Rusunawa Mahasiswa Unpad Senilai Rp 15,7 Milyar Diresmikan

Oleh : Hariyanto | Senin, 03 Februari 2020 - 11:28 WIB

Rusunawa Mahasiswa Unpad
Rusunawa Mahasiswa Unpad

INDUSTRY.co.id - Sumedang - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendukung peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) lewat penyediaan hunian layak bagi mahasiswa berupa Rumah Susun Sewa (Rusunawa) untuk mahasiswa Universitas Padjajaran (Unpad) di Jalan Raya Bandung – Sumedang, Kelurahan Hegarmanah Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang.

Rusunawa mahasiswa Unpad tersebut diresmikan penggunaannya oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Jatinangor, Sabtu (1/2/2020) sore. Rusunawa setinggi empat lantai dengan hunian sebanyak 50 unit tersebut selesai dibangun Kementerian PUPR pada akhir tahun 2018 lalu dengan anggaran senilai Rp 15,7 Milyar.

Menteri Basuki  mengatakan Kementerian PUPR memang diperintahkan oleh Bapak Presiden Joko Widodo untuk memperhatikan infrastruktur pendukung pendidikan seperti hunian  mahasiswa, agar mereka bisa lebih fokus belajar untuk prestasi.

Menteri Basuki berharap agar rusun yang telah dilengkapi dengan furnitire ini bisa dirawat dan dimanfaatkan dengan sebaik baiknya dan tidak usah menunggu penyerahan aset karena membutuhkan waktu lama.

"Apabila ada yang masih kurang, akan kita perbaiki. Ini juga sekaligus menjadi pembuka Silaturahmi antara Kementerian PUPR dengan Unpad," tambahnya.

Menteri Basuki menambahkan, tidak hanya di Unpad, Kementerian PUPR juga membangun rusunawa mahasiswa untuk mendukung kegiatan pendidikan  di perguruan tinggi lainnya seperti Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Pekalongan (Unikal), dan Universitas Diponegoro (Undip).

Sementara Rektor Universitas Padjajaran Rina Indiastuti mengatakan, Rusunawa ini bisa menjadi tempat tinggal bagi para mahasiswa  yang nyaman dan bersih. Proyek rusunawa Mahasiswa Unpad diajukan pada 2017 karena banyak mahasiswa tahun pertama yang sangat membutuhkan  akomodasi. 

"Rusun diajukan pada 2017, dibangun setahun kemudian, dan selesai pada awal 2019. Rusunawa ini telah dihuni pada pertengahan 2019," imbuhnya.

Rusunawa Unpad tersebut dibangun oleh Satuan Kerja Pengembangan Perumahan, Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR dengan type 24 dan berkapasitas tampung 196 mahasiswa pria. Adapun kontraktor pelaksana adalah PT. Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk dan Konsultan Supervisi adalah PT. Delta.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

SEVP Digital Banking BSI Saut Parulian Saragih berbincang dan belanja bersama dengan anak-anak yatim didampingi perwakilan LAZ.

Sabtu, 27 Juli 2024 - 11:18 WIB

BSI Ajak 140 Anak Yatim Belanja, Ajarkan Literasi Transaksi Syariah

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) berkolaborasi dengan 7 (tujuh) Lembaga Amil Zakat (LAZ) menyelenggarakan acara Lebaran Anak Yatim untuk berbagi kebahagiaan berupa belanja bersama di Department…

Lokasi Bendungan Jlantah dan Jragung

Sabtu, 27 Juli 2024 - 10:32 WIB

Waskita Karya Ungkap Progres Bendungan Jlantah dan Jragung

Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero) Tbk Muhammad hanugroho didampingi Direktur Operasi II Waskita Karya Dhetik Ariyanto mengunjungi lokasi pembangunan Bendungan Jlantah dan Jragung di…

YBM BRILiaN telah memperoleh kembali izin operasional sebagai Lembaga Amil Zakat

Sabtu, 27 Juli 2024 - 09:44 WIB

Kemenag RI Menyerahkan SK Izin Operasional Sebagai Lembaga Amil Zakat Skala Nasional Kepada YBM BRILiaN

Yayasan Baitul Maal BRILiaN atau YBM BRILiaN telah memperoleh kembali izin operasional sebagai Lembaga Amil Zakat (LAZ) Skala Nasional berdasarkan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia…

Direktur Utama Kideco, M. Kurnia Ariawan, bersama Direktur Eksekutif IBCWE, Clara Wita Krisanti, setelah menandatangani kerja sama antara Kideco dan IBCWE

Sabtu, 27 Juli 2024 - 09:10 WIB

Dirut Kideco: Perusahaan Tambang Harus Berikan Kesempatan yang Sama Terhadap Perempuan

Direktur Utama PT Kideco Jaya Agung (Kideco), Mohammad Kurnia Ariawan mengatakan, pekerjaan tambang, tidak lagi menjadi pekerjaan yang harus didominasi oleh laki-laki. Menurutnya, kini perusahaan…

Launching Mandiri Lippo Malls Card

Sabtu, 27 Juli 2024 - 08:18 WIB

Penuhi Kebutuhan Lifestyle, Bank Mandiri Luncurkan Mandiri Lippo Malls Card dan Solusi Valuta Asing

Bank Mandiri bersama Lippo Malls, anak perusahaan Lippo Group memperkuat kolaborasi dengan meluncurkan kartu kredit co-branding Mandiri Lippo Malls Card. Lewat inovasi ini, diharapkan dapat…