Perayaan Imlek Nasional 2020 Undang Raja Raja Nusantara Ke ICE BSD

Oleh : Amazon Dalimunthe | Selasa, 28 Januari 2020 - 15:07 WIB

Panitia Perayaan Imlek Nasional 2020 yang akan diselenggarakan di ICE BSD 30 Januari 2020
Panitia Perayaan Imlek Nasional 2020 yang akan diselenggarakan di ICE BSD 30 Januari 2020

INDUSTRY.co.id - JAKARTA—Puncak perayaan Imlek Nasional 2020 bakal digelar di ICE BSD City, Tangerang Selatan pada Kamis, 30 Januari 2020. Perayaan Imlek ini bakal lebih kental nuansa kebudayaan dan keragaman masyarakat Indonesia. Apalagi panitia juga mengundang para Raja Raja Se Nusantara yang memiliki sejarah, wilayah, dan garis keturunan yang jelas.

Demikian disampaikan Ketua Panitia Perayaan Imlek Nasional 2020 Gandi Sulistiyanto saat Konperensi pers perayaan Imlek Nasional 2020 hari Senin, 27 Januari, kemrain. Ia menambahkan, seperti kegiatan serupa tahun lalu, perayaan nanti diharapkan akan lepas dari sekat kelembagaan, organisasi, maupun kelompok-kelompok yang selama ini memayungi warga Tiionghoa di Indonesia.

“Perayaan Imlek Nasional menunjukkan perbedaan adalah keniscayaan, dan tidak perlu menjadikannya sebagai sumber pertentangan. Apa yang dapat dan mesti kita lakukan adalah bersatu untuk tujuan yang lebih mulia, kesejahteraan, kebahagiaan dan kemajuan diri serta bangsa,” ungkap Gandi Sulistiyanto .

Saat perayaan tahun lalu, kata dia, Presiden Joko Widodo hadir untuk kali pertama dalam perayaan Imlek. “Tahun lalu, Presiden dijadwalkan hanya 45 menit. Tapi beliau berkenan hadir hingga 3,5 jam merayakan Imlek Nasional 2019 di Pontianak. Tahun ini, kami harap beliau juga berkenan hadir,” kata Gandi.

Lebih jauh Gandi menyatakan bahwa panitia telah menyebar 15.000-an undangan kepada lintas pihak, profesi dan keimanan. “Target kerja kami 10.000 undangan yang hadir, tapi kami sudah sebarkan 15.000-an undangan kepada berbagai pihak. Demi kemudahan dan kenyamanan, kami harap lembar undangan yang memiliki barcode itu dibawa saat akan hadir ke lokasi,” imbuhnya.

Sedikit berbeda dari tahun lalu, Perayaan Imlek Nasional 2020 akan mengundang 29 orang raja dari berbagai kerajaan di penjuru Nusantara. Gandi Sulistiyanto menegaskan, undangan kepada para raja se-Nusantara tersebut sebagai penanda bahwasanya perayaan Imlek adalah bukan lagi milik suku Indonesia Tionghoa semata, namun telah menjadi sebuah kegiatan budaya yang dapat dinikmati setiap kalangan.

“Untuk Indonesia yang semakin maju, sebagaimana tema perayaan kali ini, seluruh warga negara, termasuk suku Indonesia Tionghoa mesti mengambil peran aktif. Hal semacam ini cukup sering kita dengar dan ucapkan, tinggal kita laksanakan bersama dengan lebih serius dan ikhlas,” kata Gandi Sulistiyanto.

Untuk tetap menjaga keragaman, panitia akan menggunakan baju khas daerah daerah Indonesia. Dan peserta dibebaskan untuk memilih menggunakan pakaian khas Tionghoa, atau busana berwarna merah. Panita Pelaksana Perayaan Imlek Nasional 2020 ini terdiri dari G. Sulistiyanto selaku Ketua Panitia, didampingi Teddy Sugianto, David Herman Jaya dan Arief Harsono di Wakil Ketua Panitia, dibantu Sekretaris 1 dan Sekretaris 2, Eddy Hussy dan Ulung Rusman, serta Pui Sudarto di Kebendaharaan Panitia, bersama tokoh Masyarakat Tionghoa lintas organisasi, bisnis dan beberapa bidang lainnya. (AMZ)

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prijono Sugiharto Dirut Astra Internasional

Jumat, 21 Februari 2020 - 22:01 WIB

Prijono Bos Astra: 63 Tahun Astra Kobarkan Gerakan Kurangi Plastik

Kami mengajak seluruh karyawan Astra dan masyarakat luas untuk semakin peduli tentang bahaya sampah plastik sekali pakai. Melalui partisipasi manajemen, karyawan, dan masyarakat, kami berharap…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita ketika menghadiri peresmian fasilitas produksi viscose rayon PT Asia Pacific Rayon (APR) di Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Riau

Jumat, 21 Februari 2020 - 20:30 WIB

Bahan Baku Terpenuhi, Menperin Genjot Industri TPT Nasional

Industri tekstil dan produk tesktil (TPT) diyakini akan semakin tumbuh berkembang dengan ketersediaan bahan baku dari dalam negeri.

Samsung Galaxy Z Flip

Jumat, 21 Februari 2020 - 19:29 WIB

Samsung Kenalkan Smartphone Layar Lipat Terbaru, Galaxy Z Flip

Saat dilipat, Galaxy Z Flip tampil nyaman dalam genggaman, serta mudah disimpan. Ketika dibuka, layar berukuran hampir dua kali lipat – menampilkan layar 6.7 inci.

Kerjasama Penyediaan Produk Beton dan Jasa Konstruksi untuk Pembangunan dan Pemeliharaan Bangunan serta Fasilitas Pendukung di Area Bandara

Jumat, 21 Februari 2020 - 19:22 WIB

Angkasa Pura Properti dan Waskita Beton PrecastTandatangani Kerjasama Pembangunan dan Pemeliharaan Area Bandara

Jakarta-Sinergi anak usaha BUMN dalam pembangunan dan pemeliharaan area bandar udara dilakukan oleh PT Angkasa Pura Properti, anak usaha dari pengelola bandara PT Angkasa Pura I (Persero), dan…

realme C3

Jumat, 21 Februari 2020 - 19:07 WIB

realme Resmi Meluncurkan realme C3 Triple Camera Game Monster di Indonesia

realme C3 menghadirkan pengaturan kamera belakang 12MP + 2MP + 2MP. Kamera utama 12MP-nya memiliki aperture besar F/1.8 dan ukuran piksel 1,25μm yang besar. Konfigurasi kamera tersebut dapat…