Debut Tim President University di Turnamen Debat Terbesar Dunia

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 16 Januari 2020 - 12:28 WIB

Tim President University yang terdiri dari Rendy Utomo dan Ni Putu Andini Siddi Pratiwi telah mengikuti World University Debate Championship (WUDC) di Bangkok pada tanggal 27 Desember 2019 - 4 Januari 2020.
Tim President University yang terdiri dari Rendy Utomo dan Ni Putu Andini Siddi Pratiwi telah mengikuti World University Debate Championship (WUDC) di Bangkok pada tanggal 27 Desember 2019 - 4 Januari 2020.

INDUSTRY.co.id,  Jakarta-Tim President University yang terdiri dari Rendy Utomo dan Ni Putu Andini Siddi Pratiwi telah mengikuti World University Debate Championship (WUDC) di Bangkok pada tanggal 27 Desember 2019 - 4 Januari 2020.

Menjadi ajang debut tim President University tampil di turnamen debat terbesar di dunia, Rendy berhasil meraih Top 25 Best Speaker kategori English as Foreign Language (EFL) dari total 144 speakers yang berkompetisi di kategori tersebut. Sementara itu, Andin berada di posisi ke-55 di kategori yang sama.

WUDC merupakan turnamen debat internasional terbesar di dunia yang diikuti oleh berbagai universitas bergengsi antara lain Harvard University, Oxford University, London School of Economics and Political Science, Monash University, dan masih banyak lagi lainnya. Peserta dalam turnamen ini dibagi menjadi tiga kategori berdasarkan kemampuan berbahasa Inggrisnya, antara lain Main Category di mana pesertanya berasal dari negara dengan bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya, English as Second Language (ESL) di mana pesertanya berasal dari negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua, dan English as Foreign Language (EFL) di mana pesertanya berasal dari negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa asing.

Rendy dan Andin mengaku bukan hal yang mudah untuk meraih posisi tersebut. Di babak pertama, keduanya langsung berhadapan dengan salah satu tim unggulan yaitu Oxford University. “Di babak preliminary, peserta tidak bertanding berdasarkan kategorinya. Itu sebabnya kami dapat bertemu dengan Oxford University meski sesungguhnya kami berasal dari kategori yang berbeda,” ujar Rendy. Meski belum berhasil menaklukkan Oxford University, keduanya mengaku debutnya ini menjadi awal baik bagi tim President University untuk kembali berlaga di WUDC selanjutnya. Rendy mengungkapkan, “Kami mendapat pelajaran berharga dari kompetisi ini, antara lain bagaimana memiliki strategic framing dan menyampaikan argumen yang efektif.”

Tidak puas dengan capaiannya saat ini, Rendy dan Andin akan terus aktif di turnamen-turnamen debat lainnya, entah sebagai juri, pembicara, atau sebagai coach untuk membagikan pengalaman berharga mereka ini.

President University is one of the best private universities in Indonesia (accredited A). President University offers strong international learning and research environment. The lectures at President University are carried out in English. The number of international students at President University is one of the highest among all universities across Indonesia. President University is located in one of the largest industrial estates in Southeast Asia (Jababeka Industrial Estate) where various companies from many countries establish and run their business. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra atau akrab disapa Coach Teco

Jumat, 25 September 2020 - 16:00 WIB

Coach Teco dan Tim Serdadu Tridatu Bertolak ke Homebase Yogyakarta

Skuad Bali United terus melakukan berbagai persiapan dalam lanjutan Liga1-2020Tugas tambahan pun harus dijalani tim asal pulau dewata ini lantaran homebase yang harus berpindah ke pulau Jawa.…

Presiden Jokowi Resmikan Tol Pekanbaru-Dumai Secara Virtual

Jumat, 25 September 2020 - 15:13 WIB

Presiden Jokowi Resmikan Tol Pekanbaru-Dumai Secara Virtual

Presiden Jokowi menyampaikanbahwatak hanya menjadi tol pertama bagi masyarakat di Provinsi Riau, namun keberadaan tol ini juga akan mendatangkan banyak manfaat khususnya bagi masyarakat di sekitar…

Malaysia Heath Care (Foto Ist)

Jumat, 25 September 2020 - 15:00 WIB

Malaysia Perkuat Sebagai Destinasi Wisata Kesehatan

Malaysia kembali meraih gelar bergengsi ‘Health and Medical Tourism: Destination of the Year’ dalam ajang International Medical Travel Journal (IMTJ) Medical Travel Awards 2020 yang berlangsung…

Angkasa Pura I - Penghargaan Indonesia CSR x PKBL Award 2020 (Photo by BUMN)

Jumat, 25 September 2020 - 14:15 WIB

Dukung Pengembangan Pariwisata Daerah, Angkasa Pura Airports Raih Penghargaan Indonesia CSR x PKBL Award 2020

Angkasa Pura Airports berhasil meraih penghargaan pada kategori "Transportation and Warehouse with Outstanding Program in Local Tourism Development Initiative".

BCA & Desa Wisata Institute Gelar Workshop bagi 12 Desa Wisata Binaan

Jumat, 25 September 2020 - 14:03 WIB

BCA & Desa Wisata Institute Gelar Workshop bagi 12 Desa Wisata Binaan

BCA melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) Bakti BCA menggelar Workshop Digital Marketing 2020: Creative Storytelling bagi para pengurus 12 Desa Wisata Binaan BCA yang tersebar…