Johnson & Johnson Indonesia Hadirkan Lensa Kontak Photochromic Pertama di Dunia

Oleh : Fitrah Hullah | Kamis, 19 Desember 2019 - 19:04 WIB

PT Johnson & Johnson Indonesa secara resmi meluncurkan ACUVUE® OASYS with Transitions™ di Indonesia
PT Johnson & Johnson Indonesa secara resmi meluncurkan ACUVUE® OASYS with Transitions™ di Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta, PT Johnson & Johnson Indonesia kemarin bertempat di Ciputra Artpreneur Jakarta, secara resmi meluncurkan ACUVUE® OASYS with Transitions™ di Indonesia, lensa kontak photocromic pertama di 1 dunia yang dapat beradaptasi pada cahaya.

Dinobatkan oleh Majalah TIME sebagai salah satu Best Inventions di tahun 2018, ACUVUE® OASYS with Transitions™ dikembangkan dengan teknologi terkini melalui kemitraan strategis antara Johnson & Johnson Vision Care, Inc. dan Transitions Optical Limited. Inovasi ini menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia akan sebuah produk yang dapat melindungi mata dari paparan cahaya yang menyilaukan dan menghasilkan kinerja penglihatan yang optimal.

Berdasarkan data survei Johnson & Johnson Indonesia di tahun 2019 , 97% masyarakat 2 Indonesia merasa terganggu dengan cahaya berlebihan dan menyilaukan dalam aktivitas sehari-hari seperti saat dalam perjalanan, berolahraga di luar ruangan, serta kegiatan di tempat terbuka lainnya. Hal ini juga tidak lepas dari kondisi geografis Indonesia sebagai negara tropis dengan intensitas sinar matahari yang tinggi.

Aktivitas dalam ruangan seperti menonton televisi dan penggunaan gawai secara aktif juga dapat berdampak pada paparan cahaya biru yang berlebihan, ditambah lagi dengan jumlah pengguna internet aktif di Indonesia mencapai 150 juta orang atau yang mewakili lebih dari setengah populasi. Selain itu, paparan sinar UVA, UVB dan sinar biru yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada mata.

Paparan sinar radiasi UVA dan UVB yang berlebihan juga dikaitkan dengan sejumlah masalah mata, misalnya seperti pinguecula, pterygium atau pertumbuhan pada lapisan luar (bagian putih mata), dan corneal sunburn (photokeratitis). Paparan sinar biru 4 yang berlebihan juga dapat menyebabkan mata lelah, digital eye strain (ketegangan mata akibat teknologi digital) dan computer vision syndrome (CVS).

Namun demikian, kesadaran 5 masyarakat akan risiko bahaya sinar UVA, UVB, dan sinar biru masih sangat rendah, dan informasi yang disampaikan terkait hal ini juga relatif masih sedikit. Hal inilah yang menjadikan sebagian besar masyarakat Indonesia kurang memahami pentingnya penggunaan alat pendukung penglihatan yang adaptif terhadap cahaya, padahal ini akan sangat mempengaruhi kenyamanan dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

Inilah yang melatarbelakangi PT Johnson & Johnson Indonesia meluncurkan inovasi terbarunya yaitu ACUVUE® OASYS with Transitions™, sebuah lensa kontak yang dapat beradaptasi pada cahaya (photochromic) pertama di dunia. Dikembangkan melalui penelitian mendalam selama lebih dari 10 tahun, ACUVUE® OASYS with Transitions™ hadir untuk menciptakan transformasi kesehatan mata masyarakat Indonesia yang lebih baik.

ACUVUE® OASYS dengan Transitions™ merupakan lensa kontak reusable (dapat digunakan berulangkali) dengan periode pemakaian dua minggu dan merupakan satu-satunya lensa kontak yang memberikan perlindungan 100% terhadap sinar UVB. Produk ini secara khusus dirancang untuk membantu mata menyesuaikan diri dengan lebih baik terhadap perubahan cahaya dan kondisi lingkungan, serta meminimalkan perubahan tampilan pada mata pada saat saat terkena sinar UV atau HEV (High-Energy Visible).

Selain itu, lensa kontak ini dilengkapi dengan Transitions Light Intelligent Technology yang memungkinkan lensa beradaptasi saat terkena cahaya yang terlalu terang menjadi sedikit agak gelap hanya dalam waktu 45 detik – dan kembali lagi seperti kondisi semula dalam waktu 90 detik dari luar ruangan ke dalam ruangan. Pada aktivasi penuh, lensa menghalangi hingga 70% cahaya yang terpapar.

“Melalui teknologi yang dihadirkan ACUVUE® OASYS with Transitions™, para pemakai lensa kontak tidak lagi perlu menyipitkan mata dalam kondisi pencahayaan yang berlebihan sesering biasanya, membuat lensa kontak ini menjadi pilihan utama dalam keseharian pengguna khususnya di Indonesia dengan iklim yang tropis. Selain itu, dapat pula membantu mengurangi risiko kerusakan pada mata kita,” ungkap Mia Al Maidah, Brand Manager ACUVUE®.

Inovasi ini lahir dari penelitian dan pengembangan yang mendalam mengenai cahaya yang mengganggu, termasuk uji klinis dengan lebih dari 1.000 pasien. Shirley Loh, Associate Director of Professional Affairs, Johnson & Johnson Vision Care SEA mengungkapkan, “Dengan lebih dari 10 tahun penelitian dan pengembangan yang kami lakukan dan juga telah diakui Majalah TIME sebagai salah satu Best Inventions di tahun 2018, kami mengerahkan yang terbaik untuk menciptakan produk yang tidak hanya sekedar lensa kontak biasa, namun lebih daripada itu.”

Dalam kolaborasi Johnson & Johnson Vision Care, Inc. dan Transitions Optical Limited, ACUVUE® OASYS with Transitions™ dikembangkan dengan menggabungkan kekuatan masing-masing perusahaan. Johnson & Johnson Vision Care, Inc. merupakan pemimpin dunia untuk produk lensa kontak dan Transitions Optical adalah penyedia terkemuka lensa kacamata photochromic (adaptif pintar) di seluruh dunia, dan dengan teknologinya, menetapkan standar baru untuk kinerja yang maju dan kenyamanan visual yang terus meningkat serta perlindungan optimal pada cahaya biru berbahaya.

“Peluncuran ACUVUE® OASYS with Transitions™ merupakan salah satu bentuk komitmen PT Johnson & Johnson Indonesia untuk terus meningkatkan kualitas kesehatan di Indonesia dengan mengedukasi masyarakat akan pentingnya penglihatan dan perawatannya,” ujar Devy Andrie Yheanne, Country Leader of Communication & Public Affairs PT Johnson & Johnson Indonesia. “Dengan terus memberikan inovasi terbaik, kami percaya teknologi ini akan membantu masyarakat Indonesia untuk melihat lebih baik, terhubung lebih baik, dan hidup lebih baik,” tutupnya. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…

Pelatihan pengolahan sampah ke Pesantren

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:14 WIB

Kolaborasi CCEP Indonesia dengan Lima Belas Pesantren di Indonesia

Dalam rangka memperkuat komitmen sosial dan lingkungan di bulan Ramadan, Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) menggelar serangkaian kegiatan bersama lima belas pesantren…

Menteri PUPR Basuki Resmikan Rusun Panti Asuhan Muhammadiyah di Pamekasan, Madura

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:00 WIB

Menteri PUPR Basuki Resmikan Rusun Panti Asuhan Muhammadiyah di Pamekasan, Madura

Memanfaatkan libur Jumat Agung 2024, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan Rumah Susun (Rusun) Panti Asuhan Muhammadiyah Pamekasan yang berlokasi di…

Penyerahan donasi 500 liter Cairan Antiseptic Secret Clean untuk korban banjir Semarang.

Jumat, 29 Maret 2024 - 13:58 WIB

PT Victoria Care Indonesia Tbk (VICI) Salurkan Donasi 500 Liter Cairan Antiseptic Secret Clean Untuk Korban Banjir Semarang

PT Victoria Care Indonesia Tbk (VICI) menyalurkan donasi untuk membantu korban banjir di Semarang berupa 500 liter Secret Clean Antiseptic.

InfoEkonomi.ID Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:53 WIB

Top Digital Corporate Brand Award 2024 Digelar Online

InfoEkonomi.ID, portal berita seputar ekonomi, keuangan dan bisnis sukses menggelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024, Kamis (28/3). Acara penghargaan yang menggandeng…