Perayaan Imlek Nasional 2020 Undang Raja Raja Nusantara Ke ICE BSD

Oleh : Amazon Dalimunthe | Selasa, 28 Januari 2020 - 15:07 WIB

Panitia Perayaan Imlek Nasional 2020 yang akan diselenggarakan di ICE BSD 30 Januari 2020
Panitia Perayaan Imlek Nasional 2020 yang akan diselenggarakan di ICE BSD 30 Januari 2020

INDUSTRY.co.id - JAKARTA—Puncak perayaan Imlek Nasional 2020 bakal digelar di ICE BSD City, Tangerang Selatan pada Kamis, 30 Januari 2020. Perayaan Imlek ini bakal lebih kental nuansa kebudayaan dan keragaman masyarakat Indonesia. Apalagi panitia juga mengundang para Raja Raja Se Nusantara yang memiliki sejarah, wilayah, dan garis keturunan yang jelas.

Demikian disampaikan Ketua Panitia Perayaan Imlek Nasional 2020 Gandi Sulistiyanto saat Konperensi pers perayaan Imlek Nasional 2020 hari Senin, 27 Januari, kemrain. Ia menambahkan, seperti kegiatan serupa tahun lalu, perayaan nanti diharapkan akan lepas dari sekat kelembagaan, organisasi, maupun kelompok-kelompok yang selama ini memayungi warga Tiionghoa di Indonesia.

“Perayaan Imlek Nasional menunjukkan perbedaan adalah keniscayaan, dan tidak perlu menjadikannya sebagai sumber pertentangan. Apa yang dapat dan mesti kita lakukan adalah bersatu untuk tujuan yang lebih mulia, kesejahteraan, kebahagiaan dan kemajuan diri serta bangsa,” ungkap Gandi Sulistiyanto .

Saat perayaan tahun lalu, kata dia, Presiden Joko Widodo hadir untuk kali pertama dalam perayaan Imlek. “Tahun lalu, Presiden dijadwalkan hanya 45 menit. Tapi beliau berkenan hadir hingga 3,5 jam merayakan Imlek Nasional 2019 di Pontianak. Tahun ini, kami harap beliau juga berkenan hadir,” kata Gandi.

Lebih jauh Gandi menyatakan bahwa panitia telah menyebar 15.000-an undangan kepada lintas pihak, profesi dan keimanan. “Target kerja kami 10.000 undangan yang hadir, tapi kami sudah sebarkan 15.000-an undangan kepada berbagai pihak. Demi kemudahan dan kenyamanan, kami harap lembar undangan yang memiliki barcode itu dibawa saat akan hadir ke lokasi,” imbuhnya.

Sedikit berbeda dari tahun lalu, Perayaan Imlek Nasional 2020 akan mengundang 29 orang raja dari berbagai kerajaan di penjuru Nusantara. Gandi Sulistiyanto menegaskan, undangan kepada para raja se-Nusantara tersebut sebagai penanda bahwasanya perayaan Imlek adalah bukan lagi milik suku Indonesia Tionghoa semata, namun telah menjadi sebuah kegiatan budaya yang dapat dinikmati setiap kalangan.

“Untuk Indonesia yang semakin maju, sebagaimana tema perayaan kali ini, seluruh warga negara, termasuk suku Indonesia Tionghoa mesti mengambil peran aktif. Hal semacam ini cukup sering kita dengar dan ucapkan, tinggal kita laksanakan bersama dengan lebih serius dan ikhlas,” kata Gandi Sulistiyanto.

Untuk tetap menjaga keragaman, panitia akan menggunakan baju khas daerah daerah Indonesia. Dan peserta dibebaskan untuk memilih menggunakan pakaian khas Tionghoa, atau busana berwarna merah. Panita Pelaksana Perayaan Imlek Nasional 2020 ini terdiri dari G. Sulistiyanto selaku Ketua Panitia, didampingi Teddy Sugianto, David Herman Jaya dan Arief Harsono di Wakil Ketua Panitia, dibantu Sekretaris 1 dan Sekretaris 2, Eddy Hussy dan Ulung Rusman, serta Pui Sudarto di Kebendaharaan Panitia, bersama tokoh Masyarakat Tionghoa lintas organisasi, bisnis dan beberapa bidang lainnya. (AMZ)

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirjen IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih saat memberikan bantuan mesin dan peralatan kepada UPT Tekstil Majalaya

Jumat, 25 September 2020 - 17:45 WIB

Kemenperin Salurkan Bantuan Mesin dan Peralatan Kepada UPT Tekstil Majalaya

Kementerian Perindustrian aktif memfasilitasi pemberian mesin dan peralatan produksi bagi pelaku industri kecil menengah (IKM). Program ini diyakini dapat meningkatkan produktivitas dan daya…

Kepala BPPI Kemenperin, Doddy Rahadi

Jumat, 25 September 2020 - 17:06 WIB

Dukung Pemulihan Ekonomi dan Daya Saing SDM Industri, Kemenperin Dongkrak Peningkatan Mutu Produk IKM

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) semakin gencar menginisiasi program pengembangan Industri Kecil dan Menengah (IKM) agar bisa lebih berdaya saing global.

Kepala Pusat Data & Informasi Kementerian ESDM Agus Cahyono Adi (tengah) bersama Enterprise Project Director Telkom Judi Achmadi (kedua dari kiri), Director of Regional Marketing Pertamina Patra Niaga Jumali (kedua dari kanan), Vice President Business Demand Pertamina Joko Purnomo (paling kanan) dan Operation Senior Manager Enterprise, Government, & Business Service Telkom Regional II Andri Nopendra

Jumat, 25 September 2020 - 16:43 WIB

Telkom Dukung Pertamina Genjot Digitalisasi SPBU di Seluruh Indonesia

PT Pertamina (Persero) bekerjasama dengan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) mengimplementasikan program digitalisasi SPBU di seluruh Indonesia. Melalui digitalisasi ini, Pertamina dapat…

Toni EB Subari, Direktur Utama Mandiri Syariah saat diskusi virtual

Jumat, 25 September 2020 - 16:31 WIB

Mandiri Syariah Jadikan Literasi dan Digitalisasi Kunci Perkembangan Perbankan Syariah Nasional

PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) berkomitmen untuk terus meningkatkan literasi perbankan syariah. Hal tersebut sebagai salah satu upaya mendukung perkembangan ekonomi syariah di Indonesia,…

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra atau akrab disapa Coach Teco

Jumat, 25 September 2020 - 16:00 WIB

Coach Teco dan Tim Serdadu Tridatu Bertolak ke Homebase Yogyakarta

Skuad Bali United terus melakukan berbagai persiapan dalam lanjutan Liga1-2020Tugas tambahan pun harus dijalani tim asal pulau dewata ini lantaran homebase yang harus berpindah ke pulau Jawa.…