Menperin Gencar Ciptakan SDM Handal di Sektor Industri Pengolahan Hasil Kelautan

Oleh : Ridwan | Selasa, 11 Februari 2020 - 14:10 WIB

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat membuka Diklat 3in1 industri pengolahan sektor kelautan (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat membuka Diklat 3in1 industri pengolahan sektor kelautan (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Makassar - Kementerian Perindustrian terus memacu daya saing industri pengolahan di sektor kelautan. Salah satu langkah strategis yang aktif dijalankan adalah mendorong peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM) agar mampu menciptakan produk yang bermutu.

"Industri sektor kelautan bisa menjadi kekuatan baru, apalagi jika memberdayakan SDM dalam negeri," kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat membuka Diklat 3in1 industri pengolahan sektor kelautan di Balai Diklat Industri Makassar, Sulawesi Selatan (10/2/2020).

Menurutnya, hilirisasi industri sektor kelautan juga menjadi sektor yang potensial untuk menyerap tenaga kerja. Namun, Menperin menyayangkan hilirisasi industri pengolahan di sektor kelautan belum berjalan maksimal.

"Perlu upaya yang lebih keras lagi untuk menguatkan sektor ini. Apalagi kita ketahui bersama. Indonesia itu negara maritim, kepulauan, lautnya sangat luas, tapi hilirisasi dari industri berkaitan dengan kelautan itu belum maksimal," ungkapnya.

"Hilirisasi itu nilai tambah tidak boleh pindah keluar negeri, termasuk yang berkaitan dengan penyerapan dari tenaga kerja," tambah Menperin.

Untuk itu, pemerintah juga terus berupaya untuk mendorong pertumbuhan baik Industri Kecil Menengah (IKM), Usaha Kecil Menengah (UKM) yang bergerak di bidang kelautan agar mendapat penguatan dari sisi permodalan. Tak hanya dari sisi sumber daya saja.

Salah satunya, kata Agus, bantuan kredit usaha rakyat (KUR). Pemerintah telah meningkatkan nilai bantuan KUR dari Rp140 triliun menjadi Rp190 triliun dengan minimum pinjaman dinaikkan dari Rp25 juta sampai Rp50 juta.

"Kami setuju pemberian KUR diberikan kepada kreditur yang bergerak di industri sektor kelautan, termasuk yang ada di Sulsel," terang Agus.

Diklat 3in1 industri pengolahan sektor kelautan yang digelar di Balai Diklat Industri Makassar ini dilakukan tiga jenis pelatihan di antaranya pembuatan aneka olahan berbasis ikan, pembuatan desain kemasan produk pangan, dan pembuatan aneka olahan berbasis rumput laut.

Sebanyak 150 orang yang merupakan pelaku IKM dan UKM terpilih dari beberapa kabupaten dan provinsi di luar Sulsel. 

Agus menyatakan, diklat diklat tersebut juga merupakan salah satu upaya pemerintah guna meningkatkan SDM di sektor industri kelautan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama PT Pupuk Kujang Bambang Eka Cahyana meninggal dunia, pada Jumat, 3 April 2020.

Jumat, 03 April 2020 - 14:14 WIB

CEO Pupuk Kujang Meninggal Dunia

Jakarta-Kabar datang dari BUMN pupuk tanah air, Direktur Utama PT Pupuk Kujang Bambang Eka Cahyana meninggal dunia, pada Jumat, 3 April 2020.

Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (persero) Aas Asikin Idat (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Jumat, 03 April 2020 - 14:00 WIB

Sejumlah Tantangan Bisnis Selama Delapan Tahun Ditewati Pupuk Indonesia

Tepat pada hari ini, PT Pupuk Indonesia (Persero) sebagai Holding BUMN Pupuk genap berusia 8 tahun. HUT yang mengusung tema “Bersatu, Berkarya, Demi Indonesia” ini diperingati dengan suasana…

Hotel (Ilustrasi)

Jumat, 03 April 2020 - 13:15 WIB

Per Kamis Kemarin Jumlah Hotel yang Tutup Capai 826, Ini Respon Menparekraf

Jumlah hotel yang menutup sementara operasionalnya di tengah pandemi virus corona (COVID-19) bertambah. Per hari ini, sudah 826 hotel terpaksa tutup karena tak lagi memiliki pengunjung.

Ilustrasi pernikahan (Foto Ist)

Jumat, 03 April 2020 - 13:06 WIB

KUA Enggan Layani Akad Nikah, Gara-gara Corona?

Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama menerbitkan edaran baru terkait protokol penanganan Covid-19 (Corona Virus Disease 2019) pada pelayanan kebimasislaman. Edaran yang ditujukan ke Kepala Kanwil…

Shopee Donasi dan Subsidi 1 Juta Masker untuk Indonesia

Jumat, 03 April 2020 - 13:00 WIB

Shopee Donasi dan Subsidi 1 Juta Masker untuk Indonesia

Shopee, platform e-commerce terpercaya di Asia Tenggara dan Taiwan, kembali memberikan donasi dan subsidi sebanyak 1 juta masker untuk dokter dan tenaga medis melalui Badan Nasional Penanggulangan…