Optimis Hadapi Tahun 2020, Mitsubishi Fuso Tergetkan Penjualan 46.900 Unit

Oleh : Ridwan | Selasa, 11 Februari 2020 - 18:45 WIB

Mitsubishi Fuso (Rino/INDUSTRY.co.id)
Mitsubishi Fuso (Rino/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan niaga dari Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) optimis menghadapi tahun 2020.

Tak tanggung-tanggung, KTB menargetkan penjualan di tahun 2020 mencapai 46.900 unit serta tetap fokus meningkatkan dominasinya sebagai absolute market leader.

Target tersebut ditetapkan berdasarkan analisa serta performa pasar selama tahun 2019 lalu, dimana total kendaraan niaga yang berhasil dipasarkan adalah sebanyak 94.323 unit, menurun 19% dibandingkan tahun sebelumnya yaitu 116,421 unit.

Mitsubishi Fuso mendominasi pasar kendaraan niaga secara absolut dengan menguasai market share sebesar 44.2% atau setara dengan 41,736 unit. Secara detail, produk Colt Diesel 36,575 unit dengan market share 55.4% di segmen LDT. Sedangkan untuk segmen FUSO dan Fighter 5,161 unit dengan market share 23.4%, yang meningkat cukup signifikan.

Peningkatan market share di segmen MDT tak lepas dari kontribusi produk Fighter yang mendapat respon positif sejak pertama kali dipasarkan di awal tahun 2019 lalu. 15 Varian Fighter dihadirkan selama tahun 2019, memenuhi kebutuhan bisnis di berbagai sektor mulai dari logistik, infrastruktur, hingga agrikultur. Hasilnya, 1,581 unit Fighter berhasil dipasarkan selama tahun 2019.

Sedangkan di tahun 2020 ini KTB memprediksi pasar kendaraan niaga akan bertumbuh sekitar 7%, Sehingga KTB menetapkan target penjualan tahun 2020 di angka 46,900 dengan rincian target CoIt Diesel 40,400 unit, target FUSO dan Fighter 6,500 unit.

Dalam upaya mencapai target tersebut, KTB menyiapkan line up varian terbaru serta penyesuaian model yang dapat menjawab kebutuhan pasar. Total 18 varian Fighter di tahun 2020, siap memenuhi kebutuhan konsumen.

KTB juga menyiapkan produk Custom Tailored Truck (CTT) yang dapat dimodifikasi untuk mengoptimalkan varian kendaraan berdasarkan kebutuhan pasar namun tetap sesuai dengan regulasi yang berlaku. Fungsi dari CTT ini akan semakin memperkuat pelayanan KTB karena mempermudah pelanggan berbagai solusi yang diberikan.

Selain itu, KTB juga memiliki amunisi baru yang siap diluncurkan di Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (Giicomvec) 2020 yang berlangsung pada 5-8 Maret mendatang di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

Hal itu disampaikan langsung oleh Head Of PR & CSR Departement KTB Dony Hermawan. Sayangnya, ia enggan membeberkan secara rinci produk anyar yang bakal dirilis tersebut.

"Ada satu produk baru yang baru bisa dilihat nanti di Giicomvec," katanya di Jakarta, Selasa (28/1).

Namun dirinya berjanji akan membocorkan produk baru tersebut jelang penyelenggaraan Giicomvec 2020. "Sebelum Giicomvec kami akan berikan bocorannya," ujarnya.

Sementara itu, Deputy Group Head of Branding Group KTB Sudaryanto menyebut, pihaknya juga akan memamerkan truk listrik di pameran kendaraan niaga terbesar di Indonesia tersebut.

"Adalagi satu unit yang akan kami tampilkan, paling tidak kami ngikutin yang lagi tren saat ini yakni kendaraan listrik. Kami akan coba tampilkan ini (truk listrik)," kata pria yang karib disapa Toto tersebut.

Truk listrik yang dimaksud adalah Mitsubishi Fuso eCanter. Melalui produk ini, Mitsubishi ingin menunjukkan jika Fuso secara teknologi telah siap menyambut era kendaraan listrik.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih

Minggu, 05 April 2020 - 19:02 WIB

Kemenperin Identifikasi Tantangan dan Kerugian IKM Komponen Otomotif Imbas Pandemi Covid-19

Kementerian Perindustrian terus berupaya mendampingi dan mendukung keberlangsungan industri kecil dan menengah (IKM) dalam menghadapi dampak dari pandemi Covid-19 di Indonesia.

Heru Kristiyana, Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK (Foto Ist)

Minggu, 05 April 2020 - 18:47 WIB

Penyelamatan Perbankan Bisa Dipercepat Ketahuan Tidak Sehat

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai adanya Perpu 1 2020, sebagai alat penyelamatan dini terhadap lembaga keuangan seperti perbankan agar tetap sehat sebelum goyang.

Chairman ITBC dan juga menjabat Ketua Harian Kadin-Komite Taiwan, Rini Lestari bersama Ketua KADIN- Komite Taiwan, Setyono Djuandi Darmono

Minggu, 05 April 2020 - 18:05 WIB

ITBC, ICATI, dan KSPK Gandeng Kadin-Komite Taiwan Dukung Tim Medis Lawan Covid-19

Indonesia Taiwan Business Council (ITBC) menggandeng ICATI (Ikatan Citra Alumni Taiwan seIndonesia) Jakarta dan Komunitas Sahabat Pelita Kasih (KSPK) menggalang dana untuk mendukung dan memberikan…

Ketua Dewan Pers Mohammad Nuh

Minggu, 05 April 2020 - 17:45 WIB

Dewan Pers Minta Pemerintah Kucurkan Stimulus untuk Perusahaan Pers

Ketua Dewan Pers Mohammad Nuh mengusulkan kepada pemerintah untuk memberi stimulus pada perusahaan pers, berupa subsidi pembelian bahan baku (kertas) serta pemberian keringan pajak. 

Delapan Tahun Lazada Dukung Sekor eCommerce Indonesia

Minggu, 05 April 2020 - 17:00 WIB

Delapan Tahun Lazada Dukung Sekor Industri eCommerce Indonesia

Lazada, perusahaan eCommerce ternama di Asia Tenggara telah berusia 8tahun di tahun 2020 ini. Sejak didirikan, Lazada memiliki komitmen untuk membantu membangunekosistem eCommerce bisnis kecil…