Brand Creation Industri Perhotelan Melalui Word of Video

Oleh : Haris Ar-Rasyid | Jumat, 13 Desember 2019 - 16:28 WIB

Haris Ar-Rasyid
Haris Ar-Rasyid

INDUSTRY.co.id - Word of mouth telah lama menjadi bentuk pemasaran yang mapan di antara banyak industri termasuk diantaranya industri perhotelan.

Dengan menjamurnya internet, word of mouth berkembang menjadi konten yang dihasilkan konsumen dalam bentuk review dan komentar yang dibagikan melalui email, blog, dan ulasan situs web.

Generasi kedua dari word of mouth ini dikenal sebagai word of mouse.

Pesatnya kemajuan teknologi seluler dan evolusi situs web jejaring sosial, konten berbentuk gambar dan video yang dihasilkan oleh konsumen menghilangkan semua hambatan komunikasi dan seringkali konten tersebut mencapai jumlah penonton yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Konten visual dapat menghilangkan hambatan budaya dan bahasa. Berdasarkan penelitian Pantelidis (2009), pada akhirnya word of mouse berevolusi secara alami menjadi word of video.

Pengusaha perhotelan menyaksikan berlalunya era brand creation yang berasal dari teknik pemasaran tradisional menjadi review dan komentar tamu mereka.

Untuk produk yang tidak berwujud seperti hospitality, penggunaan video atau gambar berefek besar pada potensi pelanggan karena video membuat elemen tak berwujud seperti pengalaman menjadi nyata.

Tidak seperti viral marketing di mana pengusaha meyakinkan audiens bahwa konten viral tersebut dibuat oleh pengguna, esensi dari word of video adalah fakta bahwa konten yang ada benar-benar dibuat oleh pengguna.

Viral marketing mencoba untuk mengejutkan atau menggairahkan atau menawarkan produk atau layanan gratis atau mengarahkan pengguna ke situs web tertentu.

Meskipun word of video terkadang juga mengejutkan atau menggairahkan pengguna, sebagian besar word of video terkait industri perhotelan lebih sering berbentuk video biasa yang menceritakan pengalaman seseorang ketika menjadi tamu hotel.

Di era hyperconnected society, konsumen dapat dengan mudah membedakan upaya viral marketing yang dihasilkan oleh pengusaha dengan konten yang dibuat oleh pengguna yang sebenarnya.

Dalam beberapa kasus viral marketing dapat dengan mudah menghasilkan efek yang berlawanan dari yang diharapkan oleh pengusaha.

Saat ini pengusaha perhotelan tidak saja harus memfokuskan kegiatan pemasaran untuk mengantisipasi persaingan, namun juga harus memastikan word of mouth dan word of video yang positif.


Penulis: Haris Ar-Rasyid, Mahasiswa Master Program MMTek Universitas Presiden.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan membidik sektor pertanian melalui BSI Mitra Plasma Sawit. Kunjungan dilakukan ke salah satu kebun sawit di Sumatera.

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:20 WIB

Dorong Sustainable Banking, BSI Dukung Pembiayaan Sawit Bagi Petani Plasma

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan…

Ilustrasi perumahan

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:16 WIB

Terdepan di Wilayah Jabodetabek, Bogor Catat Selisih Pertumbuhan Harga Hunian Tertinggi

Tren harga rumah di Indonesia mengalami peningkatan tahunan sebesar 2,4 persen pada bulan Februari 2024 dibandingkan sejak Februari 2023. Rumah123 mencatat Bogor mengalami kenaikan harga hunian…

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.