Tokopedia Bersama Warung Pintar Hadirkan Festival Gerakan Warung Nasional

Oleh : Hariyanto | Senin, 16 Desember 2019 - 09:46 WIB

Tokopedia Bersama Warung Pintar Hadirkan Festival Gerakan Warung Nasional
Tokopedia Bersama Warung Pintar Hadirkan Festival Gerakan Warung Nasional

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Tokopedia melalui Mitra Tokopedia bekerja sama dengan Warung Pintar, OVO dan mitra strategis lainnya menginisiasi Festival Gerakan Warung Nasional (FGWN), yang dibuka oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI, Teten Masduki, di Lapangan Banteng, Jakarta, Sabtu (14/12/2019).

 "Pemilik-pemilik warung adalah bagian dari pegiat UMKM yang berkontribusi lebih dari 60% terhadap ekonomi negara. Keberadaan mereka perlu kita apresiasi. Melalui pemanfaatan teknologi, para pejuang ekonomi ini diharapkan mampu beradaptasi dengan perkembangan era dan terus mengambil bagian dalam menyokong perekonomian Indonesia," kata Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI, Teten Masduki.

CEO dan Co-Founder Tokopedia, William Tanuwijaya, mengatakan, Festival Gerakan Warung Nasional merupakan puncak perayaan Gerakan Warung Nasional, sebuah gerakan dari Tokopedia bersama para mitra strategis untuk mengajak masyarakat mengembangkan ekosistem warung. 

"Kami berkomitmen menjembatani pelaku usaha tradisional, seperti pemilik warung, toko kelontong dan usaha sejenis lainnya, dengan teknologi untuk mempermudah mereka mengembangkan usaha di era digital. Lewat gerakan ini, kami berharap seluruh profesi di Indonesia, salah satunya pemilik warung, dapat berevolusi menjadi 'perusahaan teknologi' lewat ekosistem Tokopedia, sehingga mereka dapat selalu relevan dengan perubahan zaman dan terus berperan dalam pemerataan dan pertumbuhan ekonomi nasional," ungkapnya.

"Lewat Festival Gerakan Warung Nasional, Warung Pintar ingin mendukung komitmen para juragan warung yang ingin bertumbuh tanpa batas menggunakan sistem teknologi yang mudah dipakai dan dipahami," ungkap CEO dan Co-Founder Warung Pintar Agung Bezharie Hadinegoro.

FGWN merangkul berbagai UMKM serta komunitas warung, salah satunya seperti Sahabat Usaha Rakyat (SAHARA) hingga seniman-seniman muda untuk membuat karya kreatif bertemakan kehidupan warung. Kegiatan ini dilaksanakan pada 14-15 Desember 2019 di Lapangan Banteng, Jakarta. Di FGWN, masyarakat dari seluruh kalangan dapat menikmati berbagai kegiatan menarik dan experience booth seperti area Main-Main di Warung, Santai di Warung, Jajanan Warung, Museum Warung dan lainnya.

Demi mengajak dan menginspirasi masyarakat untuk bersama-sama mengembangkan ekosistem warung Indonesia, FGWN juga didukung oleh sejumlah mitra termasuk Bank Rakyat Indonesia (BRI), Caffino, Indosat Ooredoo dan Indofood.

Sejak dihadirkan pada November 2018 lalu, aplikasi Mitra Tokopedia ditujukan untuk mempermudah para pemilik warung, toko kelontong, dan usaha sejenis lainnya dalam mengembangkan usahanya melalui pemanfaatan teknologi.

Aplikasi ringan berukuran 3 MB ini, juga turut membantu menjembatani masyarakat Indonesia untuk menikmati pengalaman berbelanja online-to-offline (O2O) dengan berjualan produk digital seperti pulsa dan menerima berbagai macam pembayaran mulai dari listrik, voucher game hingga BPJS, serta membeli stok barang lewat fitur Grosir.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Evelina F. Pietruschka selaku Presiden Komisaris WanaArtha Life.

Jumat, 24 Januari 2020 - 18:32 WIB

WanaArtha Life Ambil Bagian di World Economic Forum Annual Meeting 2020

Switzerland-PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha atau yang lebih dikenal dengan WanaArtha Life kembali ambil bagian di World Economic Forum Annual Meeting 2020 yang ke-50, tanggal 21-24 Januari…

Komoditas Porang

Jumat, 24 Januari 2020 - 17:49 WIB

Kementan Fasilitasi Madiun Bangun Kawasan Porang Genjot Ekspor

Tanaman porang saat ini mulai dilirik untuk dikembangkan secara luas. Pasalnya, produk dari komoditas ini mempunyai manfaat yang luar biasa. Yang paling menarik untuk dijadikan bahan baku kosmetik…

Ilustrasi penipuan

Jumat, 24 Januari 2020 - 17:03 WIB

Sepeda Listrik Murah Menjamur, Waspada Penipuan

Transaksi penipuan online seakan tak pernah henti dilakukan. Berbagai cara dan modus dilakukan untuk meraih keuntungan besar, meskipun ada ancaman pidana yang siap menjerat para pelaku.

Direksi PT Asuransi Cakrawala Proteksi Indonesia (ACPI). Dari kiri ke kanan : Nicolaus Prawiro, Sujaya Dinata Pangestu, Grace Juliana (Direktur Keuangan). Foto: istimewa

Jumat, 24 Januari 2020 - 17:00 WIB

Asuransi Cakrawala Proteksi Tempati Kantor Baru di Citra Towers

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Asuransi Cakrawala Proteksi Indonesia (ACPI) saat ini terus memperkuat kegiatan operasional seiring pertumbuhan bisnis yang dialaminya. Salah satu usaha memperkuat…

Sandra Sunanto, Direktur Utama PT Hartadinata Abadi Tbk (kiri)

Jumat, 24 Januari 2020 - 16:21 WIB

Hartadinata Resmikan Toko Claudia Perfect Jewellery dan ACC Premium di Bandung

PT Hartadinata Abadi Tbk (Hartadinata), produsen dan penyedia perhiasan emas terintegrasi Indonesia, dengan bangga meresmikan toko Claudia Perfect Jewellery dan ACC Premium yang terletak di…