Rusunawa Mahasiswa Unpad Senilai Rp 15,7 Milyar Diresmikan

Oleh : Hariyanto | Senin, 03 Februari 2020 - 11:28 WIB

Rusunawa Mahasiswa Unpad
Rusunawa Mahasiswa Unpad

INDUSTRY.co.id - Sumedang - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendukung peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) lewat penyediaan hunian layak bagi mahasiswa berupa Rumah Susun Sewa (Rusunawa) untuk mahasiswa Universitas Padjajaran (Unpad) di Jalan Raya Bandung – Sumedang, Kelurahan Hegarmanah Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang.

Rusunawa mahasiswa Unpad tersebut diresmikan penggunaannya oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Jatinangor, Sabtu (1/2/2020) sore. Rusunawa setinggi empat lantai dengan hunian sebanyak 50 unit tersebut selesai dibangun Kementerian PUPR pada akhir tahun 2018 lalu dengan anggaran senilai Rp 15,7 Milyar.

Menteri Basuki  mengatakan Kementerian PUPR memang diperintahkan oleh Bapak Presiden Joko Widodo untuk memperhatikan infrastruktur pendukung pendidikan seperti hunian  mahasiswa, agar mereka bisa lebih fokus belajar untuk prestasi.

Menteri Basuki berharap agar rusun yang telah dilengkapi dengan furnitire ini bisa dirawat dan dimanfaatkan dengan sebaik baiknya dan tidak usah menunggu penyerahan aset karena membutuhkan waktu lama.

"Apabila ada yang masih kurang, akan kita perbaiki. Ini juga sekaligus menjadi pembuka Silaturahmi antara Kementerian PUPR dengan Unpad," tambahnya.

Menteri Basuki menambahkan, tidak hanya di Unpad, Kementerian PUPR juga membangun rusunawa mahasiswa untuk mendukung kegiatan pendidikan  di perguruan tinggi lainnya seperti Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Pekalongan (Unikal), dan Universitas Diponegoro (Undip).

Sementara Rektor Universitas Padjajaran Rina Indiastuti mengatakan, Rusunawa ini bisa menjadi tempat tinggal bagi para mahasiswa  yang nyaman dan bersih. Proyek rusunawa Mahasiswa Unpad diajukan pada 2017 karena banyak mahasiswa tahun pertama yang sangat membutuhkan  akomodasi. 

"Rusun diajukan pada 2017, dibangun setahun kemudian, dan selesai pada awal 2019. Rusunawa ini telah dihuni pada pertengahan 2019," imbuhnya.

Rusunawa Unpad tersebut dibangun oleh Satuan Kerja Pengembangan Perumahan, Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR dengan type 24 dan berkapasitas tampung 196 mahasiswa pria. Adapun kontraktor pelaksana adalah PT. Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk dan Konsultan Supervisi adalah PT. Delta.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Minggu, 14 April 2024 - 11:33 WIB

Ketua MPR RI Dukung Panglima TNI Tetapkan Penyebutan OPM dan Tegaskan Keselamatan Bangsa di Atas Segalanya

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mendukung langkah Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menetapkan penyebutan kelompok bersenjata yang menuntut Papua merdeka…

Donny Alamsyah Surprise Disambangi Tim LAKONE di Wonosari Gunung Kidul Yogyakarta

Minggu, 14 April 2024 - 09:36 WIB

Donny Alamsyah Surprise Disambangi Tim LAKONE di Wonosari Gunung Kidul Yogyakarta

Laporan Aktor Aktris On Location Atau LAKONE yang dipandu wartawan kawakan Sutrisno Buyil terus Melaju dengan mewawancarai bintang beken yang saat ini sibuk berkarier di industri hiburan. Pada…

Sambut Idul Fitri, MR.DIY Bagikan Inspirasi Pengalaman Mudik Nyaman dan Sehat #LebaranJadiMudah

Minggu, 14 April 2024 - 09:23 WIB

Sambut Idul Fitri, MR.DIY Bagikan Inspirasi Pengalaman Mudik Nyaman dan Sehat #LebaranJadiMudah

Setelah berpuasa 30 hari, saatnya merayakan kemenangan di Hari Raya Idul Fitri. Lebaran memang selalu menjadi momen yang dinantikan oleh umat muslim dan saat tepat untuk berkumpul bersama keluarga.…

Jalan Pansela Jawa Sebagai Jalur Wisata dan Alternatif Mudik Lebaran 2024

Minggu, 14 April 2024 - 06:54 WIB

Jalan Pansela Jawa Sebagai Jalur Wisata dan Alternatif Mudik Lebaran 2024

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong pembangunan Jalan Pantai Selatan (Pansela) Jawa yang ditargetkan tersambung dari Banten hingga Jawa Timur (Jatim). Jalan…

Babinsa Koramil 1710-05/Jila Bersama Satgas Yonif 116 Laksanakan Pendampingan Pelayanan Kesehatan

Minggu, 14 April 2024 - 06:42 WIB

Babinsa Koramil 1710-05/Jila Bersama Satgas Yonif 116 Laksanakan Pendampingan Pelayanan Kesehatan

Para Bintara pembina desa dari jajaran Kodim 1710/Mimika di tingkat Koramil kian intens melakukan komunikasi sosial dengan masyarakat di wilayah tugasnya. Seperti yang dilakukan oleh Babinsa…