil dipasarkan adalah sebanyak 94.323 unit, menurun 19% dibandingkan tahun sebelumnya yaitu 116,421 unit.

Mitsubishi Fuso mendominasi pasar kendaraan niaga secara absolut dengan menguasai market share sebesar 44.2% atau setara dengan 41,736 unit. Secara detail, produk Colt Diesel 36,575 unit dengan market share 55.4% di segmen LDT. Sedangkan untuk segmen FUSO dan Fighter 5,161 unit dengan market share 23.4%, yang meningkat cukup signifikan.

Peningkatan market share di segmen MDT tak lepas dari kontribusi produk Fighter yang mendapat respon positif sejak pertama kali dipasarkan di awal tahun 2019 lalu. 15 Varian Fighter dihadirkan selama tahun 2019, memenuhi kebutuhan bisnis di berbagai sektor mulai dari logistik, infrastruktur, hingga agrikultur. Hasilnya, 1,581 unit Fighter berhasil dipasarkan selama tahun 2019.

Sedangkan di tahun 2020 ini KTB memprediksi pasar kendaraan niaga akan bertumbuh sekitar 7%, Sehingga KTB menetapkan target penjualan tahun 2020 di angka 46,900 dengan rincian target CoIt Diesel 40,400 unit, target FUSO dan Fighter 6,500 unit.

Dalam upaya mencapai target tersebut, KTB menyiapkan line up varian terbaru serta penyesuaian model yang dapat menjawab kebutuhan pasar. Total 18 varian Fighter di tahun 2020, siap memenuhi kebutuhan konsumen.

KTB juga menyiapkan produk Custom Tailored Truck (CTT) yang dapat dimodifikasi untuk mengoptimalkan varian kendaraan berdasarkan kebutuhan pasar namun tetap sesuai dengan regulasi yang berlaku. Fungsi dari CTT ini akan semakin memperkuat pelayanan KTB karena mempermudah pelanggan berbagai solusi yang diberikan.

Selain itu, KTB juga memiliki amunisi baru yang siap diluncurkan di Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (Giicomvec) 2020 yang berlangsung pada 5-8 Maret mendatang di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

Hal itu disampaikan langsung oleh Head Of PR & CSR Departement KTB Dony Hermawan. Sayangnya, ia enggan membeberkan secara rinci produk anyar yang bakal dirilis tersebut.

"Ada satu produk baru yang baru bisa dilihat nanti di Giicomvec," katanya di Jakarta, Selasa (28/1).

Namun dirinya berjanji akan membocorkan produk baru tersebut jelang penyelenggaraan Giicomvec 2020. "Sebelum Giicomvec kami akan berikan bocorannya," ujarnya.

Sementara itu, Deputy Group Head of Branding Group KTB Sudaryanto menyebut, pihaknya juga akan memamerkan truk listrik di pameran kendaraan niaga terbesar di Indonesia tersebut.

"Adalagi satu unit yang akan kami tampilkan, paling tidak kami ngikutin yang lagi tren saat ini yakni kendaraan listrik. Kami akan coba tampilkan ini (truk listrik)," kata pria yang karib disapa Toto tersebut.

Truk listrik yang dimaksud adalah Mitsubishi Fuso eCanter. Melalui produk ini, Mitsubishi ingin menunjukkan jika Fuso secara teknologi telah siap menyambut era kendaraan listrik.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…

PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 16:19 WIB

Jasindo Salurkan Bantuan TJSL untuk Mendukung Perekonomian Masyarakat

PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo menyalurkan bantuan Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada masyarakat di berbagai daerah di Indonesia selama periode Q1 tahun 2024.…

Bahan baku plastik

Kamis, 25 April 2024 - 16:05 WIB

Impor Bahan Baku Plastik Tak Perlu Pertimbangan Teknis Kemenperin, Ini Alasannya

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 25 April 2024 - 15:40 WIB

Di Ajang Business Forum Hari Kedua Hannover Messe, RI Pamerkan Keunggulan dan Inovasi Teknologi Industri

Paviliun Indonesia dalam Hannover Messe 2024 kembali mempersembahkan Business Forum untuk mendorong kolaborasi dan kerja sama antara para pelaku industri di dalam negeri dengan negara-negara…

PempekRoyal

Kamis, 25 April 2024 - 15:05 WIB

Siap Support Franchisee di Seluruh Indonesia, PempekRoyal Hadirkan Solusi Bisnis Makanan Tidak Tergantung Chef

Bisnis makanan seringkali mengalami kendala chef mengundurkan diri, dan ketika terjadi pergantian chef, rasa berbeda, maka jumlah konsumen menurun. Di luar itu, juga ada resiko membuang produk…