Isuzu Bidik Target Ekspor 6.000 Unit Pick-up Traga Hingga Akhir 2020

Oleh : Ridwan | Kamis, 12 Desember 2019 - 19:10 WIB

Presiden Joko Widodo saat melepas ekspor Isuzu Pick-up Traga (Foto: Setkab)
Presiden Joko Widodo saat melepas ekspor Isuzu Pick-up Traga (Foto: Setkab)

INDUSTRY.co.id - Karawang - PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) menargetkan ekspor 6.000 unit kendaraan medium pick-up Isuzu Traga ke Filipina. Target tersebut ditetapkan sejak Desember 2019 hingga akhir  2020.

"Tahap awal kami akan ekspor sebanyak 6.000 unit sampai akhir 2020, dengan kontribusi pada devisa negara diperkirakan mencapai US$ 6 juta per tahun," kata Presiden Direktur PT Astra International Tbk  Prijono Sugiarto padi Karawang, Jawa Barat, Kamis (12/12).

Prijono menambahkan bahwa target 6.000 unit ekspor Isuzu Traga diharapkan bertambah setiap tahunnya. Ini sejalan dengan target industri otomotif yang semakin meningkat hingga 300.000 unit kendaraann per tahun dengan total ekspor US$ 8 miliar.

Hingga tiga tahun ke depan, perseroan berencana memperluas negara tujuan ekspor Isuzu Traga ke 20 negara di Asia Tenggara, Timur Tengah, Amerika Latin, serta beberapa negara di Afrika.

Pelepasan perdana ekspor kedaraan itu juga turut disaksikan Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto.

Turut pula hadir, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Senior Executive Officer Isuzu Motors Yoichi Masuda, serta Presiden Direktur Astra International Prijono Sugiarto.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Joko Widodo juga mengharapkan ekspor kendaraan terus meningkat. Adapun pada 2024, ekspor kendaraan Indonesia diharapkan bisa mencapai satu juta unit.

"Ekspor otomotif lebih dari 300.000 pada saat ini, saya minta 2024 minimal satu juta harus keluar dari Indonesia," ucap Jokowi.

Selain Isuzu Traga, PT IAMI akan bernecana untuk mengekspor semua produknya yang di produksi di Indonesia.

Sebagai informasi, pabrik Isuzu Karawang Plant memiliki luas lahan 30 hektar dengan kapasitas regular 52.000 unit per tahun. Adapun kapasitas tersebut dioptimalkan menjadi 80.000 unit per tahun. Saat ini, pabrik tersebut merakit kendaraan medium truck Isuzu Giga, light truck Isuzu Elf dan P series Isuzu Traga untuk pasar lokal maupun ekspor.

Isuzu Indonesia berharap ekspor ini dapat menjadi tonggak sejarah dan batu loncatan bagi Isuzu dan industri otomotif nasional. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Everpure tersedia di Shopee, atasi masalah jerawat usai mudik lebaran.

Selasa, 23 April 2024 - 19:40 WIB

Tips Merawat Kulit Wajah Bersama Shopee 5.5 Voucher Kaget

Melalui kampanye 5.5 Voucher Kaget, Shopee ingin menjadi teman serta memberikan semangat untuk kembali memulai perjalanan pengguna, khususnya dalam perawatan diri setelah libur lebaran.

Danone melakukan MoU dengan Pemulung untuk mengumpulkan sampah botol plastik

Selasa, 23 April 2024 - 18:17 WIB

AQUA dan Ikatan Pemulung Indonesia Kerja Sama Kurangi Sampah Plastik di Destinasi Wisata Bangka Belitung

Dalam rangka mendukung upaya pemerintah Indonesia mengurangi sampah plastik ke laut hingga 70% pada 2025, hari ini AQUA melakukan kerja sama Program Peningkatan Pengumpulan Sampah Plastik di…

Festival Seoul Beats on Campus (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 17:57 WIB

Bakal Gelar Festival Seoul Beats on Campus, President University Siap Luncurkan Konsentrasi K-Wave

Presuniv berencana membuka konsentrasi K-Wave yang akan bernaung di bawah Program Studi (Prodi) Business Administration. Pembukaan konsentrasi ini akan ditandai dengan event Seoul Beats on Campus…

Arta Monica Pasaribu, S.IP – President University Mahasiswa S2 MMT

Selasa, 23 April 2024 - 17:30 WIB

Strategi Marketing Dinamo Listrik Buatan Lokal untuk Mendukung Net Zero Emission

Tidak dapat dipungkiri ternyata penggunaan kendaraan listrik seperti motor listrik sangat tumbuh dengan cepat. Pemerintah mencatat keberadaan motor dan mobil yang berbasis listrik di sini naik…

PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi demi generasi masa depan.

Selasa, 23 April 2024 - 17:28 WIB

Cinta Bumi, PIS Sukses Tekan Emisi 25,4 Ribu Ton Setara CO2

Jakarta - PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi…