Kemendag Gandeng Duta Besar Pacu Ekspor Produk Indonesia ke Polandia

Oleh : Ridwan | Jumat, 17 Januari 2020 - 11:35 WIB

Ilustrasi Ekspor (Ist)
Ilustrasi Ekspor (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian Perdagangan terus bekerjasama dengan seluruh perwakilan Indonesia di negara-negara kawasan Eropa Timur dan Eropa Tengah, termasuk dengan Polandia untuk meningkatkan volume perdagangan. 

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengatakan Indonesia berkepentingan meningkatkan ekspor ke pasar nontradisional. 

"Polandia yang menjadi bagian dari negara Uni Eropa merupakan pasar nontradisional yang sangat potensial untuk dikembangkan bagi ekspor Indonesia," kata Wamen Jerry seusai bertemu Duta Besar RI untuk Polandia Siti Nugraha Mauludiah di Jakarta, Jumat (17/1/2020).

Saat ini, jumlah penduduk Polandia tercatat sekitar 35 juta dengan pertumbuhan ekonomi sebesar 4-5 persen. Dengan jumlah masyarakat kelas menengah yang terus meningkat, semakin meningkatnya potensi Polandia sebagai negara nontradisional bagi Indonesia.

Adapun beberapa produk Indonesia yang banyak diminati di Polandia di antaranya adalah mi instan, permen kopi, batik, furnitur, kopi dan sawit.

Dijelaskan Jerry, saat ini nilai perdagangan Indonesia dan Polandia tercatat sebesar 600 juta dolar AS. 

Selain melalui perdagangan langsung antar kedua negara, tambah Wamendag, produk Indonesia masuk ke Polandia melalui Jerman, Hongaria, dan negara-negara Eropa Barat. 

"Dengan meningkatnya perdagangan langsung, nantinya produk-produk Indonesia akan lebih berdaya saing di pasar Polandia," terang Jerry.

Dalam pertemuan tersebut, Wamendag juga mengajak Duta Besar RI untuk Polandia melakukan kampanye positif sawit di Eropa. Selain itu, turut juga dibahas rencana Kementerian Perdagangan untuk mengikuti pameran World Coffee Expo Warsaw 2020 guna meningkatkan ekspor kopi Indonesia. (Ant).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…

Adi Nugroho, Praktisi HRD, Mahasiswa Magister Fakultas Management Technology President University.

Kamis, 25 April 2024 - 19:40 WIB

Anda Lulusan SMK : Penting Untuk Memiliki Strategi 'Memasarkan' Diri

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa manusia pada era industry 4.0. Perkembangan tersebut membawa perubahan disetiap lini kehidupan termasuk di ranah Pendidikan dan industri.…

Diskusi bertajuk Tuntutan Implementasi Bisnis Properti & Pembiayaan Hijau (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 19:33 WIB

Kian Prospektif, Stakeholder Harap Insentif Properti Hijau

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya mendorong konsep bisnis berkelanjutan di sektor properti termasuk sektor pembiayaannya.

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…

RUPST PT Dharma Polimental Tbk.

Kamis, 25 April 2024 - 17:11 WIB

Ditengah Situasi Wait & See, Penjualan DRMA Tetap Stabil di Rp1,34 Triliun di Kuartal 1 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.