Kemenperin Rangkul Generasi Muda Tumbuhkan IKM Alas Kaki

Oleh : Ridwan | Kamis, 23 Maret 2017 - 12:17 WIB

Alas Kaki (Ilustrasi)
Alas Kaki (Ilustrasi)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Direktorat Jenderal IKM, Kementerian Perindustrian melalui Balai Pengembangan Industri Persepatuan Indonesia (BPIPI) akan menggelar Indonesian Footwear Creative Competition (IFCC) tahun 2017.

Dirjen IKM Kemenperin, Gati Wibawaningsih mengatakan, ini merupakan salah satu upaya kami dalam peningkatan standard kompetensi dan penumbuhan wirausaha di sektor IKM alas kaki dalam negeri.

"Target dan sasaran kami adalah generasi muda, karena generasi ini memiliki peluang dan potensi jangka panjang" ungkap Gati saat acara temu pelanggan BPIPI di Tangerang (22/3/2017).

Seperti diketahui pada tahun 2025, populasi Indonesia akan didominasi oleh mereka yang berusia 20-39 tahun.

Selain itu, generasi muda mempunyai karakteristik yang unik, sehingga dibutuhkan pendekatan yang kreatif untuk menciptakan ketertarikan pada pembuatan produk alas kaki.

Kompetisi ini akan melombakan dengan paket 3in1, yaitu desain, fotografi, dan videografi. Dengan total hadiah yang disiapkan sebesar Rp120 juta.  

"Kami melihat ketiga bidang tersebut merupakan kecenderungan, tren, hobi dan perkembangan teknologi yang saat ini dan akan dikuasai oleh generasi muda" tambahnya.

Gati juga berharap melalui IFCC ini dapat mengenalkan lebih dekat tentang produk alas kaki kepada generasi muda, selain sebagai bagian dari perkembangan mode, juga bisa menjadi rencana bisnis yang menjanjikan sehingga akan tumbuh pelaku industri kreatif sektor alas kaki.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gojek-Blibli Sepakat Tingkatkan Industri Pariwisata Melalui Platform Digital

Senin, 16 September 2019 - 09:00 WIB

Gojek-Blibli Sepakat Tingkatkan Industri Pariwisata Melalui Platform Digital

Dua perusahaan berbasis digital yakni PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) dan PT Global Digital Niaga (Blibli.com) menyatakan dukungannya dalam pengembangan pariwisata melalui platform digital.

Ilustrasi Gula (Ist)

Senin, 16 September 2019 - 08:07 WIB

Swasembada Gula Putih di Depan Mata

Jakarta - Dorongan terus dilakukan oleh Kementerian Pertanian (Kementan) terhadap investor di bidang gula untuk meningkatkan kapasitas produksi gula guna mencapai target memenuhi kebutuhan gula…

IHSG - Bursa Efek Indonesia (Dok INDUSTRY.co.id)

Senin, 16 September 2019 - 08:02 WIB

Awal Pekan IHSH Bergerak Terkoreksi

Jakarta - Secara teknikal pergerakan IHSG mengkonfirmasi pola dark cloud cover dengan terkoreksi menguji MA50 kembali yang berad dikisaran 6300. Indikator Stochastic memiliki pola dead-cross…

 founder BeauCell Indah Ludiana Ester Meiliana dan Imelda Willy bersama Para selebritis saat pembukaan Beaucell

Senin, 16 September 2019 - 08:02 WIB

Klinik Kecantikan BeauCell Selaraskan Dengan Teknologi Industri 4.0

Pesatnya kemajuan teknologi di industri 4.0 juga berdampak pada industri kecantikan. Seiring perubahan zaman masyarakat urban mengidamkan kehadiran klinik kecantikan terpadu yang menawarkan…

Fajar Hutomo, Deputi Akses Permodalan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf)

Senin, 16 September 2019 - 07:42 WIB

Bekraf Sambut Kehadiran Blockchain Bisa Atasi Sejumlah Persoalan Hak Intelektual

Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) menyambut antusias keberadaaan tekhnologi blockhain di tanah air karena sangat membantu mengatasi sejumlah persoalan Hak Inelektual yang terjadi selama ini. Sejumlah…