Musim Hujan Tiba, Waspadai Potensi Penyakit Yang Timbul Ini

Oleh : Hariyanto | Senin, 06 Januari 2020 - 10:59 WIB

Banjir (Ilustrasi)
Banjir (Ilustrasi)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Potensi curah hujan yang masih tinggi dalam beberapa bulan ke depan mengharuskan kita untuk tetap waspada dari berbagai aspek, mulai dari keamanan rumah, aset, dan yang lebih penting lagi adalah kesehatan keluarga di rumah. dr. Vian Setyawan, Kepala IGD RS Awal Bros Bekasi Barat memberikan informasi terkait dengan potensi penyakit yang dapat timbul pada musim hujan dan banjir. 

 
Banjir dapat dipastikan menyebabkan higienitas lingkungan menjadi buruk. Lingkungan yang banyak genangan air juga menjadi lahan yang baik sebagai perkembangbiakan nyamuk. Kondisi tersebut dapat menyebabkan potensi muntaber, leptospirosis, demam dengue, infeksi saluran pernapasan, dan eczema kulit. 
 
Perlu diperhatikan bahwa penyakit tersebut dapat saling menularkan. Infeksi pencernaan seperti muntaber atau typhoid dapat muncul dari konsumsi makanan atau minuman yang tercemar. Infeksi pernapasan dapat menular dari batuk atau pilek melalui udara. Infeksi dengue dapat menular karena virus dengue dengan mudah tersebar akibat banyaknya nyamuk sebagai sarana pembawa virus tersebut.
 
Kondisi tersebut jika tidak tertangani dengan baik dapat menyebabkan berbagai dampak kesehatan yang buruk seperti muntaber dapat menyebabkan dehidrasi berat, dengue dapat menyebabkan perdarahan organ dalam, leptospirosis menyebabkan infeksi otak, dan infeksi saluran napas dapat menyebabkan sesak napas berat. Kondisi terminal tersebut dapat menyebabkan kematian.
 
Untuk mencegah penyakit tersebut, melakukan pemeliharaan rutin pada sistem sanitasi wajib dilakukan tanpa menunggu musim hujan tiba. Jika sampai musim hujan tiba, apalagi jika banjir melanda, risiko terkena penyakit-penyakit di atas akan jauh lebih tinggi.
 
Banjir merupakan suatu bencana alam. Perlu ketanggapan dan kerja sama berbagai pihak dalam mengantisipasi banjir. Sebaiknya masyarakat mengetahui tempat pengungsian yang mudah dicapai dan aman dari bencana, baik untuk pengungsi maupun tenaga bantuan. Biasakan untuk menyediakan persediaan papan sandang pangan yang layak dan mengetahui posko medis untuk penanganan pertama serta transportasi untuk penanganan medis lanjut.
 
Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan pasca bencana banjir melanda:
 
1. Menjaga kebersihan. Segera bersihkan dan keringkan rumah untuk mencegah pertumbuhan jamur serta bersihkan barang-barang yang sempat terendam. Jangan lupa bersihkan barang-barang dengan campuran yang mengandung anti-bakteri. Tutupi wadah air dan keringkan genangan untuk mencegah perkembangan nyamuk.
 
2. Menjaga kesehatan. Obati luka-luka yang terbuka dengan antiseptik dan tutup luka tersebut agar cepat mengering. Perhatikan higienitas dan batas kadaluarsa makanan atau minuman. Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan.
 
3. Menjaga keselamatan. Pastikan barang-barang yang menggunakan listrik dalam kondisi layak digunakan sebelum menyalakan aliran listrik rumah untuk mencegah tersetrum atau kebakaran.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…

Tupperware luncurkan 3 Produk Baru, One Touch Fresh Rectangular, Supersonic Chopper Tall dan Black Series.

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:47 WIB

Tupperware Luncurkan 3 Produk Baru Untuk Meriahkan Ramadan

Sebagai Premium Housewares Solutions nomor 1 di Indonesia, Tupperware kembali menghadirkan produk terbaru untuk menemani keluarga Indonesia menyambut Ramadan di tahun ini.