23 Tahun Berdiri, Crown Group: Keniscayaan Desain Cantik dan Artistik

Oleh : Ridwan | Kamis, 12 Desember 2019 - 10:10 WIB

Infinity by Crown Group
Infinity by Crown Group

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Perusahaan pengembang hunian swasta terbesar di Sydney, Australia, Crown Group mengalami pertumbuhan yang luar biasa dalam kurun waktu lima tahun terakhir. Tak tanggung-tanggung, perusahaan besutan pengusaha asal Surabaya ini telah menyelesaikan proyek "funtastis" senilai Rp 18 triliun.

"Ini sebuah “lompatan kuantum” (quantum leap). Bayangkan, dalam lima tahun terakhir, kami mengerjakan proyek properti dengan nilai mencapai Rp18 triliun," kata CEO Crown Group Iwan Sunito melalui keterangan tertulisnya di Jakarta (12/12).

Diungkapkan Iwan, selama 23 tahun keberadaan Crown group, sebanyak 22 proyek hunian telah selesai dikembangkan di Kota Sydney, mulai dari hunian vertikal di kawasan Bondi Junction hingga terakhir Waterfall by Crown Group yang sudah dalam tahap penyelesaian akhir.

Saat ini, tambahnya, masih ada dua proyek hunian yang sedang dalam proses pembangunan yaitu Mastery by Crown Group dan Eastlakes Live by Crown Group, ditambah tiga proyek lagi yang masih dalam tahap perencanaan yaitu Melbourne, Brisbane, dan Los Angeles.

"Selama periode tersebut, lebih dari 35 penghargaan berskala nasional dan internasional yang kami dapatkan dari proyek-proyek hunian yang kami bangun. Semua ini seperti mimpi, apabila mengingat ketika pertama kali kami (Iwan Sunito & Paul Sathio) mendirikan Crown Group tahun 1996," terangnya.

Ketika ditanya apa yang membedakan Crown Group dengan perusahaan pengembang lain di Australia, Iwan secara gambalng menjawab; "We're not simply building, but building a legacy". Menurut Iwan, kualitas pengerjaan dan fasilitas resor bintang lima adalah sebuah keniscayaan. 

"Ini yang kami tawarkan sejak awal di industri hunian vertikal di Australia," kata Iwan.

Namun, Iwan mengungkapkan bahwa desain hunian yang cantik dan artistik adalah sesuatu yang membedakan Crown Group dengan pengembang lainnya. "Itulah sebabnya kami sangat konsisten bekerjasama dengan arsitek-arsitek terbaik di Australia dan dunia," ucapnya.

Dia memberi contoh sederet nama beken yang digandeng Crown Group, seperti Koichi Takada yang mendesain Skye by Crown Group, Arc by Crown Group, dan Infinity by Crown Group; SJB architects (Waterfall by Crown Group); Allen Jack + Cottier (V by Crown Group); dan tentu saja Kengo Kuma, master Arsitek asal Jepang yang mendesain Mastery by Crown Group. Hasilnya, proyek-proyek tersebut berhasil menyabet sederet penghargaan bergengsi.

"Kami menginginkan desain hunian yang mencerminkan mahakarya seni dengan garis modern, yang membuat setiap penghuninya bangga akan tempat tinggal mereka. Sebuah pengejahwatan dari idealisme kami di Crown Group. Itulah sebabnya mengapa banyak yang mempertanyakan mengapa harga kami sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan kompetitor? karena pada dasarnya karya seni tidak bisa dinilai oleh uang. Bukan hanya desain yang modern, tapi juga pengaplikasian teknologi tinggi seperti sistem otomatisasi hunian juga menjadi poin penting. Dan akhirnya semua konsistensi tersebut terbayarkan dengan semakin dikenalnya Crown Group sebagai perusahaan pengembang global yang berbasis di Sydney, Australia," papar Iwan.

Dengan konsistensi dan semua pencapaian tersebut, Crown Group makin berkibar di Negeri Kanguru dan mulai melebarkan sayap bisnis ke mancanegara. "Sebuah pencapain yang tidak mudah terutama bagi kami yang dilahirkan di Surabaya dan Bali untuk bisa berkompetisi di negeri orang," ujar Iwan.

Ke depan, Crown Group tetap berusaha bertransformasi dari development-centric company menjadi development and recurring-income company. Selain itu, Crown Group pun menargetkan akan segera melantai di bursa.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…