Jadi Messenger Rakyat, Gem4me Telah di Instal Lebih dari 10 Juta Pengguna

Oleh : Kormen Barus | Jumat, 27 Desember 2019 - 06:52 WIB

Gem4me MarketSpace
Gem4me MarketSpace

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Komunikasi lisan menjadi suatu kemewahan yang hanya mampu kita lakukan dengan orang yang paling dekat. Dalam lingkaran komunikasi yang lebih luas, pilihan komunikasi melalui berbagai perangkat teknis sudah menjadi trend dan bahkan kebutuhan global. Messenger telah lama menggantikan SMS dan pemain baru di pasar ini - messenger Gem4me – sekarang secara aktif bersaing untuk memiliki kemampuan yang paling mudah, cepat dan effisien dalam menyampaikan pikiran, perasaan dan keinginan pengguna atau antar pengguna.

Di dunia modern, messenger secara aktif menggerogoti jumlah pembicaraan lewat telepon. Pendapatan operator dari layanan suara, seperti telepon, sedang turun selama beberapa tahun, sementara konsumsi pengguna jalur Internet, termasuk melalui messenger popular tumbuh secara pesat, yang menunjukkan perubahan mendasar dalam struktur komunikasi. Di satu sisi, komunikasi beralih dari pesan suara ke teks dan audio. Keunggulan lainnya adalah bahwa melalui messenger pengguna tidak hanya berkorespondensi, tetapi juga mampu membuat panggilan gratis. Ini terutama berlaku untuk panggilan internasional. Kecenderungan ini yang telah mendorong setiap jaringan sosial dan setiap operator telekomunikasi dalam mengembangkan aplikasi messenger mereka sendiri.

Pada tahun 2016, versi paling awal dari messenger baru muncul - Gem4me MarketSpace, yang bukan milik operator mana pun, tetapi dikembangkan dengan modal dari investor independen termasuk lewat metoda pendanaan massal (crowd funding). Messenger ini tersedia di Android, iOS dan juga sebagai versi Web. Hingga saat ini, lebih dari 10 juta pengguna telah menginstal messenger Gem4me ini.

Fungsi dasar Gem4me mencakup semua elemen yang dibutuhkan pengguna modern saat ini untuk komunikasi dengan nyaman: obrolan maupun diskusi dalam grup dan individu, obrolan publik dengan jumlah orang yang tidak terbatas, obrolan individu dengan bahasa yang berbeda, pesan suara, komunikasi suara, pengiriman semua file, stiker dll.

Fitur khas dari aplikasi ini adalah bahwa Gem4me diposisikan sebagai "messenger rakyat." Atas dasar crowdfunding,siapa saja dengan modal minimal dapat menjadi investor proyek, yang ditawari saham perusahaan dan partisipasi langsung dalam pengembangan dan pengujian messenger.

Pengembang utama messenger tersebut adalah Synesis, sebuah perusahaan IT internasional dengan pusat pengembangan di Minsk, yang memiliki spesialisasi dalam mengembangkan platform untuk memantau keselamatan publik dan mengelola acara publik, mengembangkan game online, aplikasi HP, dan chat bot serta melakukan penelitian sendiri di bidang kecerdasan buatan (artificial intelligent), penyimpanan dan pemrosesan Big Data (Big Data Procesing).

Perusahaan Synesis dipilih karena di bidang teknologi komunikasi dan informasi, perusahaan ini merupakan pusat pengembangan untuk solusi perangkat lunak yang terkenal seperti sistem pengelolaan dokumen Alfresco, utusan Viber, sistem pencarian potret Yandex, solusi perangkat lunak keamanan AlgoSec, solusi sosial Casino Slotomania dan Gambino.

Saat ini, pengembang berfokus pada refactoring aplikasi, karena ini adalah hal utama yang diperlukan di pasar modern yang sangat kompetitif. Menurut Denis Galka, kepala studio pengembangan Gem4me: “Refactoring adalah upaya untuk mengikuti tren pasar saat ini. Kita hidup dalam masa yang dinamis yang menentukan kondisi persaingannya sendiri. Ini adalah suatu kompetisi yang terus terjadi. Dalam industri apa pun, dan terutama di bidang IT, Anda selalu dapat melakukan lebih baik daripada sebelumnya, dan Anda harus mulai melakukan lebih baik sedini mungkin membuat messenger yang jauh lebih sempurna. Hari ini kami sudah mulai menguji pasar MarketSpace global dan secara aktif mencari cara untuk mengimplementasikan fungsionalitas baru dalam Messenger kami. Dengan demikian, proyek ini berubah menjadi lebih dari sekadar "messenger", karena dalam bidang komunikasi tidak ada batasan untuk kesempurnaan.”

Mari kita pertimbangkan secara lebih terperinci apa yang dapat ditawarkan oleh messenger Gem4me unik kepada kita hari ini. Atas dasar messenger, pasar global generasi baru telah dibuat - platform perdagangan MarketSpace. Saat ini, MarketSpace sedang dalam pengujian beta, lebih dari 1000 pasar telah ditempatkan pada platform.

Tujuan penciptaan Marketplace adalah memberi kemungkinan perusahaan dari setiap tingkat dan pengusaha individu untuk dengan mudah membuat toko mereka sendiri dan dengan demikian mendapatkan akses ke audiens baru dan pelanggan baru, termasuk di luar negara atau wilayah mereka sendiri. Pelanggan, pada gilirannya, mendapatkan kesempatan untuk memilih barang dan jasa berdasarkan geolokasi mereka, dan berkat kehadiran seorang kurir - kesempatan unik untuk berkomunikasi langsung dengan penjual, kemampuan untuk memilih barang dan jasa berdasarkan peringkat dan ulasan dari yang lain pelanggan.

Dalam waktu dekat, menurut pengembang, messenger akan memiliki kesempatan untuk mentransfer dana secara instan dan aman, serta fungsionalitas lain yang sedang dikerjakan. Pengembang juga menyatakan pengembangan layanan streaming yang merupakan elemen yang relevan dari komunikasi modern. Gem4me tidak melupakan aspek sosial - saat ini, kemungkinan penerapan fungsi untuk orang-orang tunanetra sedang dipelajari.

Seperti Telegram, Gem4me memiliki saluran informasi tematik yang dapat digunakan siapa saja untuk berlangganan dan menerima berita yang relevan di bidang yang diminati. Intinya, ini adalah versi baru dari media yang jauh lebih nyaman bagi pengguna yang menghargai waktunya.

Ringkasnya, kita dapat mengatakan bahwa hari ini messenger Gem4me MarketSpace berkembang tepat ke arah di mana seluruh industri komunikasi internasional berkembang. Kami berharap bahwa dalam waktu dekat, pengembang akan memenuhi semua kebutuhan pengguna dengan fungsionalitas messenger yang inovatif dan kesempatan luas platform perdaganganMarketSpace.

Jika Anda ingin menguji messenger Gem4me MarketSpace secara pribadi, Anda dapat mengunduhnya ke smartphone Anda dari Google Play atau AppStore. Anda juga dapat menggunakan versi web untuk PC Anda di web.gem4me.com.  Bagikan berita ini  dengan dunia! Jika ingn bergabung sebagai crowd investor dapat menghubungi Indonesia Country Leader: Edwin Soru, email [email protected]. Dr.Ing Ignatius Iryanto, CSRS (email [email protected]).

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Direktur Dharma Polimetal, Irianto Santoso

Kamis, 25 April 2024 - 11:26 WIB

Konsisten Bagikan Dividen, DRMA Incar Pertumbuhan Dobel Digit di 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.

AMMAIA Ecoforest Raih Sertifikasi Greenship Neighborhood

Kamis, 25 April 2024 - 11:17 WIB

Tawarkan Keseimbangan Hunian Berkelanjutan dan Kenyamanan Ekosistem Terpadu, AMMAIA Ecoforest Raih Sertifikasi Greenship Neighborhood

AMMAIA Ecoforest, dikembangkan oleh Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan sebuah kawasan perumahan eksklusif…

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila Bambang Soesatyo

Kamis, 25 April 2024 - 11:00 WIB

Mencermati Dampak Eskalasi Ketegangan di Timur Tengah

DURASI dan skala dari konflik Iran-Israel tak sekadar mengeskalasi ketidakpastian, namun juga memengaruhi perubahan dinamika global di hari-hari mendatang. Komunitas internasional, secara tidak…

Ilustrasi industri keramik

Kamis, 25 April 2024 - 10:53 WIB

Antidumping Keramik, FOSBBI: Tak Perlu Dijalankan, Penjulan Lesu

Ketua Umum Forum Suplier Bahan Bangunan Indonesia (FOSBBI), Antonius Tan menyebut bahwa saat ini, para produsen maupun importir keramik masih melihat secara mendalam terkait Peraturan Menteri…

Ditinjau Presiden Jokowi, Hutama Karya Optimis Bendungan Bulango Ulu Rampung 2024

Kamis, 25 April 2024 - 10:49 WIB

Ditinjau Presiden Jokowi, Hutama Karya Optimis Bendungan Bulango Ulu Rampung 2024

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meninjau proyek Bendungan Bulango Ulu Paket I garapan PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) yang berlokasi di Kabupaten Bone Bolango sebagai rangkaian…