Debut Tim President University di Turnamen Debat Terbesar Dunia

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 16 Januari 2020 - 12:28 WIB

Tim President University yang terdiri dari Rendy Utomo dan Ni Putu Andini Siddi Pratiwi telah mengikuti World University Debate Championship (WUDC) di Bangkok pada tanggal 27 Desember 2019 - 4 Januari 2020.
Tim President University yang terdiri dari Rendy Utomo dan Ni Putu Andini Siddi Pratiwi telah mengikuti World University Debate Championship (WUDC) di Bangkok pada tanggal 27 Desember 2019 - 4 Januari 2020.

INDUSTRY.co.id,  Jakarta-Tim President University yang terdiri dari Rendy Utomo dan Ni Putu Andini Siddi Pratiwi telah mengikuti World University Debate Championship (WUDC) di Bangkok pada tanggal 27 Desember 2019 - 4 Januari 2020.

Menjadi ajang debut tim President University tampil di turnamen debat terbesar di dunia, Rendy berhasil meraih Top 25 Best Speaker kategori English as Foreign Language (EFL) dari total 144 speakers yang berkompetisi di kategori tersebut. Sementara itu, Andin berada di posisi ke-55 di kategori yang sama.

WUDC merupakan turnamen debat internasional terbesar di dunia yang diikuti oleh berbagai universitas bergengsi antara lain Harvard University, Oxford University, London School of Economics and Political Science, Monash University, dan masih banyak lagi lainnya. Peserta dalam turnamen ini dibagi menjadi tiga kategori berdasarkan kemampuan berbahasa Inggrisnya, antara lain Main Category di mana pesertanya berasal dari negara dengan bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya, English as Second Language (ESL) di mana pesertanya berasal dari negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua, dan English as Foreign Language (EFL) di mana pesertanya berasal dari negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa asing.

Rendy dan Andin mengaku bukan hal yang mudah untuk meraih posisi tersebut. Di babak pertama, keduanya langsung berhadapan dengan salah satu tim unggulan yaitu Oxford University. “Di babak preliminary, peserta tidak bertanding berdasarkan kategorinya. Itu sebabnya kami dapat bertemu dengan Oxford University meski sesungguhnya kami berasal dari kategori yang berbeda,” ujar Rendy. Meski belum berhasil menaklukkan Oxford University, keduanya mengaku debutnya ini menjadi awal baik bagi tim President University untuk kembali berlaga di WUDC selanjutnya. Rendy mengungkapkan, “Kami mendapat pelajaran berharga dari kompetisi ini, antara lain bagaimana memiliki strategic framing dan menyampaikan argumen yang efektif.”

Tidak puas dengan capaiannya saat ini, Rendy dan Andin akan terus aktif di turnamen-turnamen debat lainnya, entah sebagai juri, pembicara, atau sebagai coach untuk membagikan pengalaman berharga mereka ini.

President University is one of the best private universities in Indonesia (accredited A). President University offers strong international learning and research environment. The lectures at President University are carried out in English. The number of international students at President University is one of the highest among all universities across Indonesia. President University is located in one of the largest industrial estates in Southeast Asia (Jababeka Industrial Estate) where various companies from many countries establish and run their business. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gad Permata, Vice President D-house Clarion Events di ajang Indonesia Property Expo 2020 di JCC, Senayan, Jakarta.

Jumat, 21 Februari 2020 - 07:49 WIB

Indonesia Properti Expo 2020 Targetkan Pasar Milenial Miliki Hunian Pertama

Ajang pameran Indonesia Properti Expo (IPEX) 2020 yang berlangsung sejak 15 feruari hingga 23 Februari di JCC, Senayan, Jakarta ini menargetkan total 170.000 pengunjung. Hingga hari ke 6 Pameran…

Kakao (kakaoindonesia)

Jumat, 21 Februari 2020 - 07:31 WIB

Pertanian Andalan Perbaikan Neraca Dagang

Kementerian Pertanian (Kementan) terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan neraca perdagangan melalui lalu lintas ekspor. Peningkatan dilakukan sebagai upaya menekan angka defisit neraca…

Qlue hadir di kota Tomohon

Jumat, 21 Februari 2020 - 07:29 WIB

Qlue Hadirkan Berbagai Solusi Smart City di Tomohon

Berbagai solusi teknologi smart city Qlue secara resmi hadir di Kota Tomohon Kamis (20/2/2020). Solusi tersebut bertujuan untuk meningkatkan layanan publik, memahami berbagai potensi wilayah,…

Kebun Kelapa Sawit (Ist)

Jumat, 21 Februari 2020 - 07:22 WIB

Nilai Ekspor Pertanian Surplus Tumbuh 10,90 Persen

Ekspor produk pertanian pada periode November dan Desember 2019 mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Badan Pusat Statistik (BPS) merilis bahwa volume dan nilai ekspor produk pertanian…

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyaksikan pedet di Sumut

Jumat, 21 Februari 2020 - 07:11 WIB

Produksi Pedet Sumut Diharap Tekan Defisit Kebutuhan Daging Sapi

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) melakukan panen 1000 ekor pedet sekaligus meluncurkan program Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri (Sikomandan) di Kabupaten Serdang Bedagai…